Kemping dan Kehabisan Makanan? Hewan Ini Bisa Dikonsumsi Jika Terpaksa

Kemping menjadi salah satu pilihan anak muda masa kini. Entah di hutan atau pantai, sudah menjadi langganan mereka untuk berlibur sembari mengenal alam lebih dekat. Namun, terkadang ada beberapa orang yang lupa membawa cukup persediaan saat bermalam jauh dari perkampungan. Alhasil, kehabisan makanan dan kelaparan menjadi pengalaman buruk yang dialami mereka. Tak perlu khawatir, ternyata ada loh hewan-hewan di hutan yang bisa dikonsumsi jika terpaksa. Bahkan banyak wisatawan yang menjadikan mereka santapan saat kemping. Seperti di bawah ini!

1. Jangkrik dan Belalang

Belalang
Belalang [image source]
Bukanlah hal yang sulit untuk menemukan dua hewan satu ini di hutan. Siapa sangka, ternyata keduanya dapat digunakan sebagai pengganjal perut saat kehabisan persediaan makanan. Cara memakannya pun sangat mudah. Cukup melepaskan sayap, kaki dan antenanya, lalu bakar di api unggun. Selain untuk buruan saat kemping, ternyata Jangkrik dan Belalang menjadi santapan istimewa warga Gunung Kidul, Yogyakarta, loh!

Jangkrik
Jangkrik [image source]

2. Burung

Burung di Hutan
Burung di Hutan [image source]
Selain Jangkrik, burung juga menjadi salah satu hewan yang sering dijumpai ketika kemping di hutan. Berbagai macam jenis bisa ditemui dengan sangat mudah. Binatang yang memakan biji-bijian dan buah ini juga bisa dimakan. Tangkap satu burung kemudian bersihkan. Lalu bakar di atas api unggun sebelum di makan. Sekedar informasi, sebaiknya kamu perlu tahu tentang jenis burung. Jangan sampai menyantap pemakan bangkai seperti burung nasar karena rasanya tidak enak.

Burung
Burung [image source]

3. Semut

Semut
Semut [image source]
Siapa sangka jika semut ternyata juga dapat dimakan. Hewan berbentuk kecil satu ini cukup dikumpulkan dalam satu wadah lalu dibakar atau juga digoreng. Menurut beberapa orang, binatang ini cukup mengganjal perut yang kosong lantaran kehabisan makanan. Bukan hanya itu, di Thailand semut juga menjadi salah satu makanan yang dianggap paling lezat, loh.

Semut Hutan
Semut Hutan [image source]

4. Rayap

Rayap Dimakan
Rayap Dimakan [image source]
Sama halnya dengan semut, mungkin beberapa orang geli melihat rayap. Namun, hewan pemakan kayu ini ternyata juga dapat dikonsumsi loh. Jika mengecap binatang ini, rasanya hampir menyerupai rasa dari selai kacang. Rayap sendiri menjadi salah satu pilihan makanan yang sangat baik karena mengandung protein yang cukup tinggi. Tetap geli melihatnya, cukup buang jauh-jauh pikiran tersebut dan fokus untuk membuat perutmu kenyang.

Rayap
Rayap [image source]

5. Larva Kumbang

Larva Kumbang
Larva Kumbang [image source]
Larva memiliki tubuh gemuk dan sangat mirip dengan ulat. Tapi tidak ada yang menyangka jika binatang satu ini bisa menjadi makanan saat kehabisan persediaan makanan. Beberapa orang biasanya memakan langsung larva yang hidup di dalam kayu busuk. Namun, banyak juga yang membakar binatang ini di api sebelum di makan.

Larva [image source]
Hampir semua hewan yang ada di hutan sebenarnya bisa dikonsumsi saat terdesak. Namun, ada beberapa yang beracun serta tidak enak di rasanya. Nahuntuk itu, perlu pengetahuan lebih sebelum mengonsumsi makanan tersebut. Sudah siap mengembara? Sekadar saran tempat kemping Wonosobo wajib masuk dalam daftar tujuanmu, pemandangan di sana keren banget!

Tags
kuliner hutan makanan dari hewan makanan hutan
Share