Kopi Luwak Slokan, Nikmati Sajian Kuliner di Tempat Bernuansa Pedesaan

Advertisement
Advertisement

Jalan-jalan ke Jogja tak lengkap rasanya jika tidak mampir sejenak untuk bersantap di tempat-tempat seru. Salah satunya yang bisa dicoba adalah Kopi Luwak Slokan. Tapi, di sini tak hanya menyajikan kopi lho, ada beragam pilihan menu lain yang disajikan secara berbeda dari pagi hingga malam. Nah, penasaran seperti apa? Simak ulasannya di bawah ini, yuk.

Lokasi Kedai

kopi luwak slokan
Bagian depan kedai (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Sesuai dengan namanya, kedai ini berlokasi di seberang Selokan Mataram. Tepatnya beralamat di Jalan Candi Sambisari, Kadirojo, Purwomartani, Kalasan, Sleman. Buka setiap hari, kedai kopi ini memiliki waktu operasional dari pukul 06.00 hingga 01.00 pagi.     

Bernuansa Pedesaan

kopi luwak slokan
Dekat dengan sawah (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Memasuki area kedai ini, kalian akan disuguhkan dengan suasana khas pedesaan. Selain dekat dengan selokan, kedai ini juga berbatasan dengan persawahan. Jika sawah sedang hijau, pemandangannya begitu menyejukkan mata. Benar-benar berada di desa, ditambah lagi konsep kedai ini jauh dari nuansa modern dan kekinian.  

kopi luwak slokan
Spot gamelan (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Dengan bangunan utama model Joglo, tampak perabotan meja dan kursi kayu tersebar di beberapa sisi. Ada dapur bergaya jadul yang terletak di tengah area kedai. Semua proses memasak menu pesanan ada di sini. Kemudian di salah satu sudut, terdapat seperangkat alat gamelan yang menambah suasana Jawa semakin terasa.   

kopi luwak slokan
Area outdoor (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Dengan tempat yang cukup luas, ada banyak spot yang bisa Teman Traveler pilih. Konsepnya semi-outdoor dengan spot di ruang terbuka lebih banyak. Di area depan kedai terdapat banyak meja dan kursi yang bisa menampung puluhan orang. Ada juga space unik dengan dinding berupa batang pohon, cocok untuk kalian ingin tempat yang lebih private.  

kopi luwak slokan
Area gubuk (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Jauh dari area utama, ada saung atau gubuk untuk Teman Traveler yang ingin duduk lesehan. Suasananya lebih santai sesuai dengan konsepnya yang pedesaan. Dengan ukuran saung yang tak begitu besar, spot ini cocok jika kalian datang berdua atau bertiga dengan teman atau pasangan.  

kopi luwak slokan
Salah satu sudut kedai (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Jika datang dengan rombongan, area utama Joglo bisa jadi pilihan. Meja di area ini lebih besar, sehingga cukup menampung banyak orang. Area ini jadi satu dengan meja prasmanan dan bar. Hiasan dinding seperti piring jadul dan lampu gantung klasik, menambah suasana semakin apik.     

Sajikan Soto untuk Sarapan

20191128_113219_01_1W7.jpeg
Menu berbeda di jam-jam tertentu (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Tak hanya sajikan kopi, kedai ini menawarkan banyak menu makanan menggugah selera. Soal menu, konsep kedai ini menarik. Ada menu khusus yang hadir di jam-jam tertentu. Menyediakan menu sarapan dan makan siang, Kopi Luwak Slokan punya menu andalan yakni soto. Menu ini tersedia pada jam 06.00 sampai 15.00 saja. Sotonya merupakan soto khas Tamansari.  

20191128_112748_01_VPI.jpeg
Soto khas Tamansari (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Seperti soto pada umumnya, makanan ini diracik dengan komposisi nasi putih, ayam suwir, kubis, tauge, bihun, dan seledri. Tapi kuahnya sedikit berbeda. Jika dilihat, kuahnya tampak seperti kental dan bersantan. Namun nyatanya, kuah ini tanpa santan dan begitu menyegarkan. Rasanya sangat gurih dan tidak asin. Soto disajikan dengan sambal, garam, jeruk nipis, dan kecap istimewa cap Ayam Jago.     

Ada Menu Prasmanan

20191128_111312_01_01_3200x2400_9tt.jpeg
Prasmanan masakan Jawa (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Menjelang siang, pihak kedai menyediakan menu prasmanan dengan kuliner Jawa khas masakan rumahan. Menu prasmanan sudah tersedia dari pukul 10.00 hingga 22.00 WIB, sehingga bisa diandalkan untuk makan siang hingga malam.

Masakannya beragam meliputi sayur ndeso, aneka oseng, dan lawuh omahan (lauk rumahan). Sayur dan lauk disediakan berbeda tiap harinya agar pelanggan tidak bosan. Untuk bisa menikmati menu prasmanan ini, Teman Traveler cukup membayar Rp10.000 saja. Harga sangat terjangkau dan dijamin kenyang.    

Ada Bakmi dan Tengkleng

20191128_120045_01_3200x1926_Tkv.jpeg
Tengkleng Laweyan (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Tak hanya soto dan menu prasmanan, di kedai ini juga tersedia menu Bakmi Jawa dan Tengkleng. Tak tanggung-tanggung, Tengkleng yang dihadirkan merupakan Tengkleng Laweyan asli Solo.

Selain Tengkleng, menu kambing lainnya yang bisa dicicip adalah Sate Buntel, Sate Garang, Tongseng, Kambing Guling, dan Gule. Satu porsi dibandrol dengan harga mulai Rp20.000.

Seruput Kopi dan Wedang

20191119_195003_01_ydh.jpeg
Bagian bar (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Tak hanya jadi jujugan untuk bersantap makan, kedai ini menjadi andalan untuk ngopi. Terlebih bagi kalian penikmat kopi, tentu beragam kopi di sini sayang untuk dilewatkan. Selain menawarkan Kopi Luwak, tersedia juga kopi arabica dan robusta.

Tapi tenang saja, kalau kalian yang kurang bersahabat dengan kopi, Teman Traveler bisa pesan wedangan seperti wedang uwuh, jahe gepuk, jeruk gulowatu, tape ketan, dan asem jawa. Untuk menu minuman bisa dinikmati dengan harga mulai Rp3.000 saja.  

Selain menawarkan kuliner menggoyang lidah dan tempat yang asyik, tersedia juga fasilitas yang membuat semakin betah yakni free WiFi yang kencang dan soket listrik di banyak spot. Bagaimana, tertarik untuk mampir di Kopi Luwak Slokan? Yuk, segera tancap gas bareng teman dan keluarga kalian.

Advertisement
Tags
Indonesia Jogja kontributor Kopi Luwak Slokan kuliner Sleman
Share