Kota yang Berhias Seni Jalanan di Dunia, Impresif dan Instagenic

Tak hanya pegununangan dan perbukitan, atau wisata alam lain yang menjadikan sebuah kota layak dikunjungi. Masih ada banyak tempat cantik buatan yang tak kalah indah. Di beberapa kota, karya-karya seni jalanan malah menjadi pemanis pemandangan. Penasaran? Di bawah ini adalah beberapa kota yang berhias seni jalanan, wajib masuk list yang wajib dikunjungi bagi Teman Traveler yang mengaku seniman.

Melbourne, Australia

Seni jalanan di Melbourne via earthporm.com

Pemandangan seni jalanan yang lebih ekstrem dapat kamu temukan di Melbourne. Di sudut kota yang tersembunyi di balik gedung-gedung tinggi. Namun tempat ini malah menjadi destinasi wisata turis internasional. Terdapat beberapa titik di sini. Seperti Hosier Lane yang ikonik, ACDC Lane sebagai tribut untuk band rock asal Australia, Union Lane, dan Yarra Place.

London, Inggris

Seni jalanan karya Banksy di London via huffingtonpost.com

Mengunjungi Inggris memang jauh dari kata murah. Namun di London Teman Traveler dapat melihat berbagai macam seni jalanan secara cuma-cuma. Karena tembok jalanan kota ini dipenuhi dengan seni jalanan. Mulai dari mural yang dilukis pada bangunan hingga patung yang rumit, seperti ayam biru raksasa yang baru-baru ini terungkap di Trafalgar Square. London juga merupakan asal seniman graffiti dan mural, Banksy.

Georgetown — Penang, Malaysia

Seni jalanan di Penang via huffingtonpost.com

Seni jalanan Penang ini berada di George Town. Kawasan bersejarah yang dihiasi dengan banyak bangunan tua ini memiliki pemandangan yang menarik. Lukisan-lukisan unik di dinding yang menggambarkan tingkah polos anak-anak adalah pemandangan utama. Karya tersebut merupakan Lithuania, Ernest Zacharevic.

Melaka, Malaysia

Warna warni seni jalanan di Melaka via huffingtonpost.com

Malaysia juga memiliki kota yang berhias seni jalanan. Setelah Penang, Melaka segera menyusul dengan River Art Project pada tahun 2012. Kawasan air selalu menjadi bagian besar dari sejarah Melaka. Melaka sendiri pernah menjadi salah satu pelabuhan perdagangan terpenting di dunia. Karenanya banyak bangunan tua yang ada di tepi pelabuhan. Seni jalanan tersebut dilukis di rumah-rumah tua. Seni jalanan ini paling baik dilihat dengan berjalan di sekitar tepi sunga. Beberapa bangunan ini diubah menjadi wisma untuk backpacker.

Haji Lane, Singapura

Seni jalanan di Haji Lane via thehoneycombers.com

Kota yang berhias seni jalanan lainnya bisa ditemukan di Negeri Singa. Singapura memiliki beberapa titik di mana dapat menemukan banyak mural yang unik. Padahal, negara ini dikenal dengan peraturannya yang ketat. Salah satu titiknya adalah Haji Lane, merupakan tempat yang tekenal dengan mural dan seni-seni jalanan yang sangat luar biasa. Salah satunya yang terdapat pada sebuah kafe bernama Juice Clinic. Di sana, kamu bisa menemukan mural dengan warna-warna dan karakter seni psychedelic.

Meskipun erat dengan stereotype merusak pemandangan, seni jalanan di lima kota tersebut merubah pandangan masyarakat. Seni-seni jalanan tersebut malah memberikan warna yang cantik di beberapa sudut kota. Kalau di Indonesia mana yang menjadi favorit Teman Traveler?

Tags
Graffiti Luar negeri mancanegara Mural seni jalanan Wisata
Share