Kuliner di Gondangdia Cikini, Deretan Makanan Enak Wajib Buru

Jakarta adalah kota serba ada, apalagi jika berbicara tentang makanan. Termasuk Gondangdia, kawasan yang patut dikunjungi pemburu kuliner. Tak heran banyak tempat makan yang telah berjualan selama puluhan tahun. Berbagai menu makanan disajikan mulai dari soto, gado-gado, dan lainnya. Travelingyuk akan mengajak Teman Traveler untuk menemukan kuliner di Gondangdia Cikini yang wajib dicicipi. Siapkan catatanmu, ya.

Soto Jakarta Pak H. Yus

Soto Jakarta Pak H. Yus
Soto Jakarta Pak H. Yus via Instagram/fahmiewww

Berlokasi di Jl. Sam Ratulangi, Menteng, soto jakarta Pak H. Yus ini telah berdiri sejak tahun 1973. Berbagai menu soto disajikan seperti soto babat, daging, paru, kikil, dan tulang muda. Selain itu, menu lain juga ditawarkan seperti ongseng babat, daging, dan lain-lain. Soal rasa tidak perlu ditanya, resepnya pun masih terjaga hingga kini. Aroma kuah soto menyeruak dan memiliki citarasa khas karena kuahnya menggunakan susu. Selain itu, daging yang disajikan tidak alot dan empuk. Satu porsi sotonya berkisar antara Rp36 ribu hingga Rp55 ribu untuk porsi jumbonya.

Gado-Gado Bonbin

Gado-Gado Bonbin
Gado-Gado Bonbin via Instagram/@airlanggajatikusuma

Kuliner di Gondangdia Cikini lainnya yang wajib dicoba adalah Gado-gado Bonbin. Telah ada sejak tahun 1960, gado-gado yang teretak di Jl. Cikini 4 No. 5 ini memang sudah terkenal akan rasa lezatnya. Para pelanggan yang datang tidak pernah merasa bosan. Gado-gadonya menggunakan bumbu kacang sangat halus, tidak berasa pekat, apalagi pahit. Semua bahan yang digunakan selalu dijaga kesegarannya. Tersedia juga nasi rames, lontong rames, asinan, aneka mie dan beberapa menu minuman seperti es cendol, es kopyor, es shanghai, dan lain-lain. Buka setiap hari pukul 10.00 hingga 17.00 WIB, siapkan budget sebesar Rp30 ribu hingga Rp44 ribu untuk menikmati gado-gado Bonbin.

Burcik H. Suleman

Burcik H. Suleman
Burcik H. Suleman via Instagram/@sellaseven

Burcik H. Suleman juga termasuk Kuliner di Gondangdia Cikini yang sayang jika dilewatkan. Berlokasi di Jl. Cikini Raya, tempat ini banyak dijadikan sebagai pilihan untuk sarapan pagi. Bubur disajikan dengan telur setengah matang. Namun, jika Teman Traveler tidak suka, bisa menunggu sedikit lama agar telur matang di dalam mangkuk dengan sendirinya. Walaupun begitu, bubur tidak terasa amis dan tetap lezat. Jika ingin mencoba, Burcik H. Suleman buka setiap hari mulai jam 07.00 hingga  pukul 11.00 WIB. Tenang saja, sorenya akan buka lagi dari jam  17.00 hingga pukul 02.00 WIB. Menu buburnya berkisar antara Rp13.000 hingga Rp20.000 per porsi.

Nasi Uduk Gondangdia

Nasi uduk Gondangdia
Nasi uduk Gondangdia via Instagram/striandhana

Menawarkan kelezatan yang berbeda, Nasi Uduk Gondangdia sudah melayani pelanggan sejak tahun 1993 dan berlokasi di Jl. Cikini 4 No. 12. Nasi yang disajikan tidak terlalu lembek dan aroma dari daun salamnya sangat harum. Ketika dikunyah, rasa santannya pun terasa gurih. Bagi pelanggan yang ingin pedas, bisa menambahkan sambal merah dan sambal kacang yang telah disediakan. Buka setiap hari jam 10.00 hingga 00.00 WIB, dengan harga mulai Rp7.000 hingga Rp20.000.

Sebelum keliling kota Jakarta, jangan lupa untuk mengisi perut dengan Kuliner di Gondangdia Cikini. Kenyang dan hati bahagia. Bagaimana, Teman Traveler tertarik mencoba yang mana dulu, nih?

Tags
Indonesia Jakarta Jawa Barat kuliner Kuliner di kawasan Gondangdia
Share