Kopi Darat Komunitas Travelingyuk #KoperRansel Malang dan Surabaya Sukses Digelar

febri rama

febri rama

On Indonesia
Koper Ransel Koper Ransel

Ajang seru ‘Kopi Darat dan Tukar Pikiran Komunitas Travelingyuk.com’, yang disingkat Koper Ransel sukses digelar untuk pertama kalinya di Kota Malang. Acara yang mempertemukan para traveler dari berbagai kalangan ini dilaksanakan pada hari Sabtu (24/2/2018) bertempat di Black Canyon Coffe.

1. Ajang untuk Mendukung Potensi Pariwisata Indonesia

Tujuan diadakannya acara Koper Ransel adalah untuk membuka wawasan generasi muda tentang pariwisata Indonesia. Sebanyak 38 peserta mengikuti setiap rangkaian acara dengan penuh semangat. Jumlah ini melebihi target yang ditetapkan oleh penyelenggara. Mereka antusias ingin mengorek banyak hal seputar pengalaman traveling dan cara membuat konten dari dua orang pembicara yang hadir pada saat itu.

Kopdar Travelingyuk
Kopdar komunitas Koper Ransel, via dok. Travelingyuk/Hangga Prayudi

PT. Traveling Media Network (travelingyuk.com) yang menggelar Koper Ransel juga punya tujuan besar dengan adanya ajang seperti ini. Di antaranya adalah berkolaborasi dengan komunitas untuk mengenalkan potensi pariwisata Indonesia dan mengajak generasi muda untuk belajar membuat konten yang dapat mendukung potensi pariwisata daerahnya.

2. Kesempatan Menjadi Kontributor

Dalam kesempatan ini PT. Traveling Media Network juga mengajak para traveler untuk menjadi kontributor, baik berupa artikel, foto, maupun video. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Budi Putra selaku pimpinan redaksi Travelingyuk.com. “Travelingyuk sebenarnya bukan hanya panduan untuk melakukan liburan bagi para pendatang, tapi juga panduan bagi warga lokal. Selain itu, Travelingyuk juga bisa menjadi media bagi para kontributor untuk berbagi cerita dengan jangkauan pembaca yang lebih luas,” Kata Budi.

Kopdar Travelingyuk
Novan menyampaikan tips seputar konten dan traveling, via dok. Travelingyuk/Hangga Prayudi

Lebih Lanjut Budi juga menjelaskan tentang pentingnya menjadi kontributor di Travelingyuk karena tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri, tapi juga orang lain. ” Tidak semua orang membuat rencana liburan ke luar kota. bagi yang punya waktu liburan singkat maka diperlukan juga informasi yang pas. Dalam hal ini para traveler adalah sumber informasinya karena sudah mengalami sendiri secara langsung. Dengan bergabung menjadi kontributor di Travelingyuk tidak hanya akan membawa manfaat untuk diri sendiri, tapi juga orang lain. Lebih-lebih untuk kemajuan pariwisata Indonesia.” Jelas Budi.

3. Tips dari Arif Harianto dan Cerita Seru Novan Irza

Koper Ransel Malang mempersembahkan cerita-cerita seru dari Arif Harianto, travel blogger ini sudah mengunjungi banyak tempat keren terutama di Malang. Pria yang akrab disapa Maman tersebut juga berbagi tips traveling dengan cara yang lebih seru. Salah satunya adalah dengan bersosialisasi dengan warga. Bahkan seringkali pemilik akun Instagram @arif.ma2n itu berburu kopi lokal yang rasanya khas.

Kopdar Travelingyuk
Novan dan Arif berfoto dengan tim Travelingyuk, via dok. Travelingyuk/Hangga Prayudi

Selain Arif Harianto juga ada Novan Irza, travel vlogger yang cukup populer. Pemuda asli Malang ini menyampaikan banyak hal di acara Koper Ransel kemarin. Salah satunya adalah tentang menikmati momen dulu, baru setelah itu mengabadikan momen. Cara ini juga bisa membuat kontenmu lebih bagus.

4. Koper Ransel untuk Menambah Teman dan Pengetahuan

Kopdar Travelingyuk
Novan dan para traveler yang hadir di Koper Ransel, via dok. Travelingyuk/Hangga Prayudi

Para peserta terlihat bersemangat mendengarkan materi dari Arif dan Novan. Kesan yang didapat pun juga menyenangkan. Seperti yang diungkapkan oleh salah satu peserta bernama Sandyasa yang juga menjadi ketua komunitas Malang Traveller. “Dengan adanya acara Koper Ransel kemarin pastinya banyak pengalaman yang bisa kita ambil. Mulai dari cara menulis konten yang baik dan unik, teknik memoles foto maupun video yang ciamik. Bukan sekadar pengalaman yang bertambah, tapi juga teman.” Kata Sandy.

5. Keseruan Koper Ransel di Kota-kota Lainnya

Koper Ransel juga akan dilakukan di berbagai kota Indonesia. Setelah Malang sebagai tempat pertama, dilanjutkan dengan Surabaya yang berlokasi di M-Radio pada Hari Minggu (25/2/2018). Acaranya tidak kalah meriah dengan puluhan peserta yang datang. Ada Budiono Sukses yang terkenal sebagai food vlogger handal. Ia membagikan cerita mengenai mengabadikan rasa melalui YouTube.

Para pembicara Koper Ransel berpose dengan Pimpinan Redaksi dan Community Manager Travelingyuk di Surabaya
Para pembicara Koper Ransel berpose dengan Pimpinan Redaksi dan Community Manager Travelingyuk di Surabaya via dok. Travelingyuk/Raissa

Budiono ditemani oleh Fahmi Adimara. Traveler yang saat ini tercatat sebagai Mahasiswa S2 K3 FKM UNAIR ini berbagai tips bagaimana cara menjadi seorang content creator dengan cara unik dan menarik. Menarik sekali kan

Suasana Acara Koper Ransel di Surabaya
Suasana Acara Koper Ransel di Surabaya, via dok. Travelingyuk/Raissa

Selain Malang dan Surabaya, Koper Ransel masih akan digelar di berbagai kota seperti Makassar, Semarang, Denpasar hingga Jogja. Nantikan Koper Ransel di kotamu, dan baca terus Travelingyuk untuk mendapatkan informasi terkini mengenai Koper Ransel.