Kerupuk Banjur, Kuliner Ramadan Jawa Barat yang Selalu Dicari-cari

Setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner khas masing-masing. Saat puasa seperti ini, Teman Traveler akan menemukan beragam makanan yang hanya muncul pada bulan Ramadan. Bagi yang berada di wilayah Jawa Barat, mungkin tidak asing dengan yang namanya Kerupuk Banjur. Salah satu camilan tradisional yang paling ditunggu-tunggu. Yuk kenali lebih dalam!

Camilan dengan Kuah Pedas

Kerupuk Mie Banjur
Kerupuk Mie Banjur, via Instagram/cemilan_siabah

Kerupuk Banjur atau dalam bahasa Indonesianya kerupuk siram termasuk salah satu kuliner jadul masyarakat Sunda yang hampir terlupakan bahkan asing di telinga anak muda zaman sekarang.

Camilan ini terdiri dari kerupuk aci yang dicampur bumbu, lalu disiram dengan kuah oncom. Kerupuk yang digunakan pun terdiri dari dua jenis yakni kerupuk berwarna merah dengan ukuran cukup besar dan satunya lagi berwarna kuning yang bentuknya menyerupai mie.

Kuliner Jadul yang Hampir Terlupakan

Kuliner yang hampir terlupakan
Kuliner yang hampir terlupakan, via Instagram/yudophotograp

Sayangnya, banyaknya kuliner kekinian yang bermunculan serta kehadirannya yang jarang yakni hanya satu kali dalam setahun terutama di bulan Ramadan membuat Kerupuk Banjur hampir terlupakan.

Walau begitu, cita rasa dari camilan ini masih memiliki ruang spesial di hati sebagian orang. Salah satu yang menjadi ciri khas yakni kuah oncom dengan rasanya yang gurih dan pedas. Walau sudah lembek karena disiram oleh kuah, hidangan ini masih diminati dan dijadikan sebagai menu berbuka puasa.

Banyak Dijumpai di Pasar Takjil

Dijual di Pasar Takjil
Dijual di Pasar Takjil, via Instagram/avilablelicious

Tak terlalu sulit untuk menemukan hidangan Kerupuk Banjur di bulan puasa karena Teman Traveler bisa dengan mudah menjumpainya di sejumlah pasar Takjil. Bagi yang sedang berada di kota Bandung, beberapa pasar Ramadan yang dapat dikunjungi yakni kawasan Pusdai (Pusat Dakwah Islam), Pasar Simpang Dago, sekitar UIN Bandung, dan masih banyak lagi.

Restoran dan Kafe yang Menjualnya

Kerupuk Banjur di Warung Talaga
Kerupuk Banjur di Warung Talaga, via Instagram/food.distrik

Tetapi jangan kecewa, ternyata Teman Traveler masih bisa kok menikmati sajian klasik ini di beberapa kafe dan restoran di Bandung. Tempat-tempat tersebut seperti Warung Talaga, De Tuik Cafe, dan Rumah Mode. Sebagian restoran telah memodifikasinya dengan bumbu kacang dan pecel. Namun nggak perlu merasa kecewa karena rasanya tetap lezat kok.

Itulah perkenalan singkat mengenai Kerupuk Banjur yang hampir punah. Berminat untuk mencobanya?

Tags
Indonesia kerupuk banjar kuliner
Share