Kuliner di Gang Lombok Semarang, Nggak Perlu Pindah Tempat Udah Bisa Makan Banyak

Semarang, sebagai salah satu kota besar di Jawa Tengah, tersohor sebagai kota dengan banyak bangunan indah seperti Lawang Sewu, kuil Sam Poo Kong, Masjid Agung Jawa Tengah, dan banyak lainnya. Salah satu tempat beribadah dan menjadi kawasan wisata juga adalah klenteng Tay Kak Sie di Gang Lombok. Nah ini dia beberapa kuliner Semarang di Gang Lombok yang bisa dicoba setelah selesai berwisata di klenteng. Ada apa saja ya?

Mie Siang Kie

Mie Siang Kie Gang Lombok via Instagram @rumkenyjerry
Mie Siang Kie Gang Lombok via Instagram @rumkenyjerry

Kedai Mie Siang Kie Gang Lombok berada di antara Lumpia Gang Lombok dan kedai Aneka Es. Mie pangsit disajikan dengan potongan telur dadar, pangsit rebus berisi daging babi, kekian udang, bakso. Disiram dengan kuah kaldu berisi sawi hijau. Teman Traveler bisa mendapatkan satu porsi kuliner di Gang Lombok ini cukup merogoh kocek antara Rp15 ribu hingga Rp17 ribuan.

Aneka Es

Es Campur di Kedai Aneka Es Gang Lombok via Instagram @semarangfoodhunter
Es Campur di Kedai Aneka Es Gang Lombok via Instagram @semarangfoodhunter

Semarang adalah kawasan yang cukup panas, tepat sekali kalau menghalau panas dengan menyantap es campur. Di Gang Lombok ini terdapat kedai Aneka Es, menyediakan es campur dan es cincau atau cao, berisi potongan buah-buahan dan cincau. Sirup dan manisan yang disajikan dalam es ini merupakan buatan sendiri. Sehingga lebih terasa enak dengan manis yang pas. Satu porsi es campur dan cincau dibanderol dengan harga Rp20 ribuan.

Wedang Tahu

Wedang Tahu via Instagram @garvingoei
Wedang Tahu via Instagram @garvingoei

Kalau sedang berada di kawasan Gang Lombok, Teman Traveler akan menemui bapak penjual wedang tahu atau disebut juga kembang tahu. Tidak berdiam di suatu kedai, penjual ini menjajakan wedang tahu dengan memikul dagangannya. Kembang tahu terbuat dari susu kedelai, air garam, dan bubuk agar-agar. Disajikan dalam mangkok, disiram dengan kuah jahe bercitarasa manis. Satu porsi wedang jahe yang bisa menghangatkan tubuh ini dihargai Rp7500 saja. Teman Traveler bisa menemui bapak penjual wedang jahe di depan kedai Lumpia Gang Lombok setiap hari dari jam 12.30 hingga pukul 16.30.

Lumpia Semarang

Lumpia Semarang Gang Lombok via Instagram @gilamakanjogja
Lumpia Semarang Gang Lombok via Instagram @gilamakanjogja

Bertandang ke Semarang, kurang lengkap rasanya kalau belum mampir menjajal lumpianya. Salah satu lumpia legendaris dan selalu dicari pengunjung adalah di Gang Lombok nomor 11. Telah berjualan semenjak puluhan tahun lalu, kini dikelola oleh generasi keempat. Disediakan lumpia basah dan goreng ada yang berisi ayam serta udang. Siapkan budget Rp15 ribu untuk satu biji lumpia. Teman Traveler bisa membawa pulang kuliner di Gang Lombok ini sebagai oleh-oleh, namun untuk lumpia basah hanya bertahan seharian sedangkan lumpia goreng bisa sampai tiga hari.

Tidak perlu berpindah tempat, Teman Traveler bisa menjajal ragam kuliner di Gang Lombok. Mulai dari es sampai makanan berat semuanya ada. Teman Traveler ada yang sudah pernah yang mana, nih?

Tags
Gang Lombok Indonesia Jawa Tengah kuliner semarang
Share