Berwisata ke Kota-Kota Kelahiran Presiden Indonesia

Bukan lagi rahasia jika Indonesia  mulai merangkak soal sektor pariwisata. Dari mulai pantai, danau, gunung hingga kawasan pegunungan menjadi destinasi wisata yang menarik perhatian dunia. Makin menariknya sebuah tempat, pengunjungnya pun makin banyak. Dari beberapa sumber, Bali, Jakarta dan Riau menjadi daerah yang memiliki jumlah wisatawan terbanyak saat ini. Tak mau kalah, ternyata kota-kota besar yang menjadi tempat kelahiran presiden juga masuk dalam daftar tempat dengan wisatawan terbanyak beberapa tahun belakangan. Bukan hanya wisatawan domestik, para turis pun banyak yang datang ke sana. Nah, kota mana saja sih yang merupakan tempat kelahiran presiden dan mantan presiden RI? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

1. Kota Pemilik Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun

Pare-pare [image source]
Jauh berbeda dengan Surabaya, kota Parepare memang sedikit sepi wisatawan. Pun demikian, bukan berarti tak memiliki wisatawan. Ternyata, beberapa orang yang mengunjungi Makasar biasanya sekalian berkunjung ke tempat kelahiran BJ Habibie ini. Selain karena memiliki beberapa sektor pariwisata yang cantik, Pare-pare juga punya monumen yang sudah dua tahun belakangan tak pernah sepi. Ialah Monumen Cinta Sejati Habibie-Ainun yang menjadi lambang kisah cinta BJ Habibie dan Ainun.

2. Surabaya, Kota Kelahiran Presiden Pertama Indonesia

Surabaya [image source]
Surabaya, kota metropolitan yang tak kalah padat dengan Jakarta. Meskipun panasnya minta ampun, tak dipungkiri jika Surabaya memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Bukan hanya orang asli Indonesia, ternyata banyak sekali traveler asal luar yang sengaja mampir ke tempat wisata Surabaya. Bukan hanya karena destinasi wisatanya yang makin banyak, Surabaya menjadi incaran traveler karena memiliki nilai sejarah yang tinggi. Di kota satu ini pula ternyata mantan presiden pertama Indonesia di lahirkan. Siapa lagi kalau bukan Ir. Soekarno.

3. Kota Santri Jombang

Jombang [image source]
Seperti halnya Parepare, kota kecil di Jawa Timur satu ini juga tak banyak didatangi wisatawan seperti Surabaya. Pun demikian, tak dapat dipungkiri jika tak sedikit pula warga sekitar Jawa Timur berkunjung ke Jombang. Bukan hanya untuk berwisata, sedikit banyak dari mereka melakukan ziarah kubur ke makam mantan presiden RI yang dikebumikan di Jombang. Siapa lagi kalau bukan KH. Abdurrahman Wahid atau lebih dikenal dengan nama Gusdur. Ya, Jombang adalah kota kelahiran Gusdur yang sangat terkenal dengan bangun-bangunan bersejarah seperti masjid hingga gereja.

4. Kota Gudeg Yogyakarta, Kampung Halaman Bu Mega

Jogja [image source]
Menduduki angka ke tujuh sebagai kota dengan wisatawan terbanyak, Yogyakarta memang benar-benar idola. Kota cantik itu menawarkan berbagai keindahan baik alam maupun budaya. Kota yang terkenal akan gudegnya tersebut juga menjadi tempat lahirnya seorang mantan presiden RI. Ialah Megawati Soekarno Putri yang pernah menjabat sebagai presiden usai Gus Dur. Menjadi kampung halamannya bu Mega, tentu saja banyak sekali tempat bersejarah terkenal di sana. Bahkan beberapa di antaranya hingga kini masih dirawat dan mengalami perenovasian agar tetap dapat dikunjungi oleh para traveler baik dari Indonesia maupun mancanegara.

5. Kampung Masa Kecilnya Pak SBY

Pacitan [image source]
Nah, sudah tahu kan kota mana yang menjadi kampung halamannya Susilo Bambang Yudhoyono? Well, kota mana lagi kalau bukan Pacitan. Kota kecil satu ini terletak di wilayah Jawa Timur sebelah selatan. Karena letaknya dipinggiran Samudera, tentu saja banyak sekali objek wisata Pacitan berupa pantai yang cantik. Salah satunya adalah Pantai Klayar yang hingga saat ini tak pernah sepi pengunjung. Bukan hanya soal pantai saja, beberapa destinasi wisata lain di dalam kota Pacitan juga menjadi tujuan para wisatawan. Tentu saja banyak sekali traveler yang penasaran dengan kampung halaman suami ibu Ani Yudhoyono ini.

6. Kampung Halaman Presiden Joko Widodo

Solo [image source]
Berada di bawahnya Yogyakarta, rupanya Surakarta menyusul Pacitan sebagai kota yang jumlah wisatawannya makin menaik. Hal ini tentu saja lantaran warga mereka telah resmi menjabat sebagai seorang presiden. Surakarta atau lebih dikenal dengan Solo ini menjadi kampung halamannya presiden RI terkini, Joko Widodo. Karena itu pula, banyak sekali tempat bersejarah di renovasi dan menjadi destinasi wisata baru. Nah, siapa nih yang sudah berkunjung ke kampung halamannya Pak Jokowi?

Kampung halaman memang menjadi salah satu kenangan yang tak akan terhapuskan. Begitu pula dengan tanah kelahiran para presiden  yang saat ini menjadi kota terpopuler di Indonesia.

Tags
Kota Bersejarah kota kelahiran presiden Presiden RI
Share