4 Kuliner Barat yang Menyerupai Menu Indonesia

Masalah rasa, kuliner Indonesia tentu tidak perlu diragukan lagi rasanya. Penggunaan bumbu dan rempah membuat kuliner nusantara memiliki rasa yang kuat. Berbeda dengan masakan barat yang belum disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Namun secara fisik, beberapa makanan luar negeri terlihat sama. Berikut kuliner barat yang menyerupai menu Indonesia.

Salad Buah vs Rujak Manis

Salad buah dan rujak manis memiliki penampilan yang sangat mirip. Sama-sama menyajikan buah dan disiram menggunakan saus tertentu. Namun bedanya salad menyajikan buah berry sebagai isinya, sedangkan rujak buah berisi buah tropis seperti mangga, pepaya, hingga bengkuang.

Pancake vs Martabak Manis

Dari bahan dasar yang digunakan saja, dua makanan ini hampir sama. Seperti tepung terigu, telur, susu, garam, dan baking soda. Namun topping dan bentuk dari dua kudapan ini berbeda. Pancake biasa disajikan dengan sirup maple, maka martabak manis berisi berbagai topping meses, keju, ovomaltine, atau kacang.

Chicken bbq vs Ayam Kecap

Jika dilihat dari segi warna dan fisiknya, chicken wings dan ayam kecap cenderung sama. Penyajiannya berwarna kecoklatan, hanya bedanya ayam kecap memiliki beberapa taburan daun bawang di atasnya. Sedangkan jika chicken bbq memiliki pelengkap seperti wortel atau kentang.

Salad Sayur vs Gado-Gado

Salad sayur biasanya berisi berbagai macam sayuran hijau seperti daun selada, bawang bombai tomat, daun kale, dan banyak sayuran lainnya. Hal serupa juga dimiliki oleh gado-gado, isinya adalah kacang panjang, daun selada, taoge, kangkung, timun, telur, tahu, dan tempe serta disiram oleh sambal kacang.

Meskipun dari segi fisik beberapa makanan di atas memiliki penampilan yang mirip, dari segi rasa tetap saja jauh berbeda. Penggunaan rempah-rempah dan racikan bumbu tradisional membuat sajian kuliner nusantara memiliki rasa yang nikmat. Kalau kamu tim western atau tim nusantara?

Tags
Indonesia kuliner makanan Western
Share