Tak Hanya Nasi, 4 Kuliner Kekinian Ini juga Berbentuk Tumpeng

Siapa sih yang tidak kenal namanya tumpeng? Kuliner ini biasa disajikan sebagai menu utama ketika ada peristiwa penting. Bentuknya unik, yaitu kerucut yang dikeliling lauk-pauk siap makan. Kini, jenis tumpeng tak hanya berisi nasi kuning. Ada juga yang berupa mie hingga sushi, seperti di bawah ini!

1. Tumpeng Mie Instan

Totmpeng di Kafe TOTAW
Totmpeng di Kafe TOTAW [image source]
Tempat makan yang menyediakan menu tumpeng dari mie ini adalah TOT.AW. Kafe ini berada di daerah Kepala Gading, Jakarta Utara yang sebelumnya sukses membuat kue ulang tahun berbahan dasar Indomie Goreng. Mengulang kesuksesan sebelumnya, TOT.AW juga menawarkan tumpeng bernama Totmpeng yang bisa disantap hingga 20 orang. Menariknya, lauk tambahan di kuliner ini cukup banyak. Ada cumi hitam, siomay ayam, ayam suwir, balado tongkol, telur balado hingga tahu balado.

Tumpeng Indomie
Tumpeng Indomie [image source]

2. Bakso Tumpeng

Bakso Tumpeng Imogiri
Bakso Tumpeng Imogiri [image source]
Varian bakso kini juga ada yang berbentuk tumpeng. Menariknya lagi, kuliner ini sudah disajikan dengan kuah hangat di atas mangkuk. Salah satu tempat yang menawarkan bakso tumpeng ini adalah di Lesehan Mbanyu Mili yang berada di daerah Imogiri, Bandul, Yogyakarta. Tak hanya kuah, seporsinya juga dilengkapi dengan mie kuning, potongan tahu goreng serta taburan seledri dan bawang goreng.

Bakso Tumpeng Jogja
Bakso Tumpeng Jogja [image source]

3. Tumpeng Sushi

Tumpeng Sushi Medan
Tumpeng Sushi Medan [image source]
Sushi merupakan makanan Jepang yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Tak hanya disajikan dengan beragam campuran daging, ada juga kedai yang menawarkan tumpeng sushi. Seperti di Medan dan Surabaya. Soal rasa, tak perlu diragukan lagi. Pecinta makanan Jepang pasti puas menjajalnya.

Tumpeng Sushi Surabaya
Tumpeng Sushi Surabaya [image source]

4. Tumpeng Pempek

Pempek Tumpeng
Pempek Tumpeng [image source]
Mau lebih unik lagi? Kamu wajib coba pempek berbentuk tumpeng. Tak seperti bakso yang langsung dibentuk kerucut, berbagai jenis pempek disusun rapi hingga menyerupai tumpeng. Pempek jenis lenjer menjadi pondasi kuat untuk menahan varian lainnya. Selain lenjer, ada pula kapal selam, keriting, pistel dan banyak lainnya. Sebagian besar penjual tumpeng pempek ini menyajikannya dengan kuah terpisah.

Tumpeng Pempek
Tumpeng Pempek [image source]
Bagaimana, sudah pernah coba kuliner kekinian berbentuk tumpeng di atas? Mana nih yang paling kamu suka?

Tags
bakso tumpeng Indonesia Jogja Medan
Share