Kopi Sontoloyo, Santai dengan Nuansa Klasik di Batu

Teman Traveler sedang cari tempat nongkrong asyik di Batu? Langsung saja mampir ke Kopi Sontoloyo. Di sini kalian bakal rasakan asyiknya ngopi dan nyantai ditemani suasana klasik ala pedesaan. Menu-menunya pun dibanderol dengan harga murah meriah. Yuk, simak ulasan saya selengkapnya.

Nama yang Unik

img_0114_9ZL.jpg
Kopi Sontoloyo suguhkan nuansa khas pedesaan (c) Rosita/Travelingyuk

Kedai kopi satu ini memang punya nama unik. Mungkin beberapa di antara Teman Traveler pernah mendengar kata ‘sontoloyo’ sebelumnya. Biasanya diucapkan ketika orang sedang marah. Dalam Bahasa Jawa, kata tersebut sebenarnya digunakan untuk menjuluki seorang penggembala bebek. Namun banyak orang kadung mengartikannya sebagai ‘bodoh’ atau semacamnya.

img_0104_nh5.jpg
Salah satu sudut warung kopi (c) Rosita/Travelingyuk

Lantas apa yang membuat kafe ini dinamakan demikian? Saya sendiri pun kurang tahu. Namun sepertinya hal tersebut merujuk pada suasana pedesaan yang ditawarkan. Terasa syahdu, sama seperti yang dirasakan seorang penggembala bebek ketika melintasi pematang sawah dan hamparan rumput hijau.

Berada di Lereng Arjuno

img_0095_mag.jpg
Coba suguhkan nuansa klasik (c) Rosita/Travelingyuk

Kopi Sontoloyo berada di lereng Gunung Arjuno, tepatnya di Dusun Kliran, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Batu. Lokasinya berada tak terlalu jauh dari pusat kota. Jika penasaran ingin mampir, kalian tinggal mengambil jalur menuju Rekreasi Selecta.

Kedai kopi unik ini buka setiap hari. Mereka biasanya siap menerima pelanggan antara pukul 11.00 hingga 23.00. Jika berencana mampir malam hari, saya sarankan Teman Traveler kenakan baju hangat atau ekstra tebal sebab udara di sekitar sini bisa cukup dingin.

Aneka Menu Murah Meriah

img_9345_D8s.jpg
Aneka kopi, makanan berat, dan jajanan (c) Rosita/Travelingyuk

Teman Traveler tak perlu khawatir soal harga. Beragam menu di Kopi Sontoloyo dibanderol dengan harga murah meriah alias ramah kantong. Aneka masakannya ditawarkan dengan banderol maksimal Rp20.000 saja. Sementara untuk jajanan dan minuman, ditawarkan dengan harga paling mahal sekitar Rp10.000. Asyik kan?

Pilihannya juga beragam lho Teman Traveler. Buat kalian yang tengah keroncongan, kedai kopi ini sediakan nasi goreng, bakmi jawa, soto seger, lodeh serta kikil pedas, dan berbagai menu lezat lainnya. Soal minuman, tersedia beragam kopi, wedang uwuh, beras kencur, wedang jahe, kunir asem, dan masih banyak lagi. Namun satu yang saya rekomendasikan adalah Kopi Sontoloyo, wajib dicoba jika kalian mampir ke sini.

Suguhkan Nuansa Klasik

img_0093_ciX.jpg
Nuansa klasiknya terasa banget (c) Rosita/Travelingyuk

Nuansa klasik bakal menyambut kedatangan Teman Traveler di Kopi Sontoloyo. Seluruh sudut warung dihiasi aneka barang kuno dan antik. Area duduknya sendiri menempati sebuah bangunan joglo, lengkap dengan meja dan kursi lawas. Benar-benar bikin betah untuk berlama-lama.

img_0102_JyS.jpg
Beberapa pengunjung berburu foto (c) Rosita/Travelingyuk

Selain tawarkan nuansa nyaman dan udara sejuk, kedai ini juga memiliki panorama alam menakjubkan dan sejumlah sudut cantik. Tak heran jika banyak pengunjung kerap menyempatkan waktu meninggalkan meja mereka hanya untuk sekedar berfoto-foto. Jadi jika berencana mampir, Teman Traveler jangan lupa kenakan outfit terbaik ya.

Pemandangan Memukau

img_0091_EuM.jpg
Area masuk kedai kopi (c) Rosita/Travelingyuk

Panorama di sekitar sini memang sungguh menarik. Area di sekitarnya dipadati perkebunan, mulai dari Apel hingga tanaman lainnya. Jika langit sedang cerah, Teman Traveler bisa saksikan pemandangan matahari terbenam yang luar biasa indah di sini.

Begitu malam tiba, temaram lampu kota akan nampak begitu indah dari area duduk. Semuanya bisa Teman Traveler nikmati dengan syahdu, sembari menyeruput secangkir kopi atau teh hangat. Selain itu suasananya benar-benar mirip seperti di pedesaan. Tak heran jika banyak yang betah berlama-lama di sini.

img_0103_OYv.jpg
Salah satu sudut kafe (c) Rosita/Travelingyuk

Itulah sekilas ulasan mengenai Kopi Sontoloyo, tempat nongkrong yang tawarkan nuansa pedesaan. Buat Teman Traveler yang berencana menjelajah wisata Batu, jangan lupa sempatkan mampir ke sini. Dijamin bakal puas dan enggan untuk segera pulang!

Tags
Batu kontributor kopi sontoloyo Kuliner Batu Travelingyuk
Share