Kembang Soka, Surga Tersembunyi Kulon Progo

Jogja bisa dibilang kota yang tak ada habisnya sajikan beragam destinasi wisata. Mulai dari wisata sejarah, edukasi, pantai, hingga perbukitan. Beberapa di antaranya bahkan masih cukup tersembunyi dan jarang dikunjungi pelancong. Kembang Soka di Kulon Progo salah satunya. Apa istimewanya?

Pesona Alam Asri

curug_kembang_soka1_52p.jpg
Menikmati panorama sekitar (c) Vara Dita Safitri/Travelingyuk

Kembang Soka bisa jadi destinasi pas untuk disambangi di musim kemarau seperti sekarang. Udara di sekitar sini begitu sejuk. Selain itu ada banyak pepohonan rindang menjulang tinggi, sehingga keasrian dan kesegaran alaminya benar-benar terasa. Cocok buat Teman Traveler yang ingin lepaskan penat dari kebisingan kota dan kesibukan pekerjaan.

Di telaga alami ini, Teman Traveler bisa sekedar mandi atau berenang. Rasakan sensasi segar air alami membasuh tubuh kalian. Ditambah lagi, pemandangan yang disuguhkan sangat memanjakan. Jika diperhatikan, sumber air di sini sangat jernih dan sajikan gradasi corak putih dan hijau tosca yang lembut. 

Ada Air Terjunnya Lho

curug_kembang_soka_yON.jpg
Air terjun mini ini juga mempesona (c) Vara Dita Safitri/Travelingyuk

Tak jauh dari Telaga Kembang Soka, Teman Traveler akan menemukan sebuah air terjun yang masih sangat alami. Kawasan sekitarnya dikelilingi pohon rindang. Formasi bebatuan di sini juga jadi daya tarik tersendiri. Kalian bisa memanfaatkannya untuk duduk-duduk santai sembari nikmati keindahan atau bahkan berfoto-foto.

Menurut cerita yang beredar, dulunya di mata air ini terdapat sebuah Pohon Kembang Soka raksasa. Tepat di bawahnya, mengalir sumber air yang tak pernah kering. Hingga kini, sumber ini masih jadi salah satu andalan penduduk sekitar untuk mendapat air bersih.

Fasilitas Lumayan Lengkap

curug_kembang_soka2_ndU.jpg
Nikmati kesegaran air Kembang Soka (c) Vara Dita Safitri/Travelingyuk

Fasilitas di sini terbilang lumayan lengkap. Dalam setahun terakhir pemerintah setempat sangat serius mengembangkan Kembang Soka sebagai salah satu destinasi unggulan. Teman Traveler akan menemukan mushola, gazebo untuk istirahat, warung makan, kamar mandi, dan penginapan dekat air terjun.

Bagi Teman Traveler yang membawa kendaraan pribadi, tarif parkir di destinasi cantik ini cukup terjangkau kok. Pengguna sepeda motor akan dikenakan biaya Rp2.000, sementara pemilik mobil hanya perlu siapkan Rp10.000.

Cukup Mudah Dijangkau

Jika Teman Traveler penasaran dengan indahnya destinasi ini, Kembang Soka berada di Dusun Gunung Kelir, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Jogja. Jaraknya kurang lebih 32 kilometer dari Tugu Jogja.

Teman Traveler bisa berkunjung dengan menumpang mobil maupun sepeda motor. Aksesnya cukup mudah kok. Setelah memarkir kendaraan, kalian tinggal berjalan kaki sekitar 100 meter sebelum benar-benar sampai di tujuan utama.

Buat Teman Traveler yang punya agenda wisata Jogja dalam waktu dekat, tak ada salahnya memilih Kembang Soka sebagai salah satu destinasi untuk disambangi. Oh ya, jangan lupa selalu jaga kebersihan agar tetap terjaga keasrian dan keindahannya ya!

Tags
Jogja Jogjakarta Kembang Soka kontributor Travelingyuk wisata jogja Wisata Jogjakarta
Share