Ketep Pass Magelang, Rumahnya Gunung Merapi dengan Sejuta Keindahan

Merapi merupakan salah satu gunung yang menjadi idaman bagi para pendaki. Siapapun yang berdiri di puncak, merasa bangga sudah menaklukkan gunung eksotisnya. Di balik itu, Merapi juga menarik karena kisah mistisnya dan sejarahnya. Tak harus mendaki, Teman Traveler bisa menengok lebih dekat gunung ini lewat Ketep Pass Magelang.

Seperti apa isi dari rumahnya Gunung Merapi ini? Yuk, simak cerita lengkap dari Kontributor Travelingyuk, Rizky Nusantara berikut ini.

Rumah Istimewanya Gunung Cantik di Jawa Tengah

Ketep Pass disebut rumahnya Gunung Merapi karena memiliki berbagai macam informasi tentang gunung cantik ini. Dikupas secara lengkap dan tidak ada yang disembunyikan sedikit pun. Fasilitas yang disediakan banyak, seperti Museum Vulkanologi dengan miniatur Gunung Merapi di tengahnya. Miniatur ini berdiri begitu megah dengan titik-titik daerah yang diberi lampu. Di miniatur ini pula, pengunjung dapat mengetahui tumpahan lahar ketika Gunung Merapi meletus. Keren kan?

Miniatur Gunung Merapi
Miniatur Gunung Merapi (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Mau lihat bagaimana sejarah meletusnya Merapi? Mulai dari letusan paling dahsyat hingga yang biasa. Pengunjung di sini pula Teman Traveler bisa melihat filmnya di bioskop mini yang sudah disiapkan oleh pihak pengelola. Dalam film tersebut, berisikan laporan penelitian tentang puncak garuda, jalur pendakian dan banyak lainnya. Durasinya sekitar 25 menit dengan informasi super lengkap.

Meneropong Keindahan Gunung Merapi dari Magelang

Ketep Pass Magelang yang berada di Jalan Ketep, Sawangan, Magelang ini juga memiliki fasilitas berupa teropong. Alat ini dapat dimanfaatkan untuk melihat keindahan Gunung Merapi. Selain itu, teropong ini juga bisa dijadikan jembatan untuk melihat gunung Merbabu dan jajaran gunung lain lebih dekat.

Gunung Merapi
Gunung Merapi (c)Rizky Nusantara/Travelingyuk

Titik tertinggi di Ketep Pass juga tak bisa dilewatkan. Titik ini dinamakan Puncak Pancaarga. Di titip ini pula, Teman Traveler dapat menikmati pemandangan 5 gunung sekaligus. Ada Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, dan Slamet. Keindahan deretan gunung ini pun sangat mempesona mata. Dijamin, bakalan betah lama-lama di sini.

Fasilitas Lengkap Ketep Pass

Lapar melanda saat berkunjung ke sini? Jangan khawatir, Ketep Pass menyediakan restoran dengan aneka makanan lezat. Sayangnya, letak restoran berada di dalam ruangan. Jika dibuat dengan sentuhan semi outdoor, pasti bakalan makin bersahabat dengan pengunjung. Tak perlu khawatir, rasa menu di sini enak-enak.

Puncak Garuda
Puncak Garuda (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Fasilitas terakhir dari Ketep Pass adalah gardu pandang. Dari sini, pengunjung dapat melihat kaki gunung serta pemandangan lahan persawahan hijau. Udara di sini juga menyegarkan. Pastinya, Teman Traveler bakal berdecak kagum saat sampai di sini.

Cara Menuju Lokasi

Ketep Pass berada di jalur utama Solo – Selo – Borobudur. Kurang lebih 30 km dari Borobudur, 35 Km dari pusat kota Magelang dan 30 Km dari Boyolali. Cara menuju ke destinasi wisata ini sangatlah mudah, karena letaknya berada di jalur utama menuju Borobudur dari arah Boyolali. Penunjuk arahnya juga banyak.

Ketep Pass
Ketep Pass (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Harga tiket masuknya cukup terjangkau, yaitu Rp7.500 per orang. Selain fasilitasnya banyak, tempat ini juga memiliki banyak keunikan yang bikin betah. Apalagi ketika membicarakan keindahan alamnya.

Kota dengan pesona Borobudur ini memang tak ada habisnya, ya. Bagaimana, tertarik untuk menikmati keindahan Gunung Merapi dari Ketep Pass Magelang?

Tags
Indonesia Jawa Tengah Ketep Pass Magelang Travelingyuk wisata magelang
Share