Berenang di Kolam Renang Terdalam di Dunia, Dalamnya 42 Meter!

Sudah cukup terpesona dengan kolam renang atas awan Hotel Marina Bay Sands (MBS) di Singapura? Tunggu hingga kalian menyambangi kolam renang yang ada di Hotel bintang empat Terme Millepini, Italia. Di sana kalian akan menemui sebuah kolam renang yang tak kalah spektakuler dibanding kolam renang MBS. Bukan ketinggiannya yang menjadikan kolam ini spesial tapi kedalamannya.

Hotel Terme Millepini berada di kota kecil Montegrotto Terme, Italia. Di dalam hotel ini terdapat fasilitas kolam renang yang berbeda dari kebanyakan kolam renang di hotel sejenis. Namanya Y-40 “Deep Joy” memiliki ukuran panjang 21 meter dan lebar 18 meter, sepintas tidak ada yang aneh dari kolam ini. Namun masukklah ke dalam kolam untuk menemukan keajaibannya, ya kolam ini memiliki kedalaman 42 meter atau setara dengan tinggi gedung 14 lantai dan menjadikannya kolam renang terdalam di dunia. Anda terkejut?

Kolam renang Y-40 “Deep Joy” memiliki kedalaman 42 meter (c) thedeepjoy.wix.com
Kolam renang Y-40 “Deep Joy” memiliki kedalaman 42 meter (c) thedeepjoy.wix.com

Uniknya, luas permukaan kolam ini memiliki ukuran yang berbeda dengan bagian dasarnya. Semakin ke dalam luas kolam menjadi lebih luas dan spektakuler. Untuk mengisi penuh kolam ini diperlukan 4.300 meter kubik air dengan suhu 32-34 derajat celcius. Y-40 “Deep Joy” menawarkan kebebasan bagi penggemar diving dalam menyelam bebas tanpa menggunakan baju selam. Sang arsitek dari kolam yang spektakuler ini adalah Emanuele Boaretto.

Penampakan kolam Y-40 “Deep Joy” (c) Olivier Morin
Penampakan kolam Y-40 “Deep Joy” (c) Olivier Morin

Selain memfasilitasi para perenang yang sudah mahir Y-40 “Deep Joy” juga menawarkan kegiatan seperti menyelam rekreasi, pelatihan selam, dan pemotretan untuk produksi film. Terdapat pula kolam renang silinder yang memiliki kedalaman menengah yang dilengkapi dengan panel kaca yang dapat digunakan oleh para tamu untuk menonton aksi para penyelam di dalam kolam.

Bagian kolam bersilinder kaca untuk melihat atraksi penyelam (c) http://thedeepjoy.wix.com/
Bagian kolam bersilinder kaca untuk melihat atraksi penyelam (c) thedeepjoy.wix.com

Kolam ini tergolong masih baru, pembukaan perdananya dilakukan pada 5 Juni 2014 namun sesungguhnya kolam ini telah dimulai pembangunannya pada tahun 1977 dan direnovasi di tahun 2013. Sebagai pendatang baru Y-40 “Deep Joy” telah mengalahkan pemegang rekor sebelumnya untuk kolam renang terdalam di dunia yang dipegang oleh Nemo 33 yang berada di Brussels, Belgia yang mana kolam tersebut memiliki kedalaman maksimal 34,5 meter.

Tags
kolam renang terdalam di dunia traveling Y-40 “Deep Joy”
Share