Kompensasi yang Wajib Didapatkan Penumpang Saat Pesawat Delay. Kamu Wajib Tahu!

Penundaan keberangkatan atau delay pesawat sudah menjadi masalah yang biasa di dunia penerbangan. Bahkan tidak jarang kasus tersebut berbuntut panjang karena penumpang merasa dirugikan. Jelas, selain rugi waktu, mereka harus merelakan jadwal yang ditunda bahkan dibatalkan. Namun, sudah tahu kah kamu tentang kompensasi yang seharusnya didapatkan oleh penumpang pesawat terbang?

Berdasarkan peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia PM 89 Tahun 2015, ada beberapa kompensasi yang didapatkan oleh penumpang akibat pesawat delay. Kompensasi tersebut berlaku apabila keterlambatan disebabkan oleh faktor manajemen maskapai penerbangan. Kategori pertama yang diberikan oleh maskapai penerbangan untuk penumpang adalah minuman ringan. Kompensasi ini akan diberikan jika penerbangan mengalami keterlambatan hingga 30 menit.

Banyaknya Penumpang Akibat Delay Berjam-jam
Banyaknya Penumpang Akibat Delay Berjam-jam [image source]
Kompensasi berikutnya yang akan kamu dapatkan adalah minuman ringan dan makanan ringan jika keterlambatan penerbangan tersebut sampai 60 menit. Jika penerbangan masih ditunda hingga 120 menit atau 2 jam, baru minuman ringan dan makanan berat akan diberikan kepadamu. Bagaimana, makanan berat untuk pengganti dua jam menunggu lumayan cukup mengganjal perut bukan?

Kasus pesawat delay kadang membuat banyak traveler geregetan. Apalagi jika harus menunggu sampai 3 jam. Nah, jika kamu belum mendapatkan kompensasi, segera konfirmasi kepada maskapai penerbangan. Pasalnya, kamu wajib mendapatkan minuman ringan, makanan ringan serta makanan berat. Nah, sedangkan kategori kelima yaitu penundaan keberangkatan hingga 240 menit atau 4 jam, kamu akan mendapatkan kompensasi ganti rugi sebesar Rp300.000.

Kompensasi Akibat Penundaan Keberangkatan Pesawat
Kompensasi Akibat Penundaan Keberangkatan Pesawat [image source]
Masih ingat dengan Johnny Ward? Turis asing yang sempat geregetan lantaran pesawat yang hendak ia naiki menuju Nusa Tenggara Timur mengalami delay selama 4 jam hingga penerbangan dibatalkan. Dari kasus yang dialami Johnny Ward, sudah jelas jika masuk dalam kategori ke 6 dimana turis asing satu ini berhak menerima kompensasi berupa pengalihan ke penerbangan selanjutnya atau mendapatkan kembali seluruh biaya tiket. Sayangnya, akhir dari kisah Johnny terebut tak terkuak. Beberapa netizen beranggapan jika turis tampan ini mendapatkan kembali seluruh biaya tiket dan mengambil maskapai penerbangan lainnya.

Pemberian kompensasi ini dapat dilakukan oleh petugas setingkat General Manajer, Station Manajer atau staf lainnya yang ditunjuk atau bertindak atas nama perusahaan penerbangan. Sementara untuk kamu yang mendapatkan kompensasi berupa pengembalian biaya tiket akan mendapatkan gantinya langsung jika pembelian dilakukan secara tunai. Namun jika transaksi dilakukan non tunai, maka biaya akan dikembalikan melalui transfer ke rekening selambat-lambatnya 30 hari.

Kompensasi Makanan ringan
Kompensasi Makanan ringan [image source]
Meski ada kompensasi yang diberikan maskapai karena keterlambatan keberangkatan, tetap saja pesawat delay adalah pengalaman buruk bagi banyak penumpang. Nah, untuk menghindari delay, ada baiknya pilih penerbangan pagi yang pastinya jarang mengalami keterlambatan. Setuju bukan?

Tags
Indonesia PEsawat
Share