Begini Cara Menghindari Koper Hilang atau Tertukar saat di Bandara

Advertisement

Traveling lewat jalur udara kini menjadi pilihan banyak orang. Selain cepat, biaya untuk naik pesawat tidak semahal dulu, apalagi banyak promo yang menggiurkan. Pun demikian, tetap saja ada resiko yang dialami oleh para penumpang. Salah satunya adalah kehilangan koper di bandara. Takut kehilangan seperti korban lain? berikut solusi cerdas agar koper kembali ke tangan dengan aman.

1. Gunakan Koper yang Sederhana dan Mudah Dikenali

Koper Simpel dan Mudah Temukan
Koper Simpel dan Mudah Temukan [image source]
Tampil kece dengan koper bermodel unik, bermerek serta berkualitas memang membawa kebahagiaan sendiri bagi pemiliknya. Namun, sebagian besar tas seperti inilah yang menarik di mata orang ‘nakal’ dan rawan dicuri. Karena itu pula, lebih gunakan koper yang simpel tapi mudah dikenali. Salah satu caranya dengan memakaikan aksesoris seperti gantungan atau pita. Jangan lupa cantumkan kartu nama di slot kopermu ya!

2. Pilih Maskapai dengan Rekam yang Baik

Pilih Maskapai Terbaik
Pilih Maskapai Terbaik [image source]
Demi menjadi perusahaan penerbangan terbaik, beberapa maskapai ini melakukan berbagai cara agar pelanggannya puas. Namun, tidak sedikit pula yang masih teledor hingga merugikan penumpang. Nah, untuk menghindari kehilangan koper, lebih baik pilih maskapai yang memiliki rekam baik dan tidak banyak masalah. Lihat pula penanganan mereka untuk mencari barang penumpang yang hilang.

3. Check In Di Waktu yang Tepat

Check In di Waktu yang Tepat
Check In di Waktu yang Tepat [image source]
Hilangnya koper dari tangan memang dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah kesalahan kita sendiri. Untuk menghindari hal buruk yang terjadi, lebih baik lakukan check in di waktu yang tepat. Ingat, datang terlalu cepat maka koper akan tertumpuk dengan lainnya. Sedangkan, jika kamu datang terlambat, maka kemungkinan besar kopermu bisa tertinggal. Nah, tidak ingin koper datang jauh setelah kita sampai di tujuan kan? Sekedar tips, lakukan check in 90 menit untuk penerbangan domestik dan 2 jam untuk penerbangan internasional.

4. Periksa Kembali Label Bagasi

Periksa Label Bagasi
Periksa Label Bagasi [image source]
Bagi kamu yang sering bepergian dengan pesawat, mungkin bisa teledor dan tidak mencabut label dari perjalanan sebelumnya. Nah, label ini kadang membuat petugas bandara kebingungan dengan tujuan penerbanganmu. Bisa jadi, petugas menaruh kopermu di tempat yang tidak seharusnya. Nah, untuk menghindari hal tersebut, pastikan untuk membuang label lama dan periksa kembali label terbaru, apa sudah menempel dengan baik. Jangan lupa memeriksa kembali kode bandara yang tercantum pada label.

5. Jangan Taruh Barang Berharga dan Dokumen Penting di Koper

Dokumen Penting di Tas
Dokumen Penting di Tas [image source]
Koper bukanlah tempat paling aman untuk menyimpan barang berharga. Oleh karena itu, lebih baik gunakan tas kecilmu untuk menyimpannya agar bisa dibawa ke mana-mana termasuk ke kabin pesawat. Tidak hanya dompet dan juga handphone, letakkan dokumen penting seperti paspormu di dalam tas itu. Pasalnya, jika koper hilang atau tertinggal, kamu bakalan susah melakukan laporan karena tidak memilliki identitas.

Kehilangan koper tidak hanya karena kesalahan dari maskapai. Terkadang ada juga tangan jahil yang memang berniat untuk mengambil barang milik kita. Nah, untuk itu pula lakukan tips naik pesawat di atas. Jika kopermu memang hilang, langsung langsung hubungi bagian Lost & Found.

Advertisement
Tags
bandara Indonesia pesawat terbang Transpotasi
Share