Berkunjung ke Ko Panyi, Wisata Thailand Ramah Muslim yang Letaknya di Tengah Lautan

Berkunjung ke Ko Panyi di Thailand, Teman Traveler akan takjub dengan pemandangan alam di sekitarnya. Ia juga merupakan salah satu wisata Thailand ramah muslim.

Pasalnya mayoritas penghuni Ko Panyi beragama Islam. Kawasan ini pun lebih menarik karena ia terletak di tengah lautan. Penasaran, kan? Ini dia ulasannya!

Dibangun oleh Orang Indonesia Bernama Toh Baboo

Sebuah Kawasan yang Menurut Cerita Dibangun oleh Orang Indonesia via Instagram/kgkg_production

Bagi turis Indonesia, berkunjung ke Ko Panyi sepertinya bagai napak tilas. Bagaimana tidak, sebab menurut beberapa informasi, desa yang berada di tengah laut ini dibangun oleh orang Indonesia bernama Toh Baboo.

Ko Panyi Thailand
Semula Ditinggali Beberapa Orang Saja via Instagram/apelsinchiksoul

Pada masa silam, pendatang tidak diizinkan untuk memiliki tanah di Thailand. Sehingga, Toh Baboo dan dua keluarga lainnya mendirikan rumah panggung di sebuah teluk. Dalam waktu ratusan tahun, kawasan ini pun berubah menjadi sebuah pemukiman.

Perkampungan Muslim di Tengah Laut Andaman

Ko Panyi Thailand
Sebuah Pemukiman di Tengah Laut via Instagram/jordhammond

Ko Panyi merupakan perkampungan muslim yang terletak di sekitar Laut Andaman. Dikabarkan bahwa ketika itu, Toh Baboo berlayar dari Sumatra menyusuri Malaysia hingga sampai ke perairan Thailand.

Pemukiman di Laut Dangkal yang Tenang via Instagram/katelaptieva

Laut tempat pemukiman ini berada, tergolong dangkal dan tenang. Sehingga, memungkinkan para penduduk untuk mendirikan bangunan.

Desa yang Berdiri Sejak Abad 18

Ada Sejak Abad 18 via Instagram/momay_travellover

Untuk menjadi seperti sekarang, Ko Panyi melalui proses yang panjang. Bahkan desa ini sudah ada sejak abad 18. Dalam waktu sekitar 200 tahun, ia menjelma jadi sebuah pemukiman bagi sekitar 300 keluarga. Setidaknya ada 1.500 penduduk yang tinggal di Ko Panyi.

Pemukiman Apung dengan Mayoritas Muslim via Instagram/emma.lionel.sally

Sebagai sebuah desa, Ko Panyi memiliki sekolah, masjid, pusat kesehatan, restoran, lapangan sepak bola terapung hingga toko souvenir. Ia berkembang menjadi sebuah kawasan yang ramah muslim dan banyak dikunjungi wisatawan.

Info Menuju Ko Panyi

Ko Panyi Thailand
Banyak Dikunjungi Wisatawan via Instagram/georges.m_

Kehidupan masyarakat Ko Panyi sebagian besar bergantung dari hasil tangkapan ikan. Namun, semenjak ramai dikunjungi wisatawan, beberapa warga mendapat penghasilan tambahan dari menyewakan tempat tinggal pada para pengunjung. Teman Traveler tertarik liburan ke sini?

Ko Panyi Thailand
Memiliki Lanskap Alam yang Cantik dan Menarik via Instagram/gulimbigatova

Turis yang datang ke Ko Panyi sebagian besar menghabiskan waktunya untuk makan siang. Tetapi jika ingin lebih lama jalan-jalan di sini, Teman Traveler bisa menyewa perahu dari Dermaga Surakul di Phuket. Harganya sekitar 1.700 baht atau Rp760 ribuan untuk pulang pergi.

Ko Panyi memang salah satu wisata di Thailand yang unik dan ramah muslim, ya? Jika bosan dengan keramaian destinasi wisata Bangkok, Teman Traveler bisa berkunjung ke sini. Siapa yang sudah penasaran?

Tags
Ko Panyi Luar negeri Thailand Wisata
Share