Pulau Cantik di Kepulauan Spermonde, Ada yang jadi Spot Diving Terindah

Tak jauh dari Makassar terdapat gugusan pulau yang banyak menarik perhatian para wisatawan. Namanya adalah Kepulauan Spermonde. Di sana terdapat 55 pulau dengan pesonanya masing-masing. Jadi, apa saja pulau yang ada di sana? Simak ulasan di bawah ini. 

Pulau Kapoposang, Spot Diving Terbaik di Makassar

Kepulauan Spermonde
Pulau Kapoposang via Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Kapoposang berlokasi di Kecamatan Liukang Tuppabiring, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Pulau tersebut masih dalam kawasan wilayah Kepulauan Spermonde Pangkep, atau sekitar 70 kilometer dari pusat Kota Makassar. Meskipun nama Kapoposang tidak setenar wisata lainnya yang berada di Sulsel, tapi kawasan ini menyuguhkan panorama alam bawah laut dan menjadi spot diving juga snorkeling paling menarik di Sulsel. Itu karena keindahan biota laut di dalamnya masih terjaga kealamiannya.

Ada beberapa spot menyelam di sini, seperti Shark Point, Tanjung Point hingga Aquarium Point yang di dalamnya Teman Traveler bisa bermain dengan ikan-ikan, hiu misalnya. Terdapat juga penangkaran penyu yang merupakan salah satu spesies langka di dunia.  

Pulau Samalona yang Menyimpan Bangkai Kapal

Kepulauan Spermonde
Pulau Samalona via instagram/sucinto_asen

Samalona merupakan pulau kecil di Kepulauan Spermonde, namun memiliki pesona yang tak bisa diragukan. Daya tariknya adalah panorama bawah lautnya yang sangat indah. Jadi, Teman Traveler bisa melakukan aktivitas dalam air seperti snorkeling atau diving. 

Selain itu, pulau ini juga menyimpan beberapa peninggalan kapal dari Perang Dunia II. Setidaknya ada tujuh kapal tenggelam di daerah pulau. Di antaranya adalah Kapal Maru, Kapal Lancaster Bomber dan Kapal Kargo Hakko Maru. Saat ini, kapal-kapal tersebut telah berubah menjadi karang. Hal inilah yang membuat para wisatawan tertarik untuk berenang di antara bangkai kapal tersebut. 

Pulau Lae-lae, Tawarkan Panorama Sunset yang Menawan

Pulau Lae-lae via instagram/rian_parjul

Pulau yang terletak di sisi barat kota Makassar ini menjadi salah satu tempat untuk melakukan snorkeling. Dengan lautnya yang biru dan tidak dalam serta jarangnya bulu babi di sekitar pantai, Pulau Lae-lae sangat cocok untuk Teman Traveler yang hobi berenang di laut atau sekedar mandi-mandi. Kalau cuaca sedang cerah, maka perpaduan antara pantai dan awan-awan putih yang ada di langit menjadi sebuah pemandangan yang sangat cantik.

Pulau Lae-lae juga terkenal memiliki pemandangan sunset yang menawan. Sangat cocok untuk dijadikan tempat berlibur dan bersantai. Suasananya yang hening juga pas dijadikan sebagai tempat escape dari hiruk pikuk kota.

Pulau Kodingareng Keke, Bunaken Mini di Makassar

Pulau Kondingareng Keke via instagram/snowbearflakes

Pulau yang tidak berpenghuni ini sebetulnya sudah lama diketahui sebagai salah satu serpihan surga yang indah di Makassar, Sulawesi Selatan. Kemudian, seiring dengan perkembangan zaman, pulau ini mulai terkenal, baik di dalam negeri sendiri sampai mancanegara.

Oleh karena itu, tidak heran kalau para petualang, baik lokal dan mancanegara, membuat pulau ini sebagai salah satu incaran dan masuk ke dalam daftar perjalanan mereka. Biasanya wisatawan berkunjung ke sini untuk snorkeling atau diving

Berbicara snorkeling dan diving di Pulau Kodingareng Keke mengingatkan karang serta koral dan biota laut yang indah seperti Taman Laut Bunaken. Walau tidak selengkap yang ada di Bunaken, tapi snorkeling dan diving di Pulau Kodingareng Keke ini juga sudah cukup memanjakan mata dengan pemandangan alam bawah laut yang luar biasa indah.

Kepulauan Spermonde ternyata mempunyai permata tersembunyi yang tak banyak diketahui. Nah, bagi Teman Traveler yang suka melipir ke tempat tak biasa, bisa banget untuk datang ke sini. Tapi, perlu diingat, bagi yang ingin snorkeling atau diving jangan lupa untuk membawa perlengkapan sendiri. Hal ini dikarenakan fasilitas di sana yang masih belum lengkap. 

Tags
Indonesia Kepulauan Spermonde kontributor Makassar Sulawesi Selatan Travelingyuk Wisata
Share