Paris Out! 7 Kota Paling Romantis di Dunia Tahun 2016

Kota Paris di Prancis selalu mengisi satu pos teratas dalam daftar kota paling romantis di dunia setiap tahunnya. Namun itu tidak berlaku tahun ini dimana kota dengan ikon menara Eiffelnya ini terlempar jauh bahkan keluar dari zona 5 besar kota-kota yang dianggap paling romantis dan menjadi tujuan utama pasangan traveler untuk berbulan madu.

Daftar mengenai kota paling romantis sedunia baru saja dirilis oleh situs traveling Travel Supermarket. Yang mana dalam daftar tersebut terdapat kota-kota baru yang cukup mengagetkan karena masuk dalam jajaran top 7 mendepak Paris yang selama ini dikenal sebagai kiblat kota romantis sejagat. Dilansir Travelingyuk dari Travel Supermarket inilah tujuh kota paling romantis di dunia tahun 2016.

1. Amsterdam – Belanda

Tahun ini posisi pertama kota paling romantis sedunia menurut catatan Travel Market jatuh pada kota Amsterdam di Belanda. Ibukota negeri Kincir ini dianggap memenuhi syarat sebagai kota paling romantis. Selain ditunjang oleh keadaan kota yang sangat indah, jumlah kunjungan wisatawan untuk merayakan valentine tahun ini di Amsterdam meningkat drastis mengalahkan Paris.

Amsterdam - Belanda, via instagram
Amsterdam – Belanda, via instagram

Aneka kegiatan seru untuk menciptakan suasana romantis di Amsterdam antara lain dengan berkunjung ke Museumplein untuk menemukan museum-museum terbaik di Belanda seperti Rijks Museum, Stedelijk Museum, dan Van Gogh Museum. Selain itu para pasangan juga bisa datang ke kawasan Damrak untuk menikmati nuansa klasik Amsterdam dengan bangunan-bangunan lama atau datang ke kota ini pada musim semi dimana mereka akan disuguhi dengan pemandangan bunga tulip yang sedang bermekaran. Amsterdam juga dikenal memiliki kanal-kanal nyentrik yang makin menambah suasana romantis.

2. Roma – Italia

Berada tepat di bawah Amsterdam terdapat kota Roma, Italia. Kota ini punya banyak bangunan bersejarah yang bisa dijadikan destinasi jalan-jalan bersama pasangan. Sebut saja menara Pisa dan juga Colosseum. Dua bangunan ikonik yang telah menjadi landmark kota yang begitu terkenal di dunia.

Trevi Fountain di Roma - Italia, via instagram
Trevi Fountain di Roma – Italia, via instagram

Satu lagi tempat yang membuat Roma menjadi tujuan paling romantis yaitu keberadaan Trevi Fountain. Air mancur bersejarah yang telah ada sejak zaman Romawi ini telah menjadi ikon atau lambang cinta di Roma. Air mancur ini juga telah menjadi destinasi romantis yang banyak dikunjungi pasangan traveler. Konon dengan membuang koin ke dalam kolam air mancur ini pasangan tersebut akan mendapatkan cinta abadi dan segera menikah.

3. New York – Amerika Serikat

Biarpun New York lebih dikenal sebagai pusat fashion dunia akan tetapi kota ini tidak kehilangan daya tariknya untuk menjelma menjadi kota yang romantis. Benar saja tahun ini New York bertengger di peringkat tiga dunia sebagai kota paling romantis. Bisa dikatakan bahwa kota ini adalah kota romantis dengan suasana yang modern.

Kawasan Times Square, via instagram
Kawasan Times Square, via instagram

Meski kota New York dipenuhi oleh gedung tinggi nan modern dengan lampu berkerlap-kerlip serta suasana yang ramai namun di situlah daya tariknya. Kota ini tidak kehilangan sisi romantis dan berhasil menciptakan suasana syahdu yang disukai para pasangan. Menghabiskan tengah malam di kawasan Times Square menaiki kereta kencana adalah salah satu cara paling romantis yang bisa dilakukan di New York.

4. Barcelona – Spanyol

Kota Barcelona menyodok di posisi empat kota paling romantis sedunia. Kota ini menyuguhkan pemandangan kota dengan bangunan bergaya ghotik yang dipadu dengan lanskap modern dan kontemporer. Setiap pasangan wajib hukumnya berkunjung ke kawasan Kota Tua yang dipenuhi oleh monumen bergaya ghotik seperti Gereja Santa Maria del Mar. Keberadaan Taman Guell rancangan Antoni Gaudi juga menjadi salah satu destinasi wajib kunjung bagi pasangan traveler, sebab taman ini masuk dalam daftar situs warisan dunia UNESCO.

Barcelona - Spanyol, via instagram
Barcelona – Spanyol, via instagram

Satu dari sekian banyak daya pikat Barcelona sebagai destinasi wisata paling romantis adalah keberadaan pantai-pantainya yang eksotis. Pantai San Sebastia dan Barceloneta adalah beberapa nama pantai yang menjadi destinasi wajib setiap traveler yang berbulan madu ke Barcelona. Ditambah jika kalian adalah pasangan pecinta olahraga sepakbola pasti tidak akan melewatkan kencan sambil nonton pertandingan klub Barcelona di stadion kebanggaan mereka Camp Nou.

5. Praha – Republik Ceko

Di wilayah Eropa Timur, Kota Praha adalah kota yang paling romantis. Itu pula yang menjadikannya masuk dalam daftar 5 besar kota paling romantis sedunia oleh Travel Supermarket. Kota di republik Ceko ini dipenuhi oleh bangunan tua yang mewakili sejumlah gaya arsitektur yang berkembang di Eropa mulai dari gothik, baroque, rennaisance, art nouveau hingga neo-klasik dan ultra-modern.

Praha - Republik Ceko, via instagram
Praha – Republik Ceko, via instagram

Pasangan traveler tidak akan melewatkan jalan-jalan di kawasan kota tua untuk menikmati keindahan arsitektur dari bangunan-bangunan seperti Kastil Praha, Katedral Santo Vitus, serta jam astronomi Orloj. Melengkapi suasana romantis di kota ini pasangan traveler bisa datang ke Rudolfinum untuk menyaksikan beragam konser musik dan orkestra yang menarik.

6. Reykjavik – Islandia

Nama Reykjavik muncul dalam daftar kota paling romantis sedunia tahun 2016 dan cukup mencengangkan banyak traveler sebab sebelumnya kota ini tidak pernah diperhitungkan sebagai salah satu destinasi romantis apalagi sampai mengalahkan Paris. Traveler mulai memilih destinasi anti mainstream untuk menikmati momen bersama pasangan. Bukan hanya suasana alam dan perkotaan yang indah namun kondisi keamanan juga menjadi pertimbangan.

Reykjavik - Islandia, via instagram
Reykjavik – Islandia, via instagram

Seperti diketahui bahwa pamor Paris mulai sedikit luntur lantaran faktor keamanan sedangkan Islandia dikenal sebagai negara paling aman dengan tingkat kriminalitas terkecil di dunia. Tentu saja Reykjavik sebagai ibukota sekaligus kota terbesar di sana termasuk salah satu tujuan yang menggairahkan. Reykjavik juga tercatat sebagai kota paling bersih dan sehat sedunia. So, ini akan menjadi tujuan liburan romantis baru yang bakal diburu banyak traveler.

7. Venesia – Italia

Menggenapi daftar top 7 kota paling romantis di dunia ada Venesia di Italia. Kota kanal yang dikenal luas oleh wisatawan dunia ini memang layak menjadi salah satu kota paling romantis sejagat raya. Meski negara lain memiliki kota kanal serupa namun tidak ada yang bisa mengalahkan keromantisan kanal-kanal Venesia. Kota yang sempurna dibangun di atas 117 pulau kecil, Venezia memiliki 177 kanal dengan 409 jembatan yang tak akan habis kamu jelajahi bersama pasangan.

Venesia - Italia, via instagram
Venesia – Italia, via instagram

Dimana lagi kamu bisa berkeliling kota menggunakan transportasi air yang sempurna selain di Venesia. Adapun gedung-gedung megah yang bisa disinggahi antara lain Basilika Santo Markus dan Ca’ d’Oro untuk menyaksikan kemegahan arsitektur Venezia yang khas. Nikmati pula saat bersantap yang romantis bersama pasangan di kafe-kafe tepi kanal yang menyajikan menu-menu seafood yang menggoyang lidah. Yang paling penting dari semuanya adalah traveler bisa menciptakan suasana romantis dengan menyewa gondola dan berkeliling kanal dengan pasangan sepanjang waktu.

Daftar dari Travel Supermarket tersebut sebenarnya merilis 10 besar kota terromantis sedunia dimana menempatkan Paris di posisi kedelapan jauh merosot dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hal ini ditengarai akibat dari efek serangan teror beberapa bulan yang lalu yang menyebabkan banyak wisatawan was-was dan enggan untuk datang ke sana pada tahun ini. Melengkapi sepuluh besar daftar kota paling romantis adalah Budapest dan Dublin. Itulah kota-kota yang bisa kamu jadikan referensi untuk memadu kasih dengan pasangan. Sayangnya dalam daftar ini tidak ada nama kota di Indonesia yang masuk dalam daftar.

Tags
Amsterdam Barcelona Kota Paling Romantis Sedunia new york Paris Roma venesia
Share