Jelajah Klenteng Tertua di Indonesia, Cara Seru Habiskan Libur Imlek 2019

Desi Puji Lestari

Desi Puji Lestari

On Indonesia

Perayaan Imlek di Indonesia tahun ini akan jatuh pada 5 Februari 2019. Tentu sayang jika hanya dihabiskan di rumah saja. Banyak kegiatan seru yang bisa kalian coba tanpa mengeluarkan biaya banyak.

Teman Traveler bisa liburan tipis-tipis dengan mengunjungi beberapa klenteng tertua di Indonesia berikut ini. Salah satunya bahkan sudah ada sejak tahun 1200-an lho. Penasaran? Berikut ulasannya.

1. Klenteng Hong Tiek Hian (1293)

Klenteng Hong Tiek Hian di Surabaya Sejak 1200-an via Instagram/ oursurabaya

Salah satu klenteng tertua di Indonesia yang bisa Teman Traveler kunjungi saat liburan Imlek nanti adalah Klenteng Hong Tiek Hian di Surabaya. Bangunan bersejarah ini dibangun pertama kali pada tahun 1293.

Bagian dalam Klenteng via Instagram/ chi_chindj

Kedatangan Khu Bilai Khan ke Nusantara bersama rombongan Pasukan Tar-Tar beratus-ratus tahun lalu menjadi awal mula sejarah klenteng ini. Meski sudah melalui sejarah panjang, hingga kini Klenteng Hong Tiek Hian masih kokoh berdiri. Dikenal juga dengan nama Klenteng Jalan Dukuh, bangunan dengan dominasi warna merah ini juga masih banyak dikunjungi hingga sekarang.

2. Klenteng Cu Ang Kiong, Rembang (sekitar 1411)

Klenteng Cu An Kiong, Klenteng Tertua di Rembang via Instagram/ aryaniyani21

Masyarakat Lasem, Rembang, mengenal Klenteng Cu Ang Kiong dengan sebutan Klenteng Dasun. Berdasarkan sebuah peta kuno, klenteng ini sudah ada setidaknya sejak 1411.

Salah satu pengelola klenteng menyebutkan peta tersebut kini disimpan di sebuah museum di Belanda. Dokumen lawas itu menyebutkan kebereadaan sebuah klenteng bernama Cu Ang Kiong, yang berada di daerah Lasem.

Klenteng Berwarna Pink yang Cantik via Instagram/ septatyas

Dari data tersebut, diperkirakan Klenteng Cu Ang Kiong sudah ada sejak Abad XIII. Meski sudah berusia ratusan tahun, klenteng ini masih berdiri kokoh dan keadaannya cukup baik. Teman Traveler bisa berkunjung ke sini dan mengagumi keindahan arsitekur di dalamnya.

3. Klenteng Hok Keng Tong (1389)

Klenteng Hok Keng Tong di Cirebon via Instagram/ iwan_hernawan

Berdasarkan prasasti dan penuturan sejumlah pihak, Klenteng Hok Keng Tong dibangun sekelompok etnis Tionghoa yang mendarat di sekitar pantai utara Pulau Jawa. Pembangunan klenteng berlangsung mulai tahun 1389 atau hanya berjarak 20 tahun usai berdirinya Cirebon pada 1969.

4. Klenteng Da Bo Gong Jakarta (1650)

Klenteng Da Bo Gong Ancol via Instagram/ andisasmito17

Klenteng tertua di Indonesia selanjutnya berada di kawasan ibu kota, tepatnya di Ancol, Jakarta Utara. Klenteng Da Bo Gong sekaligus jadi yang tertua di Jakarta. Uniknya lagi, rumah peribadatan ini berada di tengah-tengah kawasan pemukiman kelas atas.

Cantiknya Salah Satu Klenteng Tertua di Indonesia Ini via Instagram/ indonesia_116

Menurut penuturan pengurusnya, sebagaimana dilansir dari Liputan6, Klenteng Da Bo Gong sudah mengalami beberapa kali renovasi. Meski begitu, bangunan satu ini tetap menarik untuk dikunjungi.

5. Klenteng Boen Hay Bio Serpong Tangerang (1694)

Boen Hay Bio di Tangerang via Instagram/ ra__tu

Klenteng Boen Hay Bio di kawasan Serpong, Tangerang juga merupakan salah satu yang tertua di Indonesia. Pembangunannya sudah dimulai sejak tahun 1694.

Ornamen Kepiting Unik di Klenteng Boen Hay Bio via Instagram/ asenlay999

Seperti bangunan klenteng pada umumnya, Boen Hay Bio memiliki arsitektur yang kental sekali dengan budaya Tionghoa. Dominasi warna merah di sini terlihat sangat cantik. Teman Traveler bisa berkunjung untuk sekedar melihat-lihat, sekaligus mengagumi bentuk bangunannya.

6. Klenteng Satya Budhi Bandung (1855)

Salah Satu Klenteng Tertua di Bandung via Instagram/ faustiineceline

Klenteng Satya Budhi Bandung menjadi salah satu klenteng tertua di Indonesia selanjutnya. Memiliki nama asli Hiap Thian Kong, klenteng ini diresmikan pada 1855 silam.

Selamat Merayakan Imlek, Teman Traveler! via Instagram/ rakaonex

Lantaran kala itu penggunaan nama Tiongkok dilarang, namanya diubah menjadi Vihara Satya Budhi. Teman Traveler yang tinggal di Bandung bisa mengunjunginya saat perayaan Imlek nanti.

Itulah deretan klenteng tertua di Indonesia, yang bisa jadi destinasi budaya sekaligus sejarah menarik. Jalan-jalan ke sini tentu akan berikan suasana liburan yang beda. Bagaimana Teman Traveler? Yuk berkunjung.