4 Kuliner Khas Nusantara yang Serupa tapi Beda Nama

Kekayaan kuliner Indonesia memang bikin penasaran. Apalagi yang unik dan jarang terdengar namanya. Namun, tahu kah kamu jika banyak makanan khas Nusantara yang serupa tapi beda nama. Seperti es cendol di Jawa Barat dan dawet di Jawa Tengah. Tidak hanya itu, banyak kuliner beda nama lainnya yang makin bikin penasaran. Seperti di bawah ini.

1. Rujak Serut dan Rujak Gobet

Rujak Gobet
Rujak Gobet via instagram/@lilies_indrawati

Siapa yang tak suka dengan rujak. Makanan pedas sekaligus menyegarkan yang mudah ditemukan di banyak tempat. Variannya beragam, bahkan ada yang sama hanya beda nama. Seperti rujak serut di Jawa Barat. Kuliner istimewa yang buahnya diserut dan disajikan bersama kuah pedas. Makanan ini sama persis dengan rujak gobet khas Surabaya.

Rujak Serut
Rujak Serut via instagram/@sukmawati_rs

2. Ayam Penyet dan Pecel Ayam

Penyetan
Penyetan via instagram/@amazingindonesiafood

Warga ibukota pasti tak asing lagi dengan nama pecel ayam. Menu ini bukan kuliner berbumbu kacang seperti di Jawa Timur. Melainkan, ayam yang dipenyet dengan sambal tomat dan terasi. Yap, serupa dengan ayam penyet di Surabaya. Selain disajikan di atas piring, beberapa tempat juga menyajikan dua menu berbeda tapi sama ini di atas cobek. Sudah tahu rasa dua makanan ini kan?

Pecel Ayam
Pecel Ayam via instagram/@the.lucky.belly

3. Pecak Lele dan Lalapan Lele

Lalapan Lele
Lalapan Lele via instagram/@utys_kitchen

Tidak hanya pecel ayam, di Jawa Tengah dan Jawa Barat juga mengenal pecak lele yang juga dikenal dengan nama pecel lele. Makanan ini berupa lele goreng yang disajikan bersama dengan sambal pecak. Tak lupa tambahan lalapan mulai dari kemangi hingga mentimun. Yap, serupa dengan lalapan lele yang ada di Malang. Beda dengan kota Apel, di Jember menu ini dikenal dengan Pecek Lele.

Pecak Lele
Pecak Lele via instagram/@masakanserbaindonesia

4. Kue Ku dan Kue Tok

Kue Angku
Kue Angku via instagram/@momoku_kitchen

Siapa yang tak kenal dengan kue unik berbentuk kura-kura. Banyak orang menyebutnya dengan kue kura-kura. Tidak sedikit yang menyebut kue tok. Jajanan yang berisi kacang ijo ini ternyata dikenal dengan nama kue ku di Jawa Tengah. Sedangkan di Jawa Barat, ada juga yang mengenalnya dengan sebutan Kue Angku. Bagaimana dengan kota mu?

Kue Ku
Kue Ku via instagram/@sucenlim_ind

5. Wajik dan Pulut Manis

Wajik
Wajik via instagram/@steviatafdhila

Jajanan enak di Jawa memang mudah sekali ditemukan. Apalagi ketika sudah masuk pasar tradisional. Namun, tahukah kamu jika makanan tersebut juga sangat mudah ditemukan di luar Jawa. Hanya beda nama. Seperti wajik di Jawa dan Pulut Manis di Sumatera. Keduanya memiliki rasa legit yang nendang di lidah.

Pulut Manis
Pulut Manis via instagram/@wajik_mdn

Nah, itulah kuliner beda nama yang enak dan nendang di lidah. Berbeda tempat, pasti punya sebutan masing-masing. Bagaimana dengan tempatmu? Ada yang memiliki julukan yang lain? Jangan lupa beri komentarmu ya!

Tags
Indonesia Jakarta kuliner khas Nusantara Surabaya
Share