Ini Dia Beberapa Keuntungan Menginap di Hotel Tua, Mau Coba?

Melisa

Melisa

On Akomodasi

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat traveling adalah memilih tempat menginap. Pasti ada banyak  homestay, hostel, villa, hotel, hingga resort yang bisa kamu pilih sebagai tempat beristirahat. Dari yang murah meriah, hingga super mahal seperti hotel mewah pilihan Nikita Willy yang mencapai Rp46 juta per malam juga ada. Ada juga yang memilih untuk menginap di hotel klasik. Jauh dari seram, ini dia beberapa keuntungan menginap di hotel tua. Apa saja, ya?

1. Kamar Luas

Keuntungan menginap di Hotel Tua, Kamar luas
Keuntungan menginap di Hotel Tua, Kamar luas via Instagram/@tuguhotels

Tidak seperti tempat menginap baru yang kamarnya cenderung sempit, hotel yang cukup berumur biasanya menyediakan kamar-kamar dengan ukuran super luas. Tempat tidur besar, dilengkapi dengan sofa dan meja biasanya tersedia di kamar. Tak hanya itu, tak jarang hotel juga menyediakan meja rias kayu cantik untukmu berhias. Jika sedang berlibur bersama dengan keluarga, masih ada ruang kosong untuk menambah ekstra bed dan kamar tetap terlihat luas.

Kamar luas, kamar mandi vintage
Kamar luas, kamar mandi vintage via Instagram/@tuguhotels

2. Harga Murah Meriah

Harga Hotel Tua cenderung lebih murah dengan fasilitas mewah
Harga Hotel Tua cenderung lebih murah dengan fasilitas mewah via Instagram/@hotelmajapahitsby

Dengan banyaknya hotel-hotel baru, bahkan rumah penduduk yang menyewakan kamarnya lewat internet, tempat menginap yang sudah lama berdiri kebanyakan memberikan harga murah sebagai nilai lebih. Jadi, jangan heran jika kamu mendapatkan kamar super luas dengan harga yang sangat minimalis. Hanya saja, hati-hati memilih hotel tua. Pastikan mereka tetap merawat perabotan yang digunakan dengan baik. Kamu bisa mengeceknya lewat komentar para tamu yang menuliskannya di situs review hotel terpercaya.

Hotel tua, harga murah fasilitas mewah
Hotel tua, harga murah fasilitas mewah via Instagram/@hotelmajapahitsby

3. Staf Terlatih

Hotel Staf lebih berpengalaman
Hotel Staf lebih berpengalaman via Instagram/@design_architecture_network

Hotel yang sudah lama berdiri hendaknya tahu banget bagaimana cara melayani tamunya. Para pegawai di hotel lama mungkin terlihat lebih tua. Namun jangan sepelekan jam terbang. Mereka sudah memiliki bertahun-tahun pengalaman bagaimana melayani tamu yang baik. Bahkan ada yang sudah berdiri sejak jaman Belanda. Ditambah lagi, para koki di hotel tua biasanya menggunakan resep yang sudah turun temurun. Dijamin kelezatan setiap hidangan yang disajikan rasa nikmatnya terjaga sejak dulu kala.

Staf hotel lebih berpengalaman
Staf hotel lebih berpengalaman via Instagram/@spaongo.id

4. Lokasi Strategis

Hotel tua biasanya letaknya strategis
Hotel tua biasanya letaknya strategis via Instagram/@hotelmajapahitsby

Hotel tua biasanya sudah ada bahkan sebelum kota tersebut ramai, atau menjadi destinasi wisata seperti sekarang ini. Bukan dibangun di daerah seadanya, hotel lama memang dibangun di lokasi yang sangat strategis. Lihat saja letak Hotel Tugu Malang yang hanya berjarak jalan kaki dari Stasiun Kota. Ini merupakan salah satu keuntungan menginap di hotel tua. Kemana-mana pastinya jadi lebih mudah.

Letak strategis dari hotel tua
Letak strategis dari hotel tua via Instagram/@cepyavey

5. Cocok Untuk Pecinta Vintage

Cocok untuk pecinta vintage
Cocok untuk pecinta vintage via Instagram/@tuguhotels

Paling penting, kamu akan menemukan banyak banget perabotan klasik yang cantik. Hotel tua yang tetap menjaga kelestarian interiornya cocok banget untuk para pecinta gaya vintage. Kursi dan meja yang digunakan akan mengingatkanmu pada rumah nenek. Tempat tidur elegan dengan empat tiang, juga dilengkapi kelambu pun bisa menjadi tempat istirahatmu. Wah, bikin betah banget, nih.

Suasana klasik dan vintage di hotel tua
Suasana klasik dan vintage di hotel tua via Instagram/@andreknot

Masih menganggap hotel tua itu seram? Selain murah meriah, ternyata banyak juga ya keuntungan menginap di hotel tua. Bagaimana, berani mencoba?