Heboh WNI Merusak Patung di Kuil Malaysia, Ini Deretan Candi yang Ada di Negara Tersebut

Beberapa waktu lalu, ada fenomena mengejutkan dari Malaysia. Dilansir dari laman Suara, ada seorang WNI asal Aceh tiba-tiba merusak 15 patung di Sri Mahamariamman, Perak, Malaysia. Motif dari perusakan tersebut adalah menganggap bahwa semua patung tersebut merupakan bagian dari berhala. Tak butuh waktu lama setelah kejadian, si pelaku langsung ditangkap dan terkena beberapa pasal.  

Nah, terlepas dari itu semua, Malaysia ternyata punya beberapa kuil yang tersebar di negaranya. Bahkan, di antaranya ada yang bisa digunakan sebagai tempat wisata. Yuk kita jelajah kuilnya satu persatu di bawah ini. 

Sri Maha Mariamman Temple  

merusak patung
Sri Maha Mariamman Temple via instagram/bol_bu

Kuil ternama yang ada di Malaysia adalah Sri Maha Mariamman Temple. Kuil ini merupakan candi Hindu tertua yang ada di Penang. Kelebihannya terletak di ornamennya yang begitu banyak di setiap sisi kuil dan tak lupa juga ada patung dewa-dewi Hindu. 

Apabila Teman Traveler berkunjung ke sana, tak ada biaya tiket masuk alias gratis. Lalu, untuk jam operasionalnya, buka mulai pukul 6.30 sampai 12.00 siang. Kemudian buka lagi di sore hari pada jam 4.30 sore hingga 09.00 malam. Alamatnya berada di Jalan Tun H S Lee, City Centre, 50000 Kuala Lumpur, Malaysia. 

Sri Subramaniar Swamy 

merusak patung
Sri Subramaniar Swamy via instagram/jameslim8

Kuil HIndu lainnya dapat Teman Traveler temukan di Batu Caves yang bernama Sri Subramaniar Swamy. Uniknya, untuk mencapai kuil tersebut kalian diharuskan menaiki 272 anak tangga terlebih dulu. Tapi, perjalanan kalian tidak akan terasa melelahkan karena melihat warna warni indah dari anak tangga. Jadi, kalian semua bisa naik tangga sambil berfoto ria. 

Pewarnaan anak tangga ternyata ada tujuannya. Yaitu dalam rangka menyambut ritual yang bernama Kumbhabhishekham. Ritual tersebut dilakukan oleh setiap kuil agama Hindu dengan tanggal yang berbeda-beda, dimulai dari hari kuil tersebut dibangun. Apabila kalian tertarik bisa datang ke Jl. Kebun 41000 Klang. 

Wat Chayamangkalaram Temple

Wat Chayamangkalaram Temple via instagram/novatemporada_

Tak hanya Hindu, Malaysia juga punya kuil Buddha bernama Wat Chayamangkalaram Temple. Berlokasi di Burma Road, Pulau Tikus, George Town, Penang, Malaysia, kuil ini dibangun dari tahun 1845. Di sana kalian akan menemukan patung dengan ketinggian sekitar 33 meter. 

Hal menarik lain yang bisa dinikmati adalah keindahan desain kuil yang penuh dengan ornamen dengan warna kuning. Selain itu, ada juga patung-patung naga yang menyambut Teman Traveler ketika datang ke kuil tersebut. 

Dhammikarama Burmese Temple

Dhammikarama Burmese Temple via instagram/thewolfismel

Masih satu wilayah dengan Wat Chayamangkalaram, kalian juga akan menemukan kuil Buddha yang kerap disebut Dhammikarama Burmese Temple. Kalau Teman Traveler memasuki area candi ini, pasti akan merasakan perbedaan arsitektur dari kuil sebelumnya. Di kuil ini desainnya lebih sederhana, namun tidak melepaskan kesan megahnya sama sekali. 

Hal yang menjadi daya tarik dari kuil ini yaitu terdapat banyak patung yang bisa kalian abadikan sesuka hati. Kemudian, ketika berkunjung ke sana, kalian tidak dipungut biaya sama sekali. 

Semua kuil yang ada di atas memiliki keindahan dan ciri khas masing-masing. Sehingga kita sebagai pengunjung harus tetap menjaga keindahannya dengan tidak melakukan vandalisme atau menghancurkan fasilitas yang ada di sana. Jangan sampai kita berlaku seperti lelaki yang sudah merusak patung tadi yang dapat mengakibatkan kerugian di beberapa pihak.

Tags
George Town kuil di malaysia Luar negeri Malaysia merusak patung Penang perak Wisata
Share