Tak Cuma Watersport, Gili Air Bisa Tawarkan Sejumlah Keseruan Ini

Dalam beberapa tahun belakangan, popularitas Lombok sebagai tempat wisata seolah hampir menyamai tetangganya, Bali. Wisatawan asing maupun lokal sering sekali mengunjungi tiga gili atau pulau yang ada di sana. Salah satunya Gili Air.

Selama ini Gili Air identik sebagai lokasi untuk melakukan watersport alias olahraga air. Namun demikian, ternyata tempat tersebut masih menawarkan banyak keseruan lain. Apa saja? Simak penjelasan kontributor Travelingyuk, Prisca Lohuis, berikut ini.

Watersport di Gili Air

Pemandangan di Gili Air (c) Prisca Lohuis /Travelingyuk
Pemandangan di Gili Air (c) Prisca Lohuis /Travelingyuk

Di Lombok terdapat tiga gili atau pulau yang sangat terkenal hingga mancanegara dan ramai dikunjungi. Gili yang paling padat adalah Trawangan atau sering disebut Gili T. Sementara Gili Air relatif sepi dan atmosfernya lebih tenang. Terakhir, ada Gili Meno yang tak kalah sunyinya.

Tiga Gili tersebut memiliki pemandangan bawah laut yang sangat indah untuk dieksplor. Mulai dari ikan-ikan kecil berwarna-warni, hingga kura-kura besar yang sulit sekali ditemui. Selain snorkeling, olahraga laut lain yang bisa dilakukan adalah diving. Banyak jasa kursus singkat ditawarkan, hingga kesempatan menyelam bersama hiu dan hewan laut berbahaya lainnya.

Bersepeda Keliling Pulau

Ilustrasi bersepeda keliling pulau
Ilustrasi bersepeda keliling pulau via Instagram kiyoko.kashiwaba

Bagi yang sudah bosan bermain di air, sebenarnya ada beberapa hal menarik yang bisa dilakukan di sekitar Gili Air. Salah satunya adalah bersepeda keliling pulau.

Cuma butuh waktu kira-kira lima jam untuk mengelilingi Gili Air dengan bersepeda. Bisa jadi selama perjalanan ada sejumlah hal unik yang ditemui. Apalagi di kawasan ini tak ada kendaraan bermotor, otomatis mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas.

Selain itu para penduduk asli juga ramah dan murah senyum, mereka akan senang membantu andai ada yang tersesat.

Kursus Memasak

Gili cooking class (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk
Gili cooking class (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk

Mungkin hal ini kurang menarik bagi orang Indonesia, karena kebanyakan psertanya adalah warga asing yang penasaran dengan cara membuat masakan lokal. Tapi tak ada salahnya juga untuk mencoba.

Masakan Indonesia (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk
Masakan Indonesia (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk

Kursus yang ditawarkan berkisar mulai dari kuliner nasional hingga sajian khas Lombok seperti Ayam Taliwang. Hasil masakannya bisa langsung dicicipi saat itu juga.

Membaca Buku di Pantai

Ilustrasi baca buku di pantai
Ilustrasi baca buku di pantai via Instagram k8linrose

Adakah yang lebih mengasyikkan selain membaca di pantai? Selain memberi asupan gizi untuk otak dan jiwa, menikmati literatur sembari medengar deburan ombak di pesisir akan menjadi pengalaman unik tak terlupakan.

Mencicipi Seafood

Gnocchi (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk
Gnocchi (c) Prisca Lohuis/Travelingyuk

Tidak ada makanan yang lebih pas dimakan ketika di pulau selain seafood. Banyak restoran pinggir pantai menawarkan hidangan khas laut yang diolah dengan bermacam cara. Mulai dari ala Indonesia hingga internasional. Sayangnya seafood di Gili Air termasuk mahal, terutama untuk ikan berukuran besar seperti lobster.

Itulah tadi sejumlah keseruan selain watersport yang bisa dilakukan selama berwisata di Gili Air. Bagimana, tak harus selalu berkecimpung di air kan untuk menikmati liburan di Lombok?

Tags
Gili Air Lombok Wisata
Share