Kicikan Khas Gunungkidul, Kuliner Jadul yang Lezatnya Nggak Ngibul

Advertisement

Setiap jengkal jogja itu istimewa. Bukan hanya di pusat kota, tapi juga seantero Gunungkidul juga memesona. Di kawasan wisata ini terkenal dengan kuliner enak berupa  kicikan. Sekali kamu menikmatinya bisa bikin ketagihan. Sebenarnya apa sih yang membuat menu legendaris ini sangat spesial? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Olahan Sapi dan Kambing yang Lezat

Kicikan
Kicikan [image source]
Kicikan adalah hidangan yang bahan utamanya adalah daging. Bisa daging kambing atau sapi, tapi kebanyakan yang dijual adalah kicikan sapi. Kemudian ada juga tambahan lain dari sisa-sisa bagian hewan yang dipotong seperti paru, kulit, hingga babat. Semua bahan diolah dengan bumbu khas Gunungkidul sehingga tercipta rasa yang lezat.

Kicikan
Kicikan [image source]

2. Daun Kicik, Rahasia di Balik Kenikmatannya

Kicikan
Kicikan [image source]
Dinamakan begitu karena salah satu rahasia kelezatannya adalah daun kicik yang digunakan sebagai bumbu. Rasa gurih dan manis tetap dominan, tapi tidak bikin bosan. Sensasinya akan semakin nikmat jika disantap dengan nasi tiwul atau nasi liwet. Jangan lupa sambel bawangnya, ya!

Kicikan
Kicikan [image source]

3. Kuliner Jogja yang Terancam Punah

Kicikan
Kicikan [image source]
Saat ini, menemukan kicikan itu tidak mudah karena penjualnya sedikit. Dengan kata lain, kuliner jogja ini terancam punah. Jika ingin mencoba, kamu bisa datang ke pasar-pasar tradisional di Gunung Kidul. Biasanya satu porsi seharga Rp5.000 dibungkus dengan daun jati. Murah, enak dan tentu saja bikin kenyang.

Kicikan
Kicikan [image source]

4. Tidak Ada di Semabarang Tempat

Kicikan
Kicikan [image source]
Tidak semua pasar di Gunung Kidul memiliki penjual Kicikan. Hanya ada beberapa tempat yang menjualnya. Itupun tidak setiap hari karena pasar buka di waktu tertentu menurut penanggalan jawa. Contohnya Pasar Wage, Wonotoro dan Pasar Pahing Di Karangmojo. Datanglah sepagi mungkin, karena siang sedikit biasanya sudah habis.

Kicikan
Kicikan [image source]
Itulah Kicikan, kuliner Jogja yang nikmatnta tida tara. Jika kamu tidak sabar ingin mencoba, langsung saja datang ke pasar do Karangmojo, Gunungkidul.

Advertisement
Tags
Gunungkidul Indonesia Jogja Kicikan
Share