Mengunjungi Kelvingrove Art Gallery and Museum di Glasgow, Skotlandia

Rasanya, berkunjung ke Glasgow, Skotlandia tidak lengkap jika tidak berkunjung ke museum. Selain gratis, tentu saja kita akan banyak melihat dan mempelajari hal baru. Salah satunya yang akan dibahas di sini adalah Kelvingrove Art Gallery and Museum. Simak liputannya!

Lokasi

20190806_212756_yBB.jpg
Bagian depan Kelvingrove Art Gallery and Museum (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

Galeri ini terletak di Argyle Street, di tepi sungai Kelvin. Selain itu, tempat ini juga bersebelahan dengan Taman Kelvingrove dan terletak di dekat kampus utama Universitas Glasgow, Gilmorehill. Buka dari jam 10.00 hingga jam 17.00 pada hari Senin-Kamis dan Sabtu, kemudian jam 11.00 hingga jam 17.00 di hari Jumat dan Minggu.

Desain dan konstruksi bangunan

20190806_213640_8zF.jpg
Bangunan dalam Kelvingrove Art Gallery and Museum (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

Kesan megah dan klasik sudah terlihat ketika kita melihat depan bangunan. Warna merah kecoklatan di bagian luar bangunan menggunakan batu pasir merah Locharbriggs. Warna dinding yang terkesan hangat akan Anda rasakan ketika sudah memasukinya.

Galeri ini dirancang oleh Sir John W. Simpson dan E.J. Milner Allen dalam gaya Baroque Spanyol. Pertama kali dibuka pada tahun 1901 saat pameran Internasional Glasgow, Palace of Fine Arts

20190806_215326_B2M.jpg
Interior dan salah satu patung di dalam Kelvingrove Art Gallery and Museum (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

Sementara arsitektur dari patung-patung yang ada di galeri ini adalah George Frampton, Williams Shirreff, Francis Derwent Wood, dan pematung lainnya. Ada juga mitos di Glasgow yang mengatakan bahwa bangunan ini sengaja dibangun dari belakang ke depan.

Saat arsiteknya menyadari kesalahannya, ia melompat dari salah satu menara bangunan tersebut. Jadi pintu masuk yang kita lihat dari Argyle Street, sebenarnya adalah “bagian belakang” dari galeri ini. 

Koleksi

20190806_213510_VPL.jpg
Salah satu koleksi Kelvingrove Art Gallery and Museum (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

Koleksi utama museum ini berasal dari Galeri McLellan dan dari Museum Rumah Kelvingrove tua di Taman Kelvingrove. Koleksinya berupa lengan dan baju besi terbaik di dunia dan koleksi sejarah alam yang luas dari sejarah Mesir Kuno hingga Charless Rennie Mackintosh. Selain itu juga mencakup koleksi karya seni dari seniman-seniman Eropa.

artikel5_Fjv.jpg
‘Return to Sender’ karya Rean Sead (1996) (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

Museum ini juga menampung lukisan ‘Christ of Saint John of the Cross’ oleh Salvador Dali. Hak cipta dari lukisan ini dibeli oleh kurator pada saat setelah pertemuan dengan Dali sendiri.  

Group Tour

20190806_215342_EXV.jpg
Suasana di Kelvingrove Art Gallery and Museum (c) Bernadette Riri/Travelingyuk

Untuk anda yang memerlukan guide saat berada di museum ini, anda juga bisa mengikuti group tour dengan harga bervariasi mulai dari 7 Poundsterling per orang dengan maksimum 20 orang per grup, hingga VIP interactive tour seharga 375 Poundsterling per grup maksimal 15 orang. 

Itu tadi kunjungan saya ke Kelvingrove Art Gallery and Museum. Jika anda ingin berlibur ke Skotlandia, jangan lupa berkunjung ke galeri dan museum ini, ya!

Tags
glasgow Kelvingrove art gallery Skotlandia Wisata
Share