Kode dalam Komunikasi di Pesawat, Bakal Was-was Kalau Dengar “Ground Stop”

Pernah tidak mendengar pengumuman di pesawat atau secara tidak sengaja mendengar percakapan pilot dan krunya? Nah, terkadang memang ada kode dalam komunikasi di pesawat yang kurang familiar. Namun, Teman Traveler tidak perlu khawatir. Berikut adalah beberapa istilah yang dipakai oleh pilot dan kru pesawat. Yuk, disimak bersama.

Ground stop

Ilustrasi Ground Stop via Shutterstock
Ilustrasi Ilustrasi Ground Stop via Shutterstock

Bila Teman Traveler mendengar ground stop, maka siap-siap jam keberangkatan akan sedikit tertunda. Keberangkatan pesawat ke satu atau lebih destinasi dibatasi oleh kontrol lalu lintas. Sehingga berkemungkinan terjadi penumpukan lalu lintas pesawat.

Wheels-up time 

Ilustrasi Wheels-up time via Shutterstock
Ilustrasi Ilustrasi Wheels-up time via Shutterstock

Walau mendengar ground stop bikin Teman Traveler harus bersabar, maka istilah wheels-up time bisa jadi bikin lega. Kode ini sendiri berarti bahwa pesawat diharapkan siap untuk mengudara. Kru harus memastikan semua komponen siap, bila tidak bisa-bisa pesawat akan lepas landas lebih lambat daripada rencana awal.

Doors to arrival 

Kode Komunikasi di Pesawat
Ilustrasi Doors to arrival via Shutterstock

Doors to arrival merupakan kode dalam komunikasi di pesawat yang digunakan oleh kepala pramugari saat pesawat mendarat. Istilah ini berguna untuk memastikan bahwa pintu darurat yang ada di setiap pintu telah dilucuti.

Final approach  

Final approach via Shutterstock
Ilustrasi Final approach via Shutterstock

Berbahagialah jika mendengar kode final approach. Hal ini berarti, Teman Traveler akan segera landing di bandara. Bersiaplah untuk memulai hari di destinasi wisata favorit.

At this time 

At this time via Shutterstock
Ilustrasi At this time via Shutterstock

At this time merupakan istilah sopan yang digunakan kru untuk menghimbau sesuatu. Misalnya saja, penumpang diminta untuk menyimpan perangkat elektronik. Maka kata at this time digunakan di awal himbauan tersebut.

Direct flight

Kode Komunikasi di Pesawat
Ilustrasi Direct flight via Shutterstock

Tentunya Teman Traveler cukup sering mendengar istilah ini, ya. Direct flight sendiri berarti rute di mana nomor penerbangan tidak berubah. Kode ini tidak ada hubungannya dengan berapa banyak pemberhentian selama perjalanan.

Non-stop flight 

Non-stop flight via Shutterstock
Ilustrasi Non-stop flight via Shutterstock

Kode dalam komunikasi di pesawat ini juga tidak asing lagi. Non-stop flight berarti penerbangan ini tidak berhenti sama sekali sepanjang perjalanan.

Area of weather 

Area of weather via Shutterstock
Ilustrasi Area of weather via Shutterstock

Area of weather menunjukkan cuaca di suatu kawasan tertentu yang dilewati atau menjadi pemberhentian pesawat. Umumnya istilah ini digunakan untuk menggambarkan terjadinya badai petir atau hujan deras di suatu zona.

The floor area 

Kode Komunikasi di Pesawat
Ilustrasi The floor area via Shutterstock

Tidak usah bingung bila mendengar pramugari menggunakan istilah the floor area. Sesuai dengan sebutannya, kode ini merujuk pada bagian lantai pesawat.

The ramp 

Kode Komunikasi di Pesawat
Ilustrasi The ramp via Shutterstock

Kode komunikasi di pesawat selanjutnya adalah the ramp. Istilah ini mengacu pada area yang paling dekat dengan terminal di mana pesawat dan kendaraan aktif, seperti zona parkir pesawat.

Itulah setidaknya 10 kode komunikasi yang mungkin Teman Traveler dengarkan di pesawat. Nah, kalau sudah begini tidak bakal bingung lagi, kan. Jadi kapan traveling lagi?

Tags
Akomodasi Indonesia Kode Komunikasi di Pesawat PEsawat
Share