Serba Kikil di Solo, Kenyal-kenyal Enak, Bikin Makan Makin Berselera

Advertisement

Kikil merupakan bagian dari kaki sapi atau kambing yang diolah menjadi beragam penganan enak dan menggiurkan. Jenis olahannya beragam, mulai dari oseng-oseng, asem-asem, dan lain sebagainya. Nah, saat berkunjung ke Solo, Jawa Tengah, ada juga beberapa tempat makan yang menjajakan kuliner ini. Ini dia lokasi berburu kikil di Solo.

Sego Kikil Joss

Sego Kikil Joss, via Instagram/bejojajan
Sego Kikil Joss, via Instagram/bejojajan

Sego Kikil Joss menawarkan menu unggulan, yaitu asem-asem kikil yang mantap. Dipadu dengan jengkol, kombinasi yang tak akan pernah salah. Di sini juga menyuguhkan banyak menu lainnya, seperti gorengan, dan aneka camilan.

Sego Kikil Joss berada di di Jl. Sekar Jagad, Panjang Laweyan. Arahnya, dari Tugu Lilin menuju ke Selatan, sampai jembatan sebelum Alfamart ada sebuah gapura besar di sebelah kiri kemudian belok, warungnya berada di di timur gapura pas.

Bukanya mulai dari jam 17:00 hingga 23:00 WIB. Satu porsi nasi kikil ditambah dengan jengkol plus minum, di bawah Rp20.000.

Warung Kikil Bu Cilik

Warung Kikil Bu Cilik, via Instagram/surabayafoodies
Warung Kikil Bu Cilik, via Instagram/surabayafoodies

Warung Kikil Bu Cilik merupakan salah satu yang kondang di Solo. Kikilnya bersih, terkenal enak dan satu hal lagi, pedas. Satu porsi nasi dan kikil bisa ditambah dengan lauk seperti halnya tempe goreng, tahu, dadar jagung, ayam goreng dan lain sebagainya. Tempat ini begitu rekomended buat Teman Traveler pecinta pedas.

Warung Kikil Bu Cilik berada di Jl. Dr. Setiabudi No.57, Solo. Bukanya mulai dari jam 07:00 hingga 16:00 WIB. Satu porsi nasi kikil di sini dipatok Rp10.000 saja. Bisa tambah kikil ataupun lauk lainnya, ya. Untuk tambahan lauk seperti tempe, dipatok Rp2.000 saja.

Sayur Tumpang Kikil di Soto Kirana

Sayur tumpang kikil, via Instagram/senyumnovi
Sayur tumpang kikil, via Instagram/senyumnovi

Soto Kirana merupakan tempat yang juga terkenal. Menu utamanya memang soto, namun banyak juga pilihan lainnya. Ada nasi asem-asem kikil, nasi pecel kikil dan lain-lain.

Soto Kirana berada di Jl. Muhamad Yamin No. 68, Kawatan, Solo. Bukanya mulai dari jam 06:00 hingga 15:00 WIB. Nasi asem-asem kikil dipatok Rp15.000 saja. Untuk pecelnya, Rp7.000 saja.

Dapoer Kikil Solo

Olahan kikil, via Instagram/pentolpedas_solo
Olahan kikil, via Instagram/pentolpedas_solo

Dapoer Kikil Solo merupakan salah satu tempat baru yang beroperasi pertengahan tahun 2018. Seperti namanya, tempat ini menyuguhkan beragam olahan kikil. Ada gulai kikil, asem-asem kikil, oseng kikil, dan lain-lain.

Alamatnya berada di foodcourt Lottemart, Bukanya mulai dari 10:00 hingga habis. Dan harganya, satu porsi Rp16.500, sudah termasuk nasi, lalapan, olahan kikil, dan juga kerupuk.

Teman Traveler, itulah rekomendasi tempat kikil di Solo. Asupan kikil tetap terpenuhi meski sedang berada di luar kota. Selamat mencoba.

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Tengah kikil di solo kuliner Solo Solo
Share