Kue Tradisional Dengan Gula Merah, Manis-manis Bikin Nagih

Berbukalah dengan yang manis. Sering dong mendengar kalimat yang satu ini? Selain teh manis hangat, jangan lupa juga menyiapkan takjil untuk buka puasa. Mau kue yang manis-manis? Mengapa tak memilih kue tradisional dengan gula merah sebagai teman untuk teh-mu? Rasa manisnya bikin nggak bisa berhenti ngunyah, lho. Ada apa saja, ya?

1. Kue Lupis

Kue Lupis
Kue Lupis via Instagram/@johny.vansley.zhang

Salah satu kue tradisional dengan gula merah yang paling banyak dicari adalah lupis. Kue ini terbuat dari beras ketan yang dibungkus daun seperti lontong. Camilan jadul ini banyak ditemukan di Jawa. Saat bulan Ramadan, kuliner satu ini jadi lebih mudah ditemukan. Kue lupis disajikan dengan taburan kelapa, lalu disiram dengan saus gula merah. Yummy!

2. Kue Klepon

Kue Klepon
Kue Klepon via Instagram/@bb_angkringan

Jajanan pasar mana yang nggak bikin kangen? Termasuk klepon yang berbentuk bola-bola hijau kecil dan bersalju. Kue ini terbuat dari tebung beras ketan yang dibentuk bulatan kecil-kecil dengan isian gula merah. Sekali gigit, klepon akan pecah dan gula merahnya pun langsung membanjiri mulut. Kamu bisa menemukannya di deretan pasar takjil dekat rumahmu.

3. Jemblem

Jemblem
Jemblem via Instagram/@rennyasti

Kue tradisional dengan gula merah lainnya adalah jemblem. Kue ini juga dikenal dengan nama bola ubi. Camilan kuning keemasan ini banyak ditemukan di pasar-pasar Jawa. Bentuknya seperti bola pingpong yang berwarna emas. Sebelum digoreng, jemblem diisi dengan gula merah. Sehingga, sekali gigit, manisnya bikin awet.

4. Cenil

Kue Cenil
Kue Cenil via Instagram/@mdgraham_2007

Kuliner lainnya adalah yang bikin ngiler adalah Cenil. Jajan pasar ini terbuat dari pati ketela pohon yang dibuat warna-warni. Penyajiannya seperti pada gambar, yaitu dengan taburan kelapa dan gula. Ada juga yang menambahkan siraman saus gula merah sebagai topping terakhirnya. Kamu suka yang mana?

5. Awug-awug

Awug-awug
Awug-awug via Instagram/@desytariyem

Ini nih kue tradisional dengan gula merah yang selalu ada saat syukuran, yaitu Awug-awug. Jajan yang satu ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan air dan garam, juga gula merah. Kemudian dibungkus dengan daun dan dikukus. Biasanya, kue pasar yang satu ini banyak ditemukan di Sunda dan Jawa Barat.

6. Putu

Kue Putu
Kue Putu via Instagram/@dickykuliner

Pecinta jajanan pasar pasti nggak asing dengan kue yang satu ini, yaitu putu. Camilan ini terbuat dari tepung beras yang dikukus dengan menggunakan bambu. Putu diberi isian gula merah di tengahnya. Saat digigit, manisnya langsung lumer di mulut. Kamu harus mampir ke pasar demi kue yang satu ini, nih.

7. Dadar Gulung

Dadar Gulung
Dadar Gulung via Instagram/@mingjane31

Kalau sekarang banyak kenal dengan pancake atau panekuk, ternyata camilan jenis ini sudah ada sejak jaman lalu. Namanya dadar gulung, kulit pancake diisi dengan parutan kelapa yang dicampur dengan gula merah. Ada banyak sebutan untuk dadar gulung sesuai dengan tempatnya. Di Malaysia, kue ini dikenal dengan nama Kuih Ketayap.

Manisnya gula merah ini emang bikin nagih. Nggak bisa berhenti makan deh. Bagaimana, kamu doyan yang mana nih?

Tags
dengan gula merah Indonesia Kue kuliner tradisional
Share