Kolam Ikan Zaman Majapahit, Peninggalan Kejayaan

Bagi sebagian orang, sesuatu yang kuno memiliki nilai dan daya tarik tersendiri. Karena Indonesia memiliki sejarah yang beragam, banyak dijumpai berbagai warisan pada zaman kerajaan. Salah satunya seperti sejumlah kolam ikan peninggalan zaman Majapahit berikut. Tempat tersebut masih bisa kalian kunjungi hingga kini. Seperti apa rupanya? Intip langsung yuk!

Umbul Senjoyo

Umbul Senjoyo, via Instagram/no.v.an

Umbul Senjoyo (Sendang Senjoyo) merupakan salah satu wisata alam dengan nilai sejarah menarik. Teman Traveler bisa menemukannya di Desa Tegalwaton, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang. Air jernihnya membuat wisatawan dapat dengan mudah melihat sekumpulan ikan yang berenang bebas.

Salah satu legenda yang menyelimuti tempat ini yakni dulu seorang tokoh bernama Pangeran Senjoyo yang merupakan pendekar pada zaman kerajaan Majapahit sering bertapa di sini. Untuk masuk ke sini, wisatawan hanya membayar sebesar Rp5000 per orangnya.

Sumber Wuluh

Kolam ikan zaman Majapahit, via Instagram/indraiswanto84

Selanjutnya ada Sumber Wuluh yang berlokasi di Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto. Konon kolam ini termasuk peninggalan zaman Majapahit. Air yang berada di Sumber Wuluh masih digunakan warga untuk irigasi sawah hingga kini.

Karena dijadikan sebagai tempat dilaksanakannya tradisi turun-temurun yang dinamakan bedah Sumber Wuluh, tentu hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Nantinya setiap warga berlomba-lomba menangkap ikan berukuran besar tanpa menggunakan alat bantu. Tradisi tersebut dilaksanakan setiap setahun sekali.

Sumber Gadung

Sumber Gadung, via Instagram/batapres

Sumber Gadung diyakini warga setempat sebagai peninggalan Kerajaan Majapahit. Teman Traveler masih bisa mengunjunginya hingga kini. Sumber Gadung bertempat di Desa Watesnegoro, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto. Masyarakat disana juga meyakini bahwa air sumber tersebut dapat dijadikan sebagai obat.

Mitosnya, ikan-ikan yang berada di kolam tersebut merupakan jelmaan dari prajurit Majapahit terdahulu yang telah tewas. Karena penduduk sekitar juga mempercayai hal tersebut membuat Sumber Gadung disakralkan oleh warga.

Banyu Biru

Banyu Biru, via Instagram/denbaguznh

Banyu Biru menjadi salah satu destinasi wisata yang nggak boleh kelewat jika kalian mampir ke Pasuruan. Kolam tersebut berada di Desa Sumberejo, Kecamatan Winongan. Hal menarik dari tempat ini yakni kalian bisa berjumpa dengan Ikan Keramat.

Merupakan bagian dari serpihan Majapahit, Teman Traveler masih bisa menyaksikan fragmen-fragmen candi di sekitar kolam. Arca tersebut telah diidentifikasi oleh arkeolog Belanda sejak tahun 1929.

Dengan adanya kolam ikan peninggalan zaman Majapahit membuat banyak orang tertarik untuk mengunjunginya. Tunggu apalagi, segera mampir yuk!

Tags
Indonesia Kolam Ikan Peninggalan Zaman Majapahit Wisata
Share