Naik Kereta Jakarta-Bandung Cuma 14 Ribu? Begini Caranya

Intan Deviana

Intan Deviana

On Indonesia
Gerbong Walahar Ekspress Gerbong Walahar Ekspress

Teman Traveler pasti sudah tak asing dengan Kereta Argo Parahyangan. Melayani rute Gambir-Bandung PP, sarana ini jadi idola para penumpang yang punya mobilitas tinggi antara Jakarta dan Bandung. Harga tiket kereta Jakarta-Bandung cukup terjangkau, Rp110.000 untuk kelas ekonomi dan Rp150.000 untuk eksekutif.

Nyaman dan harga terjangkau menjadi alasan mengapa kereta Jakarta Bandung ini mempunyai banyak penggemar.

Stasiun Bandung via Instagram.com/ediedoi

Namun, tahukah Teman Traveler bahwa ternyata ada cara lebih murah untuk bepergian Jakarta-Bandung menggunakan kereta? Kalian bahkan hanya perlu mengeluarkan kocek Rp14.000. Murah banget bukan? Penasaran? Yuk, simak caranya berikut ini.

Naik Walahar Ekspress dari Jakarta

Kereta api lokal Walahar Ekspres (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Pertama-tama, Teman Traveler perlu menuju ke Stasiun Tanjung Priuk untuk menumpang Kereta Walahar Ekspres. Jika dirasa terlalu jauh, kalian bisa juga naik dari Stasiun Kemayoran karena kereta ini juga akan mampir di sana.

Walahar Ekspress sendiri merupakan kereta api lokal yang melayani relasi Stasiun Tanjung Priuk-Stasiun Purwakarta PP. Jadi sebelum sampai di Bandung, Teman Traveler akan transit dulu di Purwakarta.

Tiket Walahar Ekspress hanya dibandrol Rp6.000. Jadwal keberangkatan dari Stasiun Tanjung Priuk adalah pukul 09.55.

Pemesanan Tiket Walahar Ekspres

Pesan tiket Walahar Ekspres lewat KAI Access (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Teman Traveler bisa memesan tiket Walahar Ekspress maksimal seminggu sebelum keberangkatan. Kalian bisa membelinya langsung di loket stasiun yang dilewati kereta atau memesan lewat aplikasi KAI Access

Menumpang Kereta Cibatuan dari Purwakarta

Tiba di stasiun Purwakarta (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Kereta Walahar Ekspress akan tiba di Stasiun Purwarkarta sekitar pukul 12.33. Berikutnya Teman Traveler harus memesan tiket kereta lokal Cibatuan, yang melayani relasi Cibatu-Purwakarta PP. Kereta ini biasanya berangkat pukul 16.00 dan akan sampai di Bandung sekitar pukul 18.21.

Pemesanan Tiket Kereta Cibatuan

Pesan tiket kereta Cibatuan lewat KAI Access (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Berbeda dengan tiket Walahar Ekspres yang bisa dipesan hingga H-7 keberangkatan, tiket kereta Cibatuan hanya bisa dipesan dengan sistem go show. Artinya Teman Traveler hanya bisa membeli tiket untuk perjalanan hari itu saja. Tapi asyiknya, tarif tiket menuju Bandung dibandrol seharga Rp8.000 saja.

Dengan demikian, Teman Traveler hanya perlu mengeluarkan biaya total Rp14.000 untuk perjalanan Jakarta-Bandung. Jauh lebih murah dibanding tarif terendah Argo Parahyangan, yang bisa mencapai Rp110.000. Memang perjalanan akan memakan waktu lebih lama, namun kalian bakal mendapat pengalaman dan sensasi berbeda.

Bagaimana Teman Traveler, kira-kira tertarik tidak untuk mencoba?