Serunya Kemenuh Butterfly Park, Wisata Edukasi Apik di Bali

Bali punya sederet atraksi indah untuk memanjakan wisatawan. Mulai dari pertunjukan budaya, galeri seni, hingga wahana yang berhubungan dengan alam. Salah satunya bisa Teman Traveler saksikan di Kemenuh Butterfly Park, Gianyar.

Tak hanya indah, Kemenuh Butterfly Park juga menghadirkan sederet informasi menarik seputar kupu-kupu. Pas sekali dijadikan sebagai destinasi wisata edukasi, terutama bagi Teman Traveler yang ingin mengajak buah hati, adik, maupun kemenakan.

Lokasinya Mudah Dijangkau

Kupu-kupu di Taman Kemenuh (c) Helga Christina/Travelingyuk

Kemenuh Butterfly Park beralamat di Jalan Raya Kemenuh, Kabupaten Gianyar, Bali. Setiap hari mereka siap menyambut kedatangan pengunjung, lokal maupun mancanegara. Buka mulai jam 08.30 dan berakhir pada pukul 17.30.

Lokasi yang strategis menjadikan Kemenuh Butterfly Park ini mudah diakses. Bisa jadi tempat persinggahan kala berkunjung ke tempat wisata lain di sekitaran Gianyar. Jika berangkat dari pusat Kota Ubud, Teman Traveler cukup menempuh perjalanan sekitar 10 menit. Sementara jika bertolak dari Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, bakal butuh waktu mencapai 60 menit.

Tersedia Beragam Fasilitas Lengkap

Suasana di dalam taman (c) Helga Christina/Travelingyuk

Kemenuh Butterfly Park mengenakan tiket seharga Rp100.000 untuk wisatawan dewasa dan Rp50.000 untuk anak-anak. Selain akses masuk, pengunjung juga akan mendapatkan minuman selamat datang alias welcome drink. Lumayan untuk menyegarkan tubuh di tengah panasnya cuaca Bali.

Toko suvenir (c) Helga Christina/Travelingyuk

Destinasi wisata ini juga memiliki sederet fasilitas pendukung yang membuatnya sangat ramah wisatawan. Salah satu yang layak disoroti adalah area parkir luas. Hal ini jadi sebuah kelebihan, karena wisatawan umumnya kesulitan mencari parkir setiap ingin mengunjungi destinasi di Ubud.

Pengunjung juga bisa bersantai sembari mengisi perut, di restoran dengan pemandangan sawah hijau memanjakan mata. Pengelola taman juga menyediakan toko souvenir, deretan mesin ATM, serta beragam kolam ikan koi. Namun jangan lupa, museum kupu-kupu masih tetap jadi daya tarik utama di sini.

Koleksi Kupu-kupu Bervariasi

Salah satu kupu-kupu di dalam taman (c) Helga Christina/Travelingyuk

Kemenuh Butterfly Park menawarkan suasana alam asri dan dikelilingi oleh persawahan hijau. Tempat ini sekaligus menjadi habitat dari beragam jenis kupu-kupu dan bunga-bunga indah. Teman Traveler juga bisa menemukan sebuah air terjun buatan dengan ikan hias di dalamnya. Suasana yang tercipta sungguh mendukung untuk bersantai.

Informasi mengenai beragam jenis kupu-kupu (c) Helga Christina/Travelingyuk

Taman Kupu-kupu Kemenuh ini memiliki koleksi beragam jenis kupu-kupu. Cara hidup masing-masing hewan cantik tersebut bisa Teman Traveler amati secara langsung di sini. Sejauh mata memandang, akan terlihat kupu-kupu dibiarkan berkeliaran ke sana kemari.

Kepompong di ruangan pupa (c) Helga Christina/Travelingyuk

Pengelola juga menyediakan sebuah ruangan khusus untuk menyimpan kepompong dan kupu kupu yang bermetamorfosis. Teman Traveler bisa mengamati langsung proses alam yang menakjubkan tersebut.

Kesempatan Berinteraksi Langsung

Kupu-kupu yang tengah bermetamorfosis (c) Helga Christina/Travelingyuk

Jika beruntung, Teman Traveler bisa melepas kupu-kupu yang baru bermetamorfosis. Kalian juga bisa melihat langsung Kupu-kupu barong, jenis yang mulai langka di Bali. Ukurannya cukup besar dan terlihat seperti raksasa jika dibanding kupu-kupu lain. Bagian sayapnya terdiri dari gradasi warna cokelat.

Berfoto dengan kupu-kupu barong (c) Helga Christina/Travelingyuk

Jika mengunjungi ruang pupa Teman Traveler bisa coba memegang langsung Kupu-kupu Barong dan berfoto bersama. Namun jangan lupa untuk berhati-hati ya, karena hewan ini sudah lumayan langka.

Ada Beragam Paket Wisata Menarik

Selain melihat langsung tingkah polah kupu-kupu, wisatawan bisa merasakan keseruan lain di Kemenuh Butterfly Park. Pengelola menyediakan beragam paket wisata menarik yang bisa dipilih. Beberapa fasilitas tambahan yang ditawarkan antara lain antar jemput, makan siang dengan nuansa sawah, menjelajah air terjun, hingga treking.

Selain suasananya asri khas persawahan, sangat pas juga untuk wisatawa edukasi bersama anak-anak. Bagaimana menurut Teman Traveler, cukup menarik bukan pengalaman berkunjung ke Kemenuh Butterfly Park?

Tags
Bali Indonesia kontributor Travelingyuk Wisata
Share