4 Kota yang Ramah Pedestrian, Jalan Kaki Jadi Nyaman

Menjelajah suatu daerah dengan berjalan kaki dapat menjadi kegiatan yang menarik, apabila daerah tersebut memiliki ruang yang ramah pedestrian. Kendaraan bermotor yang minim dan trotoar yang berfungsi sebagaimana mestinya, tentu disenangi oleh para pedestrian. Apalagi jika jalur pedestrian tersebut aman dan nyaman. Berikut ini adalah kota yang ramah pedestrian.

Paris, Perancis

Tepian Sungai Seine yang sering menjadi tempat berjalan kaki via instagram
Tepian Sungai Seine yang sering menjadi tempat berjalan kaki via instagram/@alinetabatarech

Menyusuri sudut kota Paris dengan berjalan kaki pasti tak cukup sehari. Tapi kota ini cukup layak dijelajahi sembari berjalan kaki. Tepi Sungai Seine, Jardin des Tuileries yang megah, The Louvre hingga ke Notre Dame adalah tempat yang sangat menarik untuk dijelajahi dengan berjalan kaki.

Florence, Italia

Jembatan Ponte Vecchio salah satu ikon Kota Florence via instagram
Jembatan Ponte Vecchio salah satu ikon Kota Florence via instagram/@_christianbuenaventura_

Banyak tempat di kota ini yang tertutup bagi bus, taksi, ataupun alat transportasi lainnya. Florence adalah sebuah kota yang sangat ramah bagi pejalan kaki. Tempat ini sering disebut sebagai museum terbuka, karena memiliki banyak bangunan kuno. Florence sendiri memiliki banyak tempat yang bisa disinggahi dengan berjalan kaki, muali dari Cattedrale di Santa Maria del Fiore, hingga jembatan bersejarah Ponte Vecchio.

Melbourne, Australia

Alexandra Gardens, Melbourne via instagram
Alexandra Gardens, Melbourne via instagram/@arif_danial14

Kota terbesar kedua di Australia ini memiliki kontras yang begitu kuat. Arsitektur bergaya Victoria yang memiliki nilai historis kompak berpadu dengan gedung pencakar langit modern. Taman-taman kota yang teduh dengan keindahan teluk adalah tempat yang disediakan bagi pedestrian. Selain itu pejalan kaki dapat menyusuri tepian Sungai Yarra sambil berjalan dari Alexandra Gardens ke Royal Botanic Gardens.

Vancouver, Kanada

False Creek di Vancouver, Kanada via instagram
False Creek di Vancouver, Kanada via instagram/@patricia.charis

Kota terbesar ketiga di Kanada ini adalah surga bagi pejalan kaki. Bahkan pemerintah setempat sangat mendorong warganya untuk berjalan kaki. Kawasan pejalan kaki yang indah di sepanjang False Creek ke Granville Island merupakan salah satu yang paling populer di kalangan pedestrian.

Beberapa kota memang memiliki infrastruktur yang bagus, sehingga pedestrian dapat menggunakan haknya sebagai pejalan kaki. Menurutmu kota mana di Indonesia yang nyaman untuk berjalan kaki?

Tags
mancanegara pedestrian Pejalan Kaki Wisata
Share