Panorama Kolam di Dalam Gua, Bukti Uniknya Alam Indonesia

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Indonesia

Indonesia memang memiliki lanskap alam yang unik. Dari Sabang sampai Merauke, segala keunikannya dapat ditemukan. Baik pantai, gunung, bukit, bahkan savana semuanya memiliki keindahan yang memukau. Namun ada satu jenis keunikan alam Indonesia yang sayang untuk dilewatkan. Teman Traveler dapat menemukan beberapa kolam alami dengan air yang jernih dan berada di dalam gua. Seperti kolam dalam gua Indonesia yang ada di 5 lokasi ini.

Gua Hawang, Maluku Tenggara

Panorama Gua Hawang via instagram/hanifvegasha

Gua Hawang memiliki air berwarna biru jernih, sehingga batu-batu yang ada di dasarnya terlihat dengan jelas. Kolam ini terhubung langsung dengan mata air Evu, sumber terbesar yang melewati kanal sungai bawah tanah. Menariknya, ada dua buah gua yang berjarak 15 meter dan dihubungkan oleh sungai tersebut.

Gua Rangko, Manggarai Barat

Goa Rangko via instagram/risalba11

Gua Rangko adalah destinasi yang unik di sekitar Labuan Bajo. Bentuk guanya tak jauh berbeda, tetap dihiasi stalagmit dan stalagtit. Namun pemandangan tidak umum muncul dari kolam yang ada di dalamnya. Warna airnya biru jernih, terlebih lagi ketika matahari masuk melalui celah-celah gua dan menyinari kolam yang berisi air asin tersebut. Kolam dalam gua yang satu ini sayang untuk dilewatkan, bukan?

Gua Haji Mangku, Derawan

Gua Haji Mangku via instagram/adventurism.id

Kepulauan Derawan dikenal dengan danau yang berisi ubur-ubur jinak dan resort di atas lagunanya. Ternyata tempat ini juga memiliki gua unik dengan kolam air jernih di dalamnya. Gua yang juga dikenal dengan nama gua kelawar ini masih tak terlalu dikenal, karena belum banyak wisatawan yang mengenal tempat ini. Lokasinya berada di Desa Payung, Berau, Kepulauan Derawan. Gua Haji Mangku dapat dijangkau dari Pulau Maratua dengan menggunakan perahu.

Gua Kontamale, Wakatobi

Gua Kontamale via instagram/i.d.r.u.s

Baru melihat panoramanya saja kamu pasti akan membayangkan sesegar apa airnya. Ya, sensasi seperti itu memang benar dapat kamu rasakan di tempat ini. Terdapat beberapa titik yang dapat digunakan untuk berenang. Salah satunya memiliki luas sekitar 5Ă—3 meter dengan kedalaman 1,5 hingga 3 meter.

Goa Cerme, Bantul

Gua Cerme via instagram/ezamarlianti05

Di Imogiri, Teman Traveler juga dapat menemukan kolam di dalam gua. Lokasinya berada di ketinggian 500 mdpl, membuat gua dengan panjang sekitar 1,5 kilometer ini memiliki udara yang sejuk. Namun untuk mencapai gua ini, Teman Traveler harus melewati 750 anak tangga terlebih dulu. Kolam di dalam gua ini terletak di Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Bantul.

Beberapa gua di Indonesia memiliki kolam air yang unik di dalamnya. Seperti apa yang dapat ditemukan pada lima lokasi di atas. Ada dari salah satu tempat tersebut yang telah dikunjungi Teman Traveler?