Saingi Maldives, Ini Pesona Kepulauan Widi

Siapa yang belum tahu Kepulauan Widi? Surga indah yang berlokasi di Kecamatan Gane Timur, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara ini seperti menyimpan pesonanya yang memukau. Konon kecantikannya jauh melebihi Kepulauan Maldives, loh! Simak liputannya berikut!

Terdiri dari ratusan pulau

inshot_20191012_133841811_compress53_1__Wec.jpg
Deretan pulau-pulau kecil dan laguna atol Pulau Daga Weda (c) Hamid Ode/Travelingyuk

Kepulauan Widi merupakan 2 atol besar yang terdiri dari 104 pulau kecil. Dua atol tersebut diberi nama Daga Weda dan Daga Widi.

Dari ratusan pulau yang ada, hanya satu yang berpenghuni, yaitu Pulau Daga Kecil. Ada sekitar 15 kepala keluarga yang bermukim di pulau ini, namun hanya satu yang benar-benar menetap di sini. Sisanya hanya datang ketika memancing atau membuat ikan asin.

Pengalaman Pribadi yang Memukau

dji_0498_1__I8r.JPG
Deretan pulau-pulau kecil dan laguna atol Pulau Daga Weda (c) Hamid Ode/Travelingyuk

Keindahan Kepulauan Widi sendiri belum diketahui para traveler. Bahkan saya pribadi yang merupakan putra daerah Halmahera Selatan baru mengetahui tentang keindahan pulau ini pada tahun 2013.

Saat saya mengunjungi pulau ini untuk pertama kalinya pada tahun 2017, mata saya dibuat takjub dengan pemandangan deretan pulau yang terbentang di sepanjang lautan yang berwarna biru tosca. Serasa seperti surga yang turun ke permukaan bumi!

Bisa Snorkeling dan Diving Sepuasnya

ai_doangsaja_1__Jx3.jpg
Underwater Kepulauan Widi (c) Hamid Ode/Travelingyuk

Karena terdiri dari 2 buah atol besar, kepulauan ini menyimpan keindahan bawah laut yang luar biasa indahnya. Cocok bagi para pecinta kegiatan snorkeling dan divers.

Selain itu, keindahan aneka jenis karang dan ikan yang lalu lalang di bawah laut akan semakin menambah semarak kehidupan dasar laut.

Bagus buat Hoping Island

dji_0494_1__ZqL.JPG
Salah satu pulau yang ada di Kepulauan Widi (c) Hamid Ode/Travelingyuk

Selain melakukan aktivitas snorkeling dan diving, para wisatawan juga dapat menikmati keindahan rangkaian pulau kecil. Tercatat ada 104 pulau yang dapat dijelajahi, apalagi saat air laut surut, kalian bisa berjalan-jalan di sekitarnya. Bisa dibuat berfoto instagramable juga, loh!

Mau memancing ikan? Bisa juga!

inshot_20191012_141848057_compress4_1__pod.jpg
Hasil mancing Nelayan Kepulauan Widi (c) Hamid Ode

Kawasan ini adalah surga bagi para nelayan. Jelas saja karena potensi hasil ikan di sini sangatlah besar dan berlimpah. Kalian juga boleh ikut memancing, loh! Tinggal bilang saja pada nelayan di sekitar pantai, Teman Traveler bakal diajarkan cara menangkap ikan yang baik dan benar.

inshot_20191012_141915295_compress50_1__rSy.jpg
Menu makanan utama saat berada di Kepulauan Widi (c) Hamid Ode/Travelingyuk

Kalian bisa langsung memakan ikan segar tersebut atau langsung membelinya dari warga sekitar. Di sini sendiri dijual beraneka makanan laut, mulai dari ikan bumbu, ikan asin, aneka kerang, hingga kepiting dengan harga mulai Rp15.000/kilogram.

Untuk air minumnya sendiri, Teman Traveler bisa mengambil langsung atau membeli air kelapa muda seharga Rp5.000.

Beristirahat Di Hamparan Pulau

inshot_20191012_134116313_compress22_1__0wc.jpg
Dermaga Pulau Daga Kecil, Kepulauan Widi (c) Hamid Ode/Travelingyuk

Jika capek, Teman Traveler bisa beristirahat di rumah-rumah warga atau membangun tenda di sekitar pantai. Kalian juga diperbolehkan untuk menginap, loh! Biasanya setelah selesai beristirahat atau menginap, para wisatawan akan memberikan uang secukupnya kepada warga yang diinapi.

Gimana sih caranya ke Kepulauan Widi?

inshot_20191012_134022633_compress31_1__KCi.jpg
Berfoto di pasir timbul Kepulauan Widi (c) Hamid Ode/Travelingyuk

Untuk menuju Kepulauan Widi, Teman Traveler harus menuju Kota Ternate terlebih dahulu. Dari sini, kalian berangkat menggunakan kapal menuju Pulau Bacan dengan harga tiket sekitar Rp130.000 per orang. Lama perjalanan sekitar 7 sampai 8 jam.

Kalian juga bisa menggunakan pesawat kecil menuju Pulau Bacan dengan harga tiket antara Rp350.000-Rp450.000. Lama perjalanan sekitar 1 jam.

Dari Pulau Bacan, Teman Traveler bisa menyewa kapal menuju Kepulauan Widi dengan harga bervariasi mulai dari Rp5.000.000. Lama perjalanan sekitar 5-7 jam.

Demikian ulasan mengenai kepulauan cantik ini. Tertarik mengunjunginya?

Tags
kepulauan widi kontributor Maluku Maluku Utara Travelingyuk
Share