Kuliner di Demak, Cocok Untuk Menu Makan Siang Mulai dari 7 Ribu Saja

Demak adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang tersohor dengan wisata religinya. Di antaranya makam raja-raja Demak, makam Sunan Kalijaga, dan Masjid Agung. Pelancong biasanya memadati tempat-tempat ini pada hari libur terutama menjelang bulan puasa. Kalau sudah berwisata religi, kurang sempurna jika tak sekalian melepas rasa lapar dengan menjajal kuliner di Demak. Tidak hanya restoran saja, kabupaten ini pun menawarkan beragam penganan ala warung dengan harga murah. Apa saja ya?

Siomay&Batagor Parahyangan

Siomay dan Batagor Parahyangan via Instagram @kulinerdemak
Siomay dan Batagor Parahyangan via Instagram @kulinerdemak

Siomay dan batagor memang familiar sebagai jajanan Bandung. Namun tidak perlu ke sana, Teman Traveler bisa menyantap penganan berbahan dasar ikan ini di Demak. Penggemar kuliner ini bisa melipir ke Siomay&Batagor Parahyangan di Jalan Kyai Singkil, cukup menyiapkan budget sekitar Rp7 ribu per porsi. Untuk siomay, bisa request isinya, seperti telur rebus, pare, siomay, kubis rebus, dan lainnya. Dengan tekstur lembut dan empuk, cita rasa gurih, tidak heran kalau ingin nambah ya.

Mie Ayam Ceker Jalan Teuku Umar

Mie Ayam Ceker via Instagram @kulinerdemak
Mie Ayam Ceker via Instagram @kulinerdemak

Siapa nih Teman Traveler yang kalau sedang berlibur selalu mencari olahan mie? Ada nih mie ayam dengan topping ceker ayam. Kalau singgah di Demak jangan lupa melipir ke Mie Ayam Ceker Jalan Teuku Umar, Katonsari. Gurihnya mie ayam ditambah menikmati tiap bagian ceker, membuat makan siang semakin syahdu. Cukup siapkan budget Rp12 ribuan untuk satu porsi mie ayam ceker, kalau ingin nambah ceker juga bisa dengan harga Rp2 ribu per satu ceker.

Kuliner Demak untuk makan siang
Kuliner Demak untuk makan siang (c) Travelingyuk/Andre Fauzy

Bakso Prestasi

Bakso Prestasi via Instagram @kulinerdemak
Bakso Prestasi via Instagram @kulinerdemak

Kuliner di Demak yang bisa Teman Traveler cicip adalah Bakso Prestasi H. Sodikun yang berada di Jalan Glagah Wangi Bintoro, Kecamatan Demak. Satu porsi bakso sapi dibanderol harga Rp15 ribuan. Tekstur bakso Prestasi lembut dengan rasa kuah dengan cita rasa sedap. Bakso Prestasi buka setiap hari jam 9 pagi sampai pukul 4.30 sore. Dicatat ya Teman Traveler!

Soto Kerbau Bu Saki

Soto Kerbau via Instagram @kulinerdemak
Soto Kerbau via Instagram @kulinerdemak

Makan soto ayam mungkin sudah biasa ya? Bagaimana kalau mencoba olahan kuliner di Demak yang berbahan daging kerbau? Teman Traveler singgah saja di Soto Kerbau Bu Saki Jalan Sultan Fatah Demak. Dengan modal Rp15 ribuan saja, sudah bisa menyantap satu porsi soto kerbau yang gurih tidak amis, ditambah nasi. Boleh nambah daging, empal, atau paru, jangan lupa pakai sambal hijau agar semakin sedap. Tidak hanya soto, kedai ini pun menyediakan pindang daging kerbau dan kerupuk rambak kulit kerbau.

Asem-Asem Daging Khas Demak

Asem-asem Daging Demak
Asem-asem Daging Demak via Instagram/@kuliner_jlebbanget

Satu lagi kuliner di Demak yang tidak boleh sampai kelewatan, asem-asem daging bercitarasa manis, pedas, dan asam. Bahan-bahan utamanya daging sapi, kacang panjang atau buncis, ditambah tomat hijau dan belimbing wuluh. Cocok nih untuk dijadikan menu makan siang. Salah satu kedai yang menjual asem-asem daging adalah Rumah Makan Rahayu Jalan Sultan Fatah Nomor 41A, Bintoro, Demak. Satu porsi dibanderol harga Rp29 ribuan.

Daftar kuliner yang telah diulas di atas bisa banget dijadikan referensi kalau mau makan enak dan terjangkau di Demak. Apalagi untuk menu santap siang, dengan porsi cukup memuaskan rasa lapar. Teman Traveler sudah pernah cobain penganan apa saja di kabupaten ini? Bagi cerita dong di kolom komentar?

Tags
Demak Indonesia Jawa Tengah kuliner
Share