Top 10 Kota Terbaik di Dunia yang Layak Dikunjungi di 2016 Ini

Menilik kalender tahun 2016, di sana terdapat banyak sekali libur panjang yang bisa dimanfaatkan untuk jalan-jalan ke tempat jauh. Salah satu yang menarik adalah liburan ke luar negeri. Lantas apa saja tujuan yang menarik untuk didatangi di luar negeri? Menyambut tahun baru, situs traveling dunia Lonely Planet merilis daftar tempat-tempat terbaik untuk dikunjungi tahun ini. Mulai dari negara hingga kota terbaik.

Melansir Lonely Planet, Travelingyuk ulaskan untuk traveler sekalian kota-kota top di dunia yang layak untuk masuk dalam list kunjungan travelingmu tahun ini. Menariknya, situs traveling ini selalu menyajikan destinasi yang berbeda dari situs traveling kebanyakan. Mereka mendaftar tempat-tempat yang tidak terlalu terkenal sebagai destinasi paling direkomendasikan. Namun itulah yang menjadi kelebihannya. Traveler bisa puas menikmati keindahan kota serta merasakan pengalaman yang berbeda. Inilah top 10 kota terbaik untuk dikunjungi tahun 2016.

Kotor, Montenegro & Quito, Ekuador

Kotor, jika di Indonesia kata ini memiliki arti negatif yang berhubungan dengan keadaan yang kumuh penuh sampah dan tidak terawat. Namun beda dengan Kotor di Montenegro, alih-alih merefleksikan keadaan yang tidak bersih, Kotor di sana malah merupakan kota pelabuhan yang sangat indah. Kota ini dibangun sejak abad ke-12 dan 14, sehingga dipenuhi dengan bangunan bersejarah hingga akhirnya UNESCO menetapkannya sebagai Situs Peninggalan Sejarah dan Budaya Dunia.

Itulah mengapa kemudian Lonely Planet memasukkan kota Kotor sebagai salah satu kota terbaik yang layak dikunjungi di tahun 2016 ini. Traveler yang berjalan-jalan di kota ini akan disuguhi pemandangan kota lama dengan bangunan kuno yang masih terjaga hingga kini. Pemandangan kota kecil ini terlihat makin anggun dengan kepungan pegunungan yang menghadap ke laut.

Kota Kotor di Montenegro, via instagram
Kota Kotor di Montenegro, via instagram

Setali tiga uang dengan kota Quito yang merupakan ibukota Ekuador. Kota ini juga menawarkan campuran sejarah kolonial dan kota modern dalam satu paket yang lengkap. Keindahan kota ini akan sanggup menghipnotis traveler yang berkunjung dan berkeliling kota untuk menemukan tempat-tempat menarik.

Tempat-tempat menarik di kota Quito di antaranya adalah kawasan Old Town. Kota tua yang berisi bangunan bergaya Spanyol. Di sana pula terdapat katedral yang disebut-sebut sebagai yang tertua di kawasan Amerika Selatan. Ada juga Iglesia de San Francisco, bangunan kolonial tertua di kota tersebut yang berfungsi sebagai museum untuk koleksi lukisan, seni, dan perabot dari museum Franciscano dan masih banyak tempat menarik lainnya.

Dublin, Irlandia & George Town, Malaysia

Dublin sejak lama dikenal sebagai kota dengan segudang tempat wisata menarik. Statusnya sebagai ibukota negara Irlandia, tidak lantas membuatnya menjadi kota yang penuh polusi dan kemacetan. Malahan kota ini menjadi pusat wisata yang menarik perhatian traveler dunia untuk menjelajah di dalamnya.

Beberapa tempat menarik yang bisa dikunjungi di Dublin adalah Guinness Storehouse yang merupakan markas dari perusahaan minuman bermerk Guinness yang sangat terkenal di dunia. Selain itu, wisatawan juga bisa berkunjung ke National Wax Museum yang terkenal dengan koleksi patung lilin atau berkeliling universitas tertua di Irlandia yaitu Trinity College Dublin.

Pemandangan kota George Town, via instagram
Pemandangan kota George Town, via instagram

Kota berikutnya adalah George Town di Malaysia. Bagi traveler Indonesia, kota ini mungkin sudah tidak asing lagi. Selain lokasinya yang dekat, biaya wisata di sana pun tergolong murah meriah atau bisa dibilang sama murahnya dengan Indonesia. Kota ini terkenal karena memiliki bangunan-bangunan peninggalan zaman penjajahan Inggris, sehingga suasana di seputaran kota tersebut sama dengan kawasan kota-kota di Eropa.

Bukan cuma mengandalkan bangunan-bangunan tua saja, George Town juga menjadi tuan rumah dari berbagai destinasi wisata menarik, seperti Bukit Bendera atau Penang Hill yang berada di atas bukit dan menuju ke sana harus naik kereta dengan rute miring hingga 45 derajat. Tempat lain yang menarik untuk dikunjungi adalah pusat kuliner Gurney Drive Hawker Centre, candi Hindu tertua disana, Sri Mahariamman Temple hingga benteng terbesar di Malaysia yang disebut dengan Fort Cornwallis.

Rotterdam, Belanda & Mumbai, India

Rotterdam memegang status sebagai kota pelabuhan sekaligus kota terbesar kedua di Belanda ini memang menjadi tujuan wisata dunia yang mengesankan. Menikmati kota ini bisa dilakukan dengan empat cara, yaitu naik trem, kereta, bus atau metro. Tapi jika ingin menangkap view kota Rotterdam lebih puas, traveler bisa memilih dengan berjalan kaki.

Penasaran tempat apa saja yang bisa ditelusuri di kota pelabuhan ini? Pertama traveler bisa berkunjung ke Kruiskade. Sebuah shopping street yang berisi banyak sekali toko, restoran dan klub. Mau melihat bangunan dengan arsitektur unik? Datang saja ke Cube Houses, jembatan unik berbentuk kubus yang menghubungkan Blaak Station dengan pelabuhan tua dan masih banyak tempat menarik lainnya.

Pemandangan Kota Rotterdam, via instagram
Pemandangan Kota Rotterdam, via instagram

Mungkin bagi sebagian besar situs traveling tidak merekomendasikan kota-kota di India sebagai destinasi wisata top tahun 2016. Hal tersebut dikarenakan banyaknya kasus kriminal serta kekerasan pada wanita yang terjadi sepanjang tahun 2015 lalu. Namun Mumbai adalah kota yang sebenarnya layak untuk dikunjungi. Kota ini akan memberikan banyak pengalaman keren bagi wisatawan.

Mumbai adalah gugusan dari tujuh pulau di pantai barat India. Kota ini memiliki pelabuhan tersibuk di negeri Bollywood dan jauh sebelum itu kota ini juga menjadi pusat penyebaran agama Hindu dan Buddha. Kalau berlibur ke kota ini, wajib hukumnya bagi setiap traveler untuk berkunjung ke Chhatrapati Shivaji Terminus yang merupakan stasiun kereta api bersejarah, serta Gua Elephanta di mana keduanya adalah Situs Warisan Dunia.

Fremantle, Australia & Manchester, Inggris

Fremantle adalah sebuah kota pelabuhan kecil yang terletak di luar Kota Perth, Western Australia. Kecil-kecil cabe rawit, meski ukurannya mini namun kota ini menyimpan banyak tempat wisata menarik. Uniknya mereka tidak pernah kehilangan ide untuk mengembangkan wisatanya, terbukti dengan adanya penjara yang diubah menjadi obyek wisata yang banyak dikunjungi.

Fremantle Prison adalah bangunan bekas penjara yang dimaksud tadi. Alih-alih terbengkalai dan kumuh, bangunan bekas penjara ini telah disulap menjadi museum yang menyedot banyak kunjungan wisatawan. Bukan hanya itu, bangunan lainnya juga telah direnovasi menjadi penginapan yang nyaman. Kota ini juga dikenal sebagai destinasi kuliner dengan aneka menu masakannya yang lezat.

Kota Manchester Inggris, via instagram
Kota Manchester Inggris, via instagram

Banyak pilihan yang bisa dilakukan di kota Machester, Inggris. Diawali dengan berkunjung ke tempat-tempat bersejarah seperti Balai Kota dan Manchester Central, dua bangunan berarsitektur Victoria Gothic yang masih terawat hingga kini. Berada di kota Manchester berarti membawamu berada di kota industri pertama di dunia.

Kota Manchester harus menjadi destinasi wajib bagi traveler pecinta olahraga sepakbola. Khususnya mereka yang menjadi fans berat dua klub raksasa Liga Inggris, Manchester United dan Manchester City. Kedua klub tersebut berasal dari kota ini, kamu bisa mengikuti tur keliling stadion mereka.

Nashville, Tennessee, Amerika Serikat & Roma, Italia

Nashville adalah tujuan liburan yang tepat buat traveler yang memimpikan sebuah destinasi yang kental dengan nuansa musik. Nashville adalah ibukota dari negara bagian Tennessee dan tempat pertama yang wajib dikunjungi disana adalah studio musik bersejarah RCA. Studio musik yang sangat terkenal yang pernah digunakan berbagai musisi terkenal dunia semisal Elvis, Dolly Parton, Roy Orbison dan Everly Brothers.

Trevi Fontain di Italia, via instagram
Trevi Fontain di Italia, via instagram

Lain halnya dengan Roma yang pernah menjadi pusat kekaisaran Romawi zaman dulu. Tentu bangunan yang menggambarkan kejayaan bangsa Romawi masih bisa traveler lihat saat berkeliling di kotanya. Bangunan bersejarah yang telah menjadi landmark terkemuka dan wajib dikunjungi adalah Colosseum dan menara miring Pisa. Tak ketinggalan pula Trevi Fountain, air mancur dari zaman kerajaan yang belum lama baru dibuka kembali setelah mengalami masa renovasi panjang.

Itu tadi kesepuluh daftar kota yang paling top untuk dikunjungi di tahun ini menurut Lonely Planet. Manakah kota pilihanmu?

Tags
Ekuador India Luar negeri Malaysia Wisata
Share