Yeh Leh Bali, Surga Ciamik Tempat Bertemunya Sungai dan Pantai

Bali dikenal sebagai pulau dengan banyak pantai indah nan menarik. Namun selain Kuta, Pandawa, dan pantai-pantai terkenal lainnya, masih ada banyak titik yang jarang dieksplorasi dan menawarkan sensasi bak surga. Salah satunya adalah Pantai Yeh Leh yang ada di Jembrana.

Pantai satu ini kerap dipandang sebelah mata oleh para wisatawan karena letaknya ada di pinggir jalan raya. Namun jangan salah, Yeh Leh ternyata memiliki daya tarik unik yang membuatnya berbeda dari pantai kebanyakan di Pulau Dewata.

Pertemuan antara sungai dan pantai

Pantai Yeh Leh pertemukan sungai dan lautan via Instagram nickkaboo

Para pengunjung yang datang ke Pantai Yeh Leh akan mendapatkan dua keindahan sekaligus. Di sisi utara terdapat aliran sungai, sementara di sisi selatan menyuguhkan pemandangan hamparan pasir pantai yang indah.

Oleh karena itu sayang sekali jika sampai melewatkan eksotisme pantai yang ada di Desa Pengeragoan, Kecamatan Pekutatan ini. Letaknya sekitar 53 kilometer dari Denpasar, namun takkan sulit menemukannya karena Pantai Yeh Leh berada persis di pinggir jalan raya yang menghubungkan Denpasar dan Jembrana.

Patung Kerbau

Yeh Leh punya patung kerbau unik via Instagram faredwazza

Salah satu hal unik dari Pantai Yeh Leh adalah patung kerbau. Terdapat tiga patung kerbau sedang dipacu, yang melambangkan tradisi Makepung di Jembrana. Makepung sendiri adalah perlombaan balap kerbau yang diadakan antara bulan Juli dan Oktober untuk memperingati panen raya.

Bebatuan penanda nama Pantai Yeh Leh via Instagram ananta_lofetz

Tak jauh dari patung tiga kerbau tersebut, terdapat batu-batu besar yang sudah dihiasi tulisan bebentuk nama Yeh Leh. Dijamin takkan tersesat jika ingin mengunjungi pantai satu ini.

Pemandangan Matahari Terbenam

Pemandangan matahari terbenam di Pantai Yeh Leh via Instagram kadekaribawa16

Menikmati pemandangan matahari terbenam di pinggir pantai memang nikmat, namun atmosfer tersebut kadang bisa rusak jika terlalu banyak pengunjung. Untungnya, Pantai Yeh Leh termasuk sepi karena tidak banyak turis mengetahui lokasi ini. Memotret indahnya lembayung senja atau bersantai sambil menghabiskan sisa hari bakal terasa kian mengesankan di lokasi ini.

Indahnya panorama Yeh Leh saat matahari terbenam via Instagram ariewinaya

Di pinggir pantai terdapat banyak bebatuan sebagai objek foto menarik. Tak sedikit turis yang coba memadukan indahnya sinar mentari senja dengan gugusan batu tersebut untuk menghasilkan gambar mengagumkan. Jadi, jangan lupa siapkan perlengkapan memotret jika kebetulan berkunjung ke Pantai Yeh Leh.

Mulai dilirik para surfer

Pemandangan Pantai Yeh Leh kala senja via Instagram ismanz

Ombak yang ada di Pantai Yeh Leh memang terbilang cukup ganas. Tidak sampai membahayakan, namun jarang sekali ada pengunjung yang berani berenang di sini. Namun di sisi lain, hal tersebut justru menjadi potensi wisata menarik.

Menurut penuturan warga sekitar, gulungan ombak menantang di pantai ini mulai dilirik para surfer yang ingin menjajal kemampuan mereka. Bukan tak mungkin di masa mendatang lokasi ini akan menjadi jujukan para penunggang ombak. Apalagi Bali sudah sering menggelar beragam event surfing berskala Internasional.

Fasilitas lengkap

Formasi bebatuan di Pantai Yeh Leh via Instagram basadotravel

Pantai Yeh Leh sering dikunjungi oleh para pengendara yang ingin melepas penat sejenak usai menempuh perjalanan jauh. Pengunjung akan kian bertambah menjelang sore hari. Selain beristirahat, banyak juga yang menepi karena ingin melihat indahnya pemandangan matahari terbenam.

Hal ini dimanfaatkan penduduk sekitar untuk mendirikan beberapa warung makanan. Pengunjung yang ingin mengisi perut tak perlu khawatir bakal kelaparan. Selain itu sudah disediakan sejumlah tempat pengasoan (rest area) berupa kursi duduk melingkar dan sudah dilengkapi atap.

Itulah tadi beberapa hal menarik yang bisa ditemui di Pantai Yeh Leh. Bagi mereka yang tengah datang ke Bali dan ingin merasakan atmosfer surga pantai sepi pengunjung, lokasi satu ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Tags
Bali Wisata
Share