4 Ketupat Kandangan di Banjarmasin, Citarasa Gurih Berlemak Nan Enak

Banjarmasin punya sederet kuliner khas yang lezat. Selain soto banjar dan nasi kuningnya yang populer, ada Ketupat Kandangan di Banjarmasin dengan citarasa memikat. Perpaduan ketupat dan ikan asap kuah dijamin bakal bikin nafsu makan tumpah-tumpah.

Untungnya, tak sulit menemukan ketupat kandangan di Banjarmasin. Jika Teman Traveler penasaran ingin mencoba, inilah beberapa tempat yang wajib kalian kunjungi saat menjelajah Kota Seribu Sungai.

Ketupat Kandangan Hj. Mursinah

Ketupat Kandangan Ibu Mursinah, via Instagram/sasmitaedo
Ketupat Kandangan Ibu Mursinah, via Instagram/sasmitaedo

Ketupat Kandangan Ibu Hj. Mursinah merupakan salah satu yang melegenda di Banjarmasin. Tempat ini telah dirintis sejak tahun 1965. Penggagasnya tak lain adalah Hj. Mursinah yang awalnya berjualan ketupat bersama dengan mertuanya, sebelum kemudian memutuskan berdagang mandiri.

Citarasa dan tampilan ketupat di sini begitu menggugah selera, Teman Traveler bakal dibuat kekenyangan sekaligus kegirangan saat mencobanya. Ketupat Kandangan Hj. Mursinah bisa kalian kunjungi di Jl. Cendrawasaih RT/RW: 29/7, Banjarmasin.

Warung Kaum

Warung Kaum, via Instagram/apingwijaya5677
Warung Kaum, via Instagram/apingwijaya5677

Lokasi lain yang bisa Teman Traveler datangi untuk menyantap ketupat kandangan adalah Warung Kaum. Alamatnya berada di Jl. Bumi Mas Raya Komp, Sasana Santi, Banjarmasin. Menu andalan di sini adalah ketupat kandangan dengan kuah melimpah, plus rasa gurih yang bikin ketagihan.

Tempatnya memang sederhana, namun citarasa ketupat kandangan di sini bisa memuaskan perut yang tengah kelaparan. Cobalah sensasi berbeda menikmati seporsi ketupat yang diremas, dimasukkan dalam kuah santan, dan dimakan menggunakan tangan. Wajib Teman Traveler coba jika berkunjung ke Banjarmasin.

Ketupat Kandangan Ibu Ida

Ketupat Kandangan Ibu Ida, via Instagram/debbieyuliandewi
Ketupat Kandangan Ibu Ida, via Instagram/debbieyuliandewi

Ketupat Kandangan Ibu Ida juga termasuk kuliner legendaris di Banjarmasin. Tempat makan ini telah ada sejak tahun 1995. Lokasinya berada di Jl. Kampung Melayu Darat. Warga sekitar biasa memilih warung ini sebagai jujukan untuk sarapan pagi, karena rasa ketupatnya benar-benar gurih dan nendang.

Ketupat disiram kuah santan, sebelum dihidangkan bersama dengan telur puyuh ataupun ayam kampung, dijamin bakal hasilkan sensasi rasa berbeda. Ditambah sambal, sensasi kelezatannya bakal makin menonkol. Lokasi santap ketupat kandangan ini buka mulai dari 06:00 hingga 10:00 WITA dan kemudian buka kembali pada 18:00 sampai dengan 21:00 WITA.

Depot Dinda

Depot Dinda, via Instagram/sasmitaedo
Depot Dinda, via Instagram/sasmitaedo

Depot Dinda juga menawarkan ketupat kandangan sebagai salah satu menunya. Kuliner ini termasuk salah satu yang cukup recommended. Alamatnya berada di Jl Gunungsari Raya No. 7, samping Koramil, Banjarmasin Tengah. Mereka buka mulai dari 07:00 hingga 15:00 WITA. Teman Traveler dijamin tak bakal kecewa dengan citarasa otentik ketupat kandangan di sini.

Itulah tempat-tempat yang bisa Teman Traveler tuju jika ingin mencicipi ketupat kandangan, salah satu kuliner populer Banjarmasin. Pantang dilewatkan juga bagi kalian yang hobi makan ketupat sayur, jangan sampai melewatkan hidangan satu ini.

Tags
ketupat kandangan ketupat kandangan di banjarmasin kuliner banjarmasin
Share