Kendaraan Mogok di Rel Tapi Petug as Diam Saja, Kenapa?

Peristiwa kendaraan mogok di rel kereta api sudah banyak terjadi. Hal ini biasanya didasarkan karena beberapa alasan. Pertama, kendaraan secara tidak sengaja berada di rel ketika palang kereta ditutup. Lalu alasan lainnya adalah si pengemudi memang berniat untuk menerobos rel kereta api.

Namun, apakah Teman Traveler pernah memperhatikan kalau petugas kereta yang berjaga di pos tidak pernah ikut membantu? Nah, ternyata itu ada alasannya, lho. Simak ulasannya di bawah ini. 

Larangan untuk Petugas jaga 

kendaraan mogok di rel
Dilarang membantuk kendaraan via instagram/somasta_kj48 

Petugas jaga yang ada di pos ternyata mempunyai beberapa aturan. Salah satunya adalah larangan ketika ada kendaraan mogok di rel. Pertama, para petugas tidak boleh ikut membantu mendorong kendaraan yang sedang mogok tersebut. Kedua, petugas jaga juga dilarang membantu meskipun diperintah oleh warga setempat. Jadi, pada intinya, mereka tidak boleh membantu dalam kondisi apapun. 

Ini yang Harus Dilakukan Petugas Jaga 

kendaraan mogok di rel
Petugas berusaha menghentikan kereta via instagram/irvanadriansyah09

Walaupun ia dilarang membantu, bukan berarti petugas diam saja. Ternyata ia melakukan tugas lain yang lebih penting. Adalah berlari ke arah datangnya kereta api, kira-kira dari jarak 500 meter dengan mengibarkan semboyan 3. Itu adalah penanda supaya masinis bisa menghentikan kereta apinya dengan segera. Setelah kereta berhenti, petugas jaga mencatat data kendaraan yang sedang mogok di rel. 

Konfirmasi dari pihak PT KAI 

Petugas jaga tidak mempunyai kewajiban membantu via shutterstock

Larangan dan tugas dari penjaga pintu perlintasan di atas memang dibenarkan oleh pihak PT KAI. Seperti yang diutarakan di balasannya pada akun twitter @semangkasegar. Pihak PT KAI menjelaskan bahwa petugas penjaga perlintasan merupakan bagian dari palang pintu. Sehingga fungsinya adalah mengamankan perjalanan kereta api, bukan hal di luar itu seperti membantu mendorong kendaraan mogok di rel. 

Tips untuk Pengemudi yang Terjebak di Rel 

Ada tips bila terjebak di rel via youtube/Bonsaibiker Vlog 

Bagi pengemudi yang kendaraannya terjebak di rel, ada beberapa tips untuk mengatasinya. Yaitu jangan panik, kemudian nyalakan starter untuk menyalakan kendaraan. Apabila tidak menyala, pencet klakson panjang dan sekencang-kencangnya supaya memutus aliran magnet pada mesin yang mati akibat rel. Lalu coba untuk menyalakan kendaraan kembali. 

Kalau kendaraan masih tidak bisa menyala, coba tips satu ini. Cobalah buka pintu secara manual. Jika tidak bisa dibuka, ambil sandaran kepala di kursi mobil, lalu pecahkan jendela dengan logamnya. Lalu keluarlah dari jendela dan menjauhlah dari rel karena kereta semakin dekat. 

Bagaimana, sudah tahu kan alasan mengapa petugas jaga tidak ikut membantu kendaraan yang mogok di rel? Mereka melakukan tugas yang lebih penting, yaitu menghentikan kereta agar tidak menabrak kendaraan yang sedang terjebak di perlintasan. Jadi, jangan berprasangka buruk terlebih dulu, ya. 

Tags
Indonesia kendaraan mogok di rel tips dan inspirasi tips traveling
Share