4 Komunitas Uji Nyali di Indonesia, Berani Ikutan?

Di Indonesia ada banyak komunitas yang terbentuk. Kebanyakan komunitas yang dibangun adalah tentang traveling, seperti wisata, kuliner ataupun fotografi. Nah, kali ini ada beberapa komunitas traveling yang cukup unik. Yaitu komunitas uji nyali yang bertujuan untuk mencari makhluk tak kasat mata. Penasaran seperti apa? Yuk simak ulasannya di bawah ini. 

Fotografi Hantu Indonesia 

wisata uji nyali
Fotografi Hantu Indonesia via instagram/official.fhi

Salah satu komunitas yang sedang tren akhir-akhir ini adalah Fotografi Hantu Indonesia (FHI). Seperti namanya, para anggota komunitas FHI menjadikan hantu, jin, dan hal mistis lainnya sebagai objek dari kegiatan fotografi yang mereka lakukan.

Kegiatan komunitas ini sebenarnya ditujukan untuk mencari kebenaran atas kabar atau mitos yang berkembang di tengah masyarakat, mengenai makhluk-makhluk astral tersebut menggunakan teknologi dan bisa dijelaskan secara ilmiah. Berani ikutan?

Saat ini, komunitas FHI sudah diikuti oleh lebih 200 anggota. Biasanya, mereka akan mengunjungi berbagai kawasan yang memiliki image berhantu atau horor di Jakarta, Bekasi, Depok, Bogor, hingga Bandung.

Diary Misteri Jakarta 

wisata uji nyali
Diary Misteri Jakarta via youtube/Ricky Paat

Selain FHI,ada Diary Misteri Jakarta yang juga merupakan komunitas fotografi hantu. Saban minggunya mereka berkeliling bersama-sama sembari mencoba berinteraksi dengan makhluk gaib.

Biasanya, mereka akan mengunjungi tempat-tempat yang sudah lama tidak ditinggali. Bisa juga menelusuri hutan-hutan yang dianggap angker oleh penduduk setempat. Namun, untuk misi perburuan ini, komunitas juga mengikutkan penasehat spiritual. Gunanya adalah untuk mencari keberadaan para makhluk tak kasat mata dan membantu apabila ada hal yang tidak diinginkan terjadi. 

D’Ghostbust Community

D’Ghostbust Community via instagram/dghostbust_official

Kali ini komunitasnya berasal dari Surabaya. D’Ghostbust Community merupakan komunitas perburuan hantu yang dilakukan di ibu kota Jawa Timur dan sekitarnya. Didirikan sejak tahun 2009, perburuan penampakan hantu ini anggotanya semakin banyak dari waktu ke waktu. 

Komunitas ini melakukan hunting dengan metode beragam. Ada yang menggunakan indera keenam dan ada yang mendeteksi dengan rasa. Setelah kira-kira energinya kuat, maka kamera diarahkan ke tempat tersebut. 

Wisata Mistis 

Wisata Mistis via www.wisatamistis.com

Terakhir, ada Wisata Mistis. Komunitas ini berbeda dengan tiga di atas, karena tujuannya adalah untuk menginvestigasi dan meluruskan mitos-mitos yang banyak beredar di masyarakat atau istilahnya adalah ekspedisi. Komunitas satu ini juga tidak sembarangan dalam memilih tempat yang ingin dikunjungi. Mereka mencari tahu terlebih dulu mitos yang beredar tentang tempat tersebut, baru diputuskan apakah destinasi itu bisa untuk dikunjungi. 

Kalau bisa, maka mereka akan meminta izin terlebih dulu kepada pihak yang bersangkutan dengan tempat tersebut. Tak lupa juga, komunitas ini juga meminta izin kepada makhluk penunggu destinasi yang ada di sana. Itu dilakukan supaya para anggota mengerti sampai batas mana mereka boleh menelusuri. 

Komunitas uji nyali di atas sangat cocok untuk kalian yang suka mencari tahu tentang hal-hal mistis. Semuanya mempunyai ciri khas masing-masing yang bisa Teman Traveler pilih sesuai keinginan. Tapi, apabila kalian mengikuti komunitas seperti ini, disarankan untuk tidak melanggar aturan yang ada dan tetap berdoa kepada Tuhan agar tetap mendapat perlindungan. Bagaimana, berani coba?

Tags
Indonesia Wisata wisata uji nyalli
Share