Unik! Tradisi Kurban di Negara Ini Beda Banget dengan Indonesia

Advertisement

Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain pula ikannya. Seperti itulah kata pepatah di negara kita untuk menjelaskan bagaimana adat dan budaya setiap daerah pasti berbeda. Di Indonesia, tradisi Hari Raya Idul Adha yang dinanti-nantikan adalah prosesi penyembelihan kambing yang dilakukan di sekitar masjid. Tapi, setiap negara tentu saja memiliki caranya sendiri untuk merayakan Hari Raya Idul Adha. Walaupun tujuannya tetap sama. Seperti apa ya prosesi dan budaya Hari Raya Idul Adha di negara-negara lain? Yuk kita intip!

Di Pakistan, Hewan Kurban Akan Dimandikan Sebelum Prosesi Berlangsung

Di pakistan hewan-hewan kurban juga dihias selain dimandikan [image source]
Di pakistan hewan-hewan kurban juga dihias selain dimandikan [image source]
Berbeda dengan di Indonesia yang langsung melaksanakan prosesi penyembelihan di sekitar masjid. Di Pakistan, hewan-hewan yang akan disembelih akan dimandikan terlebih dahulu. Tradisi ini dilakukan hanya semata-mata untuk menjaga kebersihan hewan yang akan disembelih. Keunikan lainnya adalah setelah dimandikan hewan-hewan ini akan diberikan perhiasan plastik seperti kalung dan gelang yang berwarna-warni.

Di Pakistan sapi-sapi ini juga dirias macam pengantin [image source]
Di Pakistan sapi-sapi ini juga dirias macam pengantin [image source]

Baqri-Eid di Turki

Festival sapi di Turki [image source]
Festival sapi di Turki [image source]
Baqri Eid dalam bahasa Indonesia memiliki arti Festival Sapi. Ini adalah sebuah tradisi masyarakat Turki dalam merayakan Idul Adha. Walaupun memiliki nama Festival Sapi, hewan yang dikurbankan juga tetap meliputi domba dan kambing. Hari libur nasional pun juga diadakan selama empat hari penuh ketika Idul Adha tiba. Jika di negara kita hanya membagikan daging mentah kepada yang membutuhkan, hal yang berbeda akan kamu temui di Turki. Biasanya warga tidak hanya membagikan daging mentah saja, tapi juga membagikan berbagai macam masakan lezat khas Timur Tengah yang berbahan dasar dari daging hewan yang dikurbankan.

Warga Biasanya membawa sapi berkeliling pemukiman terlebih dahulu [image source]
Sapi yang akan dikurbankan diajak keliling pemukiman [image source]

Empat Hari Libur dan Pasar Dadakan di Tiongkok

Pasar dadakan di China
Pasar dadakan di Tiongkok [image source]
Perayaan Idul Adha di negara ini hampir sama dengan di Turki, memiliki libur penuh selama empat hari. Tapi yang membedakan Tiongkok dengan Turki adalah pasar dadakan. Kegiatan ini berlangsung selama empat hari penuh. Di hari tersebut menjadi hari libur nasional untuk merayakan Idul Adha. Dalam pasar dadakan ini menjual segala hal yang terkait dengan Idul Adha. Bahkan beberapa kegiatan seperti bertukar bingkisan dan makanan juga menjadi hal yang umum ketika Idul Adha tiba.

Pedagang kambing sedang mempersiapkan kambing yang akan diperjual-belikan [image source]
Pedagang kambing sedang mempersiapkan kambing yang akan diperjual-belikan [image source]

Di Arab Saudi, Unta yang Jadi Hewan Kurban

Di Arab Saudi unta menjadi hewan mayoritas yang digunakan untuk kurban [image source]
Di Arab Saudi unta menjadi hewan mayoritas yang digunakan untuk kurban [image source]
Berbeda dengan negara-negara lain yang menggunakan sapi dan kambing sebagai hewan kurban yang utama. Di negeri yang kaya akan minyak ini, unta menjadi hewan yang paling popular untuk dikurbankan. Tapi bukan berarti sapi dan domba tidak menjadi hewan kurban, hanya saja jumlahnya tidak sebanyak unta. Bahkan kerajaan Arab Saudi menyumbangkan unta yang telah disembelih tersebut tidak hanya untuk masyarakat Arab Saudi, tapi juga ke beberapa negara miskin di sekitarnya.

Unta yang akan disembelih juga dihias buklunya [image source]
Unta yang akan disembelih juga dihias bulunya [image source]

Cara Kurban yang Berbeda di Amerika Serikat

Peternakan sapi di USA [image source]
Peternakan sapi di USA [image source]
Karena populasi umat muslim adalah minoritas di Negeri Paman Sam, maka cara perayaannya pun juga sangat berbeda. Prosesi penyembelihan hewan tidak dilangsungkan di masjid atau pemukiman muslim yang ada di Amerika Serikat. Biasanya proses penyembelihan hewan kurban dilakukan di tempat-tempat pemotongan hewan. Baru setelah itu, daging yang telah dipotong akan dibagikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Hal ini juga dilakukan guna menghindari anggapan sadis terhadap hewan, karena di Amerika Serikat banyak sekali aktivis yang sangat kontra terhadap animal slaughter.

Prosesi sholat Idul Adha di USA [image source]
Prosesi sholat Idul Adha di USA [image source]
Membicarakan perbedaan budaya memang sangat seru sekali dan tidak ada habisnya. Setiap negara memiliki cara tersendiri untuk merayakan Idul Adha meskipun tujuannya sama.

Advertisement
Tags
Amerika Serikat Arab Idul Adha Luar negeri Tiongkok tradisi Turki
Share