Kue Rambut, Cemilan Manis Khas dari Pulau Alor

Advertisement

Tanah air tercinta kita, Indonesia ini merupakan negara kepulauan. Dari ribuan yang ada, Alor merupakan satu pulau terluar yang berbatasan langsung dengan negara lain. Pulau ini bersebelahan dengan Timor Leste yang sudah melepaskan diri dari Indonesia. Meski cukup susah dijangkau, objek wisata Alor mempunyai panorama yang seindah lukisan. Tak hanya itu, beberapa kuliner Alor yang hanya ada di sana itu jura. Ini dia salah satunya.

Salah Satu Cemilan Khas Alor

Kue Rambut, cemilan dari Alor
Kue Rambut, cemilan dari Alor [image source]
Kue rambut merupakan salah satu cemilan khas dari pulau yang terletak di ujung timur Kepulauan Nusa Tenggara. Sesuai namanya, kue ini berbentuk seperti rambut yang terbakar karena warnanya yang oranye hingga kecoklatan. Makanan ini termasuk istimewa karena biasanya menjadi hidangan di acara-acara khusus. Selain itu, tentu saja ini bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh dari Pulau Alor.

Oleh-oleh khas Alor
Oleh-oleh khas Alor [image source]

Manis dan Berbentuk Unik

Kue rambut yang unik
Kue rambut yang unik [image source]
Dibuat dari campuran tepung beras, gula aren, santan, air nira, garam dan minyak. Agar berbentuk seperti rambut-rambut maka adonan dicetak dengan batok atau kaleng yang sudah dilubangi. Minyak yang digunakan untuk menggorengnya pun harus banyak dan sangat panas. Bentuknya yang unik dan rasanya yang manis membuat cemilan ini sangat dicocok dibuat bekal saat berkeliling Pulau Alor.

Kue Rambut khas Alor
Kue Rambut khas Alor [image source]

Nikmat Jadi Teman Minum Kopi

Kue Rambut
Kue Rambut [image source]
Untuk membawa pulang kuliner Alor ini, kamu bisa berkunjung ke Pasar Kadelang, yang berada di Kalabahi. Bisa juga kamu menikmatinya di tempat, apalagi dengan secangkir kopi yang menemani. Rasa manis dari kue ini akan menyamarkan pahit kopimu. Kuliner ini cukup awet disimpan dalam toples yang kedap udara, kok. Jadi, sangat cocok untuk oleh-oleh orang kesayangan di rumah. Tak ikut traveling ke Nusa Tenggara, tapi tetap merasakan sensasi dari pulau indah tersebut.

Kue Rambut dinikmati dengan kopi
Kue Rambut dinikmati dengan kopi [image source]

Akomodasi di Alor

Hotel Pulo Alor
Hotel Pulo Alor [image source]
Pulau Alor terkenal dengan wisata baharinya yang kece berat. Banyak spot keren untuk diving dan juga snorkeling. Bahkan ada 18 titik selam yang dikenal memiliki pemandangan bawah laut paling indah. Tak hanya air jernih, berbagai ekosistem yang ada di dalamnya pun menambah indah Alor. Salah satu akomodasi yang bagus tapi terjangkau adalah Hotel Pulo Alor di Teluk Mutiara. Dari tempat menginap ini menuju Pasar Kadelang hanya dibutuhkan 5 menit berkendara. Luangkan waktu seharian jika ingin menjelajah dari satu pantai ke yang lainnya. Dan bulan-bulan Mei hingga Oktober, ombak sedang sangat bersahabat, lho.

Alor Dive
Alor Dive [image source]

Oleh-oleh Khas Alor Lainnya

Kain Tenun khas Alor
Kain Tenun khas Alor [image source]
Selain kue rambut, apa sih yang bisa dibawa pulang dari Alor? Banyak! Saat jalan-jalan di Pasar Kadelang, jangan segan untuk mampir di kedai-kedai lainnya. Selain cemilan manis tersebut, daerah ini juga menghasilkan kain tenun sebagai salah satu hasil kerajinannya. Selendang hingga sarung bisa kamu bungkus dan berikan kepada orang tua. Penganan terkenal lainnya adalah jagung titi yang juga mudah kamu dapatkan di pasar ini.

Ilustrasi Jagung Titi
Ilustrasi Jagung Titi [image source]
Pasar Kadelang

Lokasi: Kadelang, Kalabahi Timur, Tlk. Mutiara, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Tim.

Nah, keasikan traveling dan menjelajah setiap spot menyelam indah di Alor jangan sampai membuatmu lupa mencicipi kue khas ini, ya. Bagaimana, ada yang sudah mencobanya?

Advertisement
Tags
hotel alor kuliner alor oleh-oleh alor
Share