Beragam Kuliner Ayam dengan Rasa Pedas Khas Nusantara

Kuliner pedas memang sejak beberapa tahun terakhir jadi primadona di berbagai rumah makan. Banyak olahan pedas kekinian yang hits sebentar lalu menghilang. Tapi lain ceritanya jika kuliner pedas khas di daerah Indonesia. Sebelum berkembang trend kuliner pedas level-level, makanan khas Nusantara berikut ini sudah memiliki citarasa pedas bisa bikin yang menyantapnya seakan ingin nambah lagi dan lagi. Berikut ada kuliner ayam pedas Nusantara yang dimaksud Travelingyuk.

Ayam Taliwang

Ayam taliwang dipadu dengan plecing kangkung, Via instagram rendang_gadang
Ayam taliwang dipadu dengan plecing kangkung, Via instagram rendang_gadang

Ayam Taliwang merupakan olahan khas dari Sumbawa Barat yang memang memiliki citarasa pedas. Biasanya, ayam yang digunakan untuk membuat olahan ini adalah ayam kampung utuh lalu dibumbui bahan dapur seperti halnya bawang merah, bawang putih, terasi goreng, cabai merah kering dan lain sebagainya. Karena penggunaan cabai merah kering inilah, rasanya pedas dan membuat nafsu makan meningkat seketika. Buat kamu yang tidak terlalu suka pedas, boleh mencicipinya tapi jangan kebanyakan. Bisa-bisa nanti kamu malah sakit perut.

Ayam Betutu

Ayam betutu dengan lalapan, Via Instagram betutumentikha
Ayam betutu dengan lalapan, Via Instagram betutumentikha

Kuliner ayam yang tidak kalah pedas dari Ayam Taliwang adalah Ayam Betutu yang berasal dari Gilimanuk. Rasa pedasnya berasal dari berbagai rempah yang digunakan. Untuk membuat olahan satu ini diperlukan bumbu genap dan juga bumbu wewangenan. Nah, bumbu wewangenan ini terdiri dari bahan-bahan yang pedas sebut saja ada merica hitam, merica putih, cengkeh, pala dan lain sebagainya. Rasanya pedas nan menggugah selera.

Ayam Rica-rica

Ayam rica-rica, Via Instagram betutumentikha
Ayam rica-rica, Via Instagram betutumentikha

Ayam Rica-rica merupakan olahan ayam yang berasal dari Manado. Nah, arti dari kata “rica” ini sendiri memiliki artian pedas ataupun cabai. Dari namanya saja kita sudah tentu tahu jika olahan ayam satu ini memiliki citarasa pedas. Biasanya, ayam rica-rica ini disajikan dengan nasi. Untuk membuatnya semakin nikmat, biasanya ditambahi dengan bawang goreng dan juga mentimun.

Garang Asam

Garam asem, Via Instagram chandra_hendrawan
Garam asem, Via Instagram chandra_hendrawan

Garam Asam merupakan kuliner olahan ayam dari Jawa Tengah yang diolah dengan cara dikukus. Olahan satu ini didominasi oleh rasa pedas dan juga asam. Citarasa pedas ini biasanya berasal dari cabai hijau yang dipotong-potong. Jadi, seperti ada “ranjau” di dalamnya. Ada irisan bawang merah, bawang putih dan cabai yang dipadukan dengan potongan ayam dan dikukus dengan daun pisang. Sangat nikmat disantap dengan nasi yang masih hangat.

Ayam Balado

Ayam balado, Via Instagram mildarenikitchen
Ayam balado, Via Instagram mildarenikitchen

Hampir tersebar di seluruh penjuru Indonesia, Ayam Balado ini juga memiliki citarasa pedas yang nikmat. Bumbu-bumbunya sendiri terbuat dari cabai merah, tomat, bawang merah, bawang putih, terasi bakar, gula pasir, dan juga garam. Kuliner satu ini banyak ditemukan di daerah Sumatera Utara dan Sumatera Barat. Banyak juga ditemukan di rumah makan padang.

Buat kamu pecinta kuliner pedas, itulah beberapa rekomendasi olahan ayam khas Nusantara yang bisa dicicipi kelezatannya. Bagaimana, pengen nyobain yang mana?

Tags
ayam pedas khas nusantara Indonesia kuliner Kuliner Pedas
Share