Ragam Kereta Api Wisata Mewah di Indonesia, Ada yang Mencapai 30 Juta!

Advertisement

Bisa dikatakan bahwa kereta api merupakan trasnportasi andalan bagi masyarakat Indonesia. Tidak hanya kelas ekonomi, eksekutif atau kereta api semewah pesawat. Ternyata PT KAI juga memiliki kereta api wisata. Kereta ini pun bisa disewa per gerbongnya. Bisa dibilang kereta api wisata ini dutujukan untuk masyarakat kelas atas, karena untuk menyewa gerbongnya dengan harga belasan hingga puluhan juta. Travelingyuk akan memberikan informasi singkat bagi Teman Traveler jika penasaran dengan kehebatannya.

Tema Yang Berbeda-Beda

Gerbong tema nusantara
Gerbong tema nusantara Via Instagram/kamandanu_cbr

Kereta api wisata ini memiliki berbagai jenis gerbong dengan tema yang berbeda. Setiap tema memiliki keunikan masing-masing dan juga fasilitas yang berbeda pula. Beberapa kereta di antaranya adalah kereta Bali, Nusantara, Toraja, Jawa, Sumatera, Imperal, dan juga Priority. Interior setiap gerbong berbeda dengan yang lainnya. Contohnya saja pada kereta Bali yang interiornya bernuansa Bali. Kemudian ditambahkan dengan lukisan Pulau Dewata yang cantik. Kemudian ada kereta nusantara yang interiornya dihiasi dengan pernak-pernik unik, kerajinan dari berbagai daerah di Indonesia.

Harga yang Fantastis

Harga yang fantastis
Harga yang fantastis Via Instagram/fajarnursuhendraa_

Untuk harga bisa dibilang ini cukup menguras kantong. Misalnya saja, kereta berangkat dari Gambir menuju Kota Malang di hari biasa, bisa dikenakan biaya sebesar Rp30 juta, sedang akhir pekan dipatok sebesar Rp32 juta. Selain itu dari Gambir ke Semarang dipasang harga sebesar Rp24 juta dan Rp26 juta di akhir pekan. Wah, cukup mahal ya.

Fasilitas Gerbong

Fasilitas gerbong kereta priority
Fasilitas gerbong kereta priority Via Instagram/kawisata

Seperti yang telah dijelaskan di atas, setiap gerbong memiliki tema dan fasilitas yang berbeda-beda. Namun secara garis besar, satu gerbongnya terdapat beberapa jumlah tempat duduk seperti di kereta Bali berjumlah 6 bangku dan kelas priorty berjumlah 28 bangku. Selain itu terdapat ruang utama untuk berkumpul bersama keluarga yang dilengkapi dengan mini bar, bagasi, karaoke, pantri, kamar tidur, pendingin ruangan, dan lain-lain. Dijamin jika Teman Traveler mencoba menaiki kereta ini, liburannya akan semakin nyaman.

Pernah Dipakai Presiden

Kereta api wisata Jawa yang pernah dipakai presiden Jokowi
Kereta api wisata Jawa yang pernah dipakai presiden Jokowi Via Instagram/adhitya_52

Presiden Indonesia yaitu Jokowi juga pernah menggunakan kereta api wisata ini untuk berkunjung ke Sukabumi, Jawa Barat. Pada awalnya, kereta api wisatanya ini hanya diperuntukkan untuk presiden, namun sekarang sudah bisa dinikmati masyarakat umum. Untuk biaya yang dikeluarkan tergantung tujuan yang dipilih.

Itu tadi sekedar informasi mengenai kereta api wisata yang ada di Indonesia. Jika Teman Traveler ingin mencoba jangan lupa untuk menyiapkan budgetnya, ya. Bagaimana, tertarik?

Advertisement
Tags
Akomodasi Indonesia Kereta api Kereta Api Wisata Mewah
Share