Aneka Kue Khas Lebaran dari Nusantara, Hidangan Hari Raya Makin Kaya

Lebaran tinggal menghitung hari lagi. Tentu saja kita sudah mulai memikirkan, kira-kira apa saja sajian yang bakal dihidangkan di atas meja untuk menjamu tamu. Salah satu yang banyak dipilih tentu saja kudapan manis yang disukai banyak orang. Berbicara masalah kue manis, di beberapa daerah di Indonesia ada beberapa jenisnya, misalnya saja kue-kue. Nah, berikut ada kue khas lebaran dari Nusantara yang bisa jadi inspirasi

Bolu Klemben

Bolu klemben dengan beragam bentuk, Via Instagram roroimma
Bolu klemben dengan beragam bentuk, Via Instagram roroimma

Bolu Klemben atau yang biasa disebut dengan roti klemben merupakan kue bolu kering yang menjadi kuliner tradisional dari Banyuwangi. Karena kering, tekstur dari kue satu ini adalah crispy dan memiliki citarasa legit. Pilihan rasanya juga beragam, ada yang original, gula aren, keningar, kopi dan lain-lain. Selain menjadi hidangan khas lebaran, bolu kering ini juga sering menjadi oleh-oleh Banyuwangi.

Kue Kembang Goyang, Betawi

Kembang goyang, Via Instagram fridajoincoffee
Kembang goyang, Via Instagram fridajoincoffee

Kembang goyang merupakan salah satu kuliner tradisional dari Betawi. Nah, untuk penamaan kue ini berasal dari bentuknya yang menerupai bunga dan proses pembuatannya digoyang-goyang hingga adonan terlepas dari cetakan. Kue ini memiliki citarasa manis dan teksturnya crispy. Semua orang mungkin sangat familiar dengan kue satu ini, karena menjadi salah satu hidangan saat hari raya.

Kue Saroja, Sunda

Kue Saroja, Via Instagram saroja.snack
Kue Saroja, Via Instagram saroja.snack

Jika Betawi memiliki kembang goyang, Sunda punya kue saroja. Diberi nama demikian karena kue satu ini memiliki bentuk yang mirip dengan bunga seroja yang cantik. Rasanya crispy dan enak. Kue ini di Jawa Barat menjadi salah satu hidangan yang disajikan pada perayaan tertentu, misalnya saja pernikahan dan juga Hari Raya Idul Fitri.

Seupet Kuwet, Aceh

Seupet Kuwet atau kue semprong, Via Instagram nglaisui
Seupet Kuwet atau kue semprong, Via Instagram nglaisui

Seupet Kuwet merupakan salah hidangan khas Ramadan yang banyak tersedia di Aceh. Dalam bahasa Indonesia, kue tradisional ini disebut juga dengan kue semprong. Pembuatannya yang mudah dan rasanya yang renyah, membuat kuliner khas Aceh ini jadi primadona kala lebaran tiba. Mungkin ini bisa jadi inspirasimu untuk jadi salah satu sajian saat Idul Fitri nanti.

Maksubah, Palembang

Maksubah, Via Instagram gerrycreation
Maksubah, Via Instagram gerrycreation

Jika sebelum-sebelumnya ada kue kering, dari Palembang ada kue basah yang jadi hidangan khas Lebaran. Namanya adalah maksubah yang sekilas mirip dengan kue lapis. Citarasa kue satu ini sangat nikmat. Teksturnya empuk dan rasanya legit. Bagi masyarakat Palembang, kuliner ini sangat terkenal dan jadi primadona saat lebaran tiba.

Itulah ragam kue khas Lebaran yang datang dari berbagai daerah di Indonesia. Nah, kalau di daerahmu biasanya kue apa yang biasanya sangat khas dan selalu ada saat lebaran? Yuk share di kolom komentar.

Tags
kue khas lebaran Lebaran
Share