Traveling Yuk ke Kota-Kota Tertinggi di Dunia!

Setiap kota memiliki ciri khas masing-masing yang membuatnya begitu populer di mata wisatawan. Bukan cuma makanan atau budaya tentunya, karena lokasi dan pemandangan alam dari sebuah kota juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Nah, apa jadinya kalau kota-kota yang Anda kunjungi ternyata berada di daerah yang tinggi. Wah, pastinya seru ya!

Kelima kota ini bahkan berada pada ketinggian di atas 3000 meter lho. Yah, mungkin buat Anda yang tidak suka berada di tempat tinggi, kota-kota ini pasti akan masuk dalam daftar kota yang paling dihindari. Namun sebaliknya, mereka yang suka tantangan pasti suka sekali kemari. Penasaran? Yuk simak ulasan lengkapnya!

1. La Rinconada

Anda bisa menemukan kota ini di Peru. Banyak yang menyebutnya sebagai kota tertinggi di dunia karena berada pada ketinggian 5.100 meter di atas permukaan laut. Wah, bisa Anda bayangkan bagaimana tingginya kota ini. La Rinconada sebetulnya adalah sebuah kamp pertambangan emas tua di Peru. Terdapat lebih dari 50.000 orang yang bermukim di kota ini.

La Rinconada [Image source]
La Rinconada [Image source]
Sayangnya, kondisi kota ini bisa dibilang sangat mengenaskan. Infrastruktur di kota ini sangat jauh dari kata memadai. Bahkan, kota ini tidak memiliki pipa atau sistem sanitasi yang baik. Jadi, bisa Anda bayangkan bagaimana tidak sehatnya hidup mereka. Selain itu, warga juga berisiko tinggi terkena kontaminasi merkuri yang berasal dari pertambangan.

2. El Alto

Kota berikutnya yang berada di daerah yang sangat tinggi adalah El Alto. Ini merupakan salah satu kota dengan perkembangan paling pesat di Bolivia. Tercatat lebih dari 1,1 juta jiwa tinggal di kota yang berada pada ketinggian 4.150 meter tersebut. Karena itu, El Alto sering disebut sebagai salah satu kota terbesar di Bolivia.

El Alto [Image source]
El Alto [Image source]
Kota ini berada di kawasan dataran tinggi Altiplano. Fasilitas di El Alto sendiri bisa dibilang cukup memadai. Dan pemerintah juga ikut aktif untuk terus membangun infrastruktur di kota tersebut. Pada tahun 1925, sebuah lapangan terbang dibangun di El Alto, menyusul kemudian pada tahun 1939 sekolah dasar pertama juga dibuka di sana.

3. Potosi

Ini merupakan kota lain di Bolivia yang masuk dalam daftar kota tertinggi di dunia. Potosi berada pada ketinggian 4.090 meter di atas permukaan laut. Usut punya usut, Potosi awalnya didirikan pada tahun 1545 sebagai kota pertambangan. Produksi tambang dari kota ini bisa dikatakan sangat fantastis yang sekarang membuatnya menjadi salah satu kota terbesar di dunia.

Potosi [Image source]
Potosi [Image source]
Kota ini bisa Anda temukan di kaki Cerro de Potosi, sebuah gunung yang populer di Bolivia. Puncak dari gunung itu yang mencapai 4824 meter selalu mendominasi pemandangan Kota Potosi. Kini, ada sekitar 240.000 orang yang tinggal di kota tersebut.

4. Shigatse

Shigatse merupakan salah satu kota tertinggi di dunia yang menjadi bagian dari Daerah Otonomi Tibet. Di kota ini, ada lebih dari 100.000 yang tinggal, sehingga bisa dikatakan Shigatse adalah salah satu kota terbesar di Tibet. Kota ini berada pada ketinggian 3.840 meter di atas permukaan laut.

Shigatse [Image source]
Shigatse [Image source]
Kota ini juga tersohor dengan pemandangan alamnya yang indah. Sebab, Shigatse berlokasi di pertemuan Sungai Yarlung Tsangpo dan Sungai Nyang di barat Tibet. Shigatse sendiri merupakan ibukota kuno untuk Provinsi U-Tsang. Dan untuk saat ini, kota tersebut dijadikan pusat administrasi modern Prefektur Shigatse, sebuah distrik administratif Daerah Otonomi Tibet.

5. Juliaca

Yang terakhir adalah Juliaca, ini juga merupakan salah satu kota di region Peru. Terletak di tenggara Peru, Juliaca merupakan kota terbesar di kawasan tersebut dengan jumlah populasi mencapai 225.146 jiwa pada tahun 2007. Kota ini berada pada ketinggian 3.825 meter di atas permukaan laut.

 Juliaca [Image source]
Juliaca [Image source]
Meski lokasi dari kota ini berada pada dataran tinggi, Juliaca telah memiliki infrastruktur memadai. Bahkan, kota ini juga menjadi pusat perdagangan terbesar di wilayah Puno.

Inilah lima kota yang berada pada ketinggian di atas 3000 meter. Bagi Anda yang suka tantangan, tak ada salahnya untuk plesiran ke kota-kota ini.

Tags
Bolivia Kota Tertinggi Luar negeri Peru
Share