Kue Lebaran Khas Palembang, Kelezatannya Bikin Terkenang

Kuliner Palembang selama ini yang paling terkenal adalah pempek. Rasanya yang enak dan variannya yang beragam, membuat pempek jadi idola banyak orang. Bahkan saking terkenalnya pempek, saat kita mendengar Palembang yang terbersit dalam pikiran adalah kuliner yang terbuat dari bahan baku ikan tersebut. Pempek juga menjadi kuliner yang biasanya disuguhkan saat lebaran. Selain pempek ada beberapa kue lebaran khas Palembang yang turut disajikan.

Buat kamu yang berencana jalan-jalan ataupun pulang kampung ke Palembang, berikut ini informasi mengenai kue lebaran khas Kota Pempek yang mungkin bisa dicicipi nanti.

Bolu 8 Jam

Bolu 8 jam, Via Instagram intanbakery_cafe
Bolu 8 jam, Via Instagram intanbakery_cafe

Seperti namanya, bolu ini dibuat dalam waktu 8 jam pas, tidak kurang dan tidak lebih. Pasalnya, jika nanti kurang rasanya tidak kenyal, dan jika kelebihan akan bantat ataupun juga padat. Dahulunya, bolu satu ini menjadi salah satu sajian khas untuk para bangsawan. Dan menjadi begitu populer kala Sultan Palembang IV berkuasa. Tetapi, bolu 8 jam ini sekarang sudah bisa dinikmati oleh berbagai lapisan masyarakat dan menjadi sajian yang ada saat lebaran Idul Fitri. Jika di Palembang, kamu perlu untuk mencoba kuliner satu ini ya.

Maksubah

Maksuba, Via Instagram midha_empat3
Maksuba, Via Instagram midha_empat3

Ada kuliner selanjutnya yang bernama maksubah yang merupakan kue lapis khas Palembang. Dahulu kue ini dihidangkan sebagai bentuk penghormatan kepada tamu, maka dari itulah disebut sebagai kue penghormatan. Biasanya disajikan oleh pengantin kepada orang tua dan mertuanya. Terutama saat bulan lebaran, ini menjadi hantaran wajib pengantin baru ke orang tua dan mertua mereka. Sepert kue lainnya, kue khas Palembang ini memiliki rasa legit yang menggigit.

Bolu Kojo

Bolu kojo, Via Instagram ratu_fortuna
Bolu kojo, Via Instagram ratu_fortuna

Bolu kojo merupakan kuliner khas Palembang dan beberapa daerah di Sumatera Selatan lainya seperti halnya Riau, Jambi dan juga Bengkulu. Bolu kojo ini memiliki ciri khas warna hijau yang berasal dari daun suji atapun juga pandan. Tidak hanya memberikan warna, daun suji idan pandan ini juga memberikan aroma yang harum. Bahan pembuatanya adalah telur, gula, susu, dan juga tepung.

Lapis Legit Palembang

Lapis legit palembang, Via Instagram rumahck
Lapis legit palembang, Via Instagram rumahck

Lapis legit memang banyak tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Namun, khusus kue lapis khas Palembang ini memiliki ciri khas. Kue lapisnya memiliki lapisan yang mencapai 18 lapis. Pembuatannya cukup rumit lantaran perlu satu per satu lapisan dioven dalam loyang sampai matang. Satu hal lagi, kue lapis ini memiliki ciri khas aroma rempah yang cukup kuat.

Engkak Ketan

Engkak ketan, Via Instagram doyanbaking
Engkak ketan, Via Instagram doyanbaking

Sepertinya memang kue lebaran khas Palembang ini memiliki ciri belapis-lapis, pun halnya dengan engkak ketan ini. Ini merupakan kue lapis tapi menggunakan telur ayam sebagai bahan bakunya. Biasanya, untuk membuat satu loyang engkak ketan akan membutuhkan 10 butir telur ayam. Bahan baku lainnya untuk membuat engkak ketan ini tentu saja tepung ketan yang membuat rasanya makin enak.

Itulah jenis-jenis kue lebaran khas Palembang yang mungkin saja bisa kamu cicipi saat bertandang ke sana. Varian pempek memang banyak, tapi ada kuliner lainnya yang perlu untuk dicicipi yah.

Tags
kue lebaran khas Palembang kue Palembang kuliner khas Palembang
Share