Sukabumi, Lokasi Syuting Keluarga Cemara dengan Sederet Destinasi Indah

Advertisement

Aura nostalgi tengah menghampiri para penggemar film Indonesia dengan dirilisnya Keluarga Cemara. Diangkat dari sinetron populer 90-an, remake versi modern ini pengambilan gambarnya sebagian besar dilakukan di Sukabumi.

Sukabumi sendiri termasuk kota yang pantang Teman Traveler lewatkan. Kota di Jawa Barat tersebut tak hanya berhawa sejuk, namun menyimpan banyak destinasi wisata alam yang pantang dilewatkan. Penasaran? Berikut Travelingyuk berikan sederet rekomendasinya.

Danau Bacan

Danau Bacan
Danau Bacan via Instagram.com/elsanoviantii

Danau Bacan, atau disebut juga Danau Bukit Bacan, adalah salah satu destinasi di Sukabumi yang tawarkan panorama memukau. Danau di kawasan ini memiliki air berwarna hijau mirip batu zamrud. Konon hal tersebut terjadi karena pantulan sinar matahari, dari bebatuan di bawah permukaan air.

Awalnya tidak ada yang mengira lokasi ini bakal jadi tempat wisata. Sebelumnya kawasan ini lebih dikenal warga sekitar sebagai lahan tambang zeolit. Aktivitas penggalian secara terus-menerus mengakibatkan terbentuknya cekungan besar. Cekungan tersebut lantas menampung curahan hujan, hingga akhirnya membentuk danau.

Air berwarna hijau
Air berwarna hijau via Instagram.com/indahsopana

Jika Teman Traveler tertarik berkunjung, Danau Bacan terletak di Desa Bojongharga, Kecamatan Cikembar, Sukabumi. Namun kalian sebaiknya persiapkan diri dengan baik sebab rute menuju lokasi ini cukup sulit. Pastikan kendaraan dalam kondisi prima untuk menghindari hal-hal tak diinginkan.

Satu lagi, masuk ke wilayah Danau Bacan sama sekali tak dipungut biaya alias gratis. Teman Traveler hanya perlu membayar biaya parkir 2 ribu rupiah untuk motor dan 5 ribu rupiah untuk mobil.

Curug Cigangsa

Curug Cigangsa
Curug Cigangsa via Instagram.com/hendraule02

Sukabumi juga punya destinasi yang tak boleh dilewatkan oleh para penggemar air terjun. Namanya Curug Cigangsa dan berada di Dusun Batusuhunan, Kecamatan Suranade, Kabupaten Sukabumi.

Berbeda dengan air terjun pada umumnya, aliran air di Curug Cigangsa tidak langsung bergerak lurus ke kolam di bagian dasar. Pengunjung justru bakal disuguhi indahnya air yang seolah menari-nari, mengikuti permukaan tebing berundak. Sungguh sebuah fenomena alam luar biasa dan tak boleh dilewatkan.

Curug Cigangsa
Curug Cigangsa via Instagram.com/beerendy

Teman Traveler bisa menikmati keindahan Curug Cigangsa sembari duduk santai atau bermain air. Rimbunnya pepohonan dan tanaman di sekitar air terjun membuat udara terasa kian sejuk. Pengunjung dijamin bakal betah berlama-lama di sini.

Ada satu kisah menarik seputar Curug Cigangsa. Menurut cerita yang beredar di masyarakat sekitar, air terjun ini pernah dimanfaatkan para pejuang untuk bersembunyi dari penjajah. Jika diperhatikan kondisi geografis di sekitar memang ideal untuk menghindar dari kejaran aparat semasa zaman kolonial.

Bukit Karang Para

Pemandangan dari atas Bukit Karang Para
Pemandangan dari atas Bukit Karang Para via Instagram.com/wey_goy

Bicara soal wisata hits atau Instagenic, Sukabumi rupanya juga tak ingin ketinggalan. Kota berhawa sejuk ini punya Bukit Karang Para, terletak di kawasan Kampung Padaraang, Desa Kebonmanggu, Kecamatan Gunungguruh, Sukabumi.

Membentang seluas 12 hektar, Bukit Karang Para menawarkan panorama alam memukau sebagai daya tarik utama. Selain itu, pengelola juga menghadirkan sejumlah titik khusus untuk para pengunjung yang hobi berswafoto atau berpose keren demi menambah eksistensi di media sosial.

Jembatan Hati
Jembatan Hati via Instagram.com/vita_vitriana

Jembatan Hati adalah salah satunya. Tak seperti struktur serupa pada umumnya, jembatan ini didesain sedemikian rupa hingga membentuk hati. Pengunjung bisa menikmati indahnya pemandangan Sukabumi dari ketinggian, sembari berfoto-foto ria.

Bukit Karang Para termasuk destinasi wisata murah meriah. Bayangkan saja, pengunjung hanya dipatok tiket masuk dua ribu rupiah saja. Jika ingin berfoto di Jembatan Hati, cukup keluarkan dua ribu rupiah lagi. Selebihnya, Teman Traveler bisa menikmati fasilitas dan panorama yang ada secara gratis.

Itulah tadi sedikit gambaran mengenai lokasi wisata menarik di Sukabumi, lokasi syuting film Keluarga Cemara. Bagaimana Teman Traveler, sudah ada yang tertarik merencanakan liburan ke kota di Jawa Barat tersebut dalam waktu dekat?

Advertisement
Tags
Jawa Barat Sukabumi Wisata
Share