Hobi Menyelam? Yuk, Rasakan Asyiknya Menyapa Kelinci Laut Lucu

Teman Traveler hobi snorkeling atau bahkan menyelam? Sering mengunjungi berbagai spot diving terkenal? Maka jangan lewatkan kesempatan menyapa nudibranchia, siput yang juga dikenal dengan julukan kelinci laut.

Hewan mungil ini biasa muncul dalam beragam corak dan warna. Jika Teman Traveler hobi fotografi, tentu akan seru bila bisa mengabadikan langsung nudibranchia di habitat aslinya. Penasaran? Yuk, simak tips dan sedikit info menarik soal kelinci laut berikut ini.

Julukan Kelinci Laut

Chromodoris Annae di Pulau Tinabo (c) Muhammad Sadduddin Tenripada/Travelingyuk

Nudibranchia merupakan hewan tak bertulang belakang dari kelas mollusca. Hewan ini bisa disebut dengan julukan kelinci laut. Saya sendiri tidak tahu pasti alasannya. Boleh jadi antena nudibranchia mengingatkan beberapa orang akan bentuk kuping kelinci.

Nama nudibranchia sendiri terdiri dari dua suku kata dalam bahasa latin, nudus (telanjang) dan branch (insang). Jika diterjemahkan secara bebas, artinya adalah insang telanjang. Hewan yang termasuk siput ini tidak memiliki cangkang dan jenisnya kurang lebih ada 3000 macam.

Ukurannya bervariasi, antara 1 mm hingga 50 cm. Teman Traveler bisa dibilang beruntung jika menemukan nudibranchia berukuran besar. Namun berdasarkan pengalaman, rata-rata nudbranchia yang saya temui panjangnya hanya berkisar antara 2-7 cm.

Asyiknya Memfoto Nudibranchia

Chromodoris Leopardus di Pulau Tinabo (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Mungkin banyak di antara Teman Traveler bertanya-tanya, apa asyiknya sih mencari nudibranchia? Well, menurut hewan mungil ini cukup lucu dan imut. Variasi warna dan motif kulitnya juga bermacam-macam. Mulai dari biru, merah, kuning, jingga, dan masih banyak lagi. Terlihat begitu cantik dan eksotis.

Ukuran nudibranchia sendiri memang sangat kecil. Namun justru itu yang menjadi tantangannya. Terutama bagi Teman Traveler penggemar fotografi makro. Di sinilah kejelian kalian akan diuji untuk melihat di mana saja letak nudibranchia di dalam laut.

Tips Memotret Nudibranchia

Chromodoris Sp di Pulau Jinato (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Ada beberapa tips yang bisa Teman Traveler praktekkan untuk mencari nudibranchia. Pertama, jangan cari di mall karena sudah pasti tidak ada hehe. Berikutnya, jangan cari di kebun lantaran hewan ini hidupnya di laut. Oke-oke, cukup bercandanya.

Jika Teman Traveler memang serius, sebaiknya kalian mencari nudibranchia sembari ber-scuba dive. Sangat tidak disarankan untuk melakukannya saat free dive karena bisa-bisa kalian sudah kehabisan nafas terlebih dahulu. Sekali lagi, kesempatan menyapa kelinci laut ini hanya bisa dirasakan kalian yang sudah punya kemampuan menyelam ya.

Tips berikutnya adalah cari banyak referensi soal nudibranchia. Kalian bisa melihat foto-fotonya di Internet dan perhatikan ciri-cirinya. Jika memungkinkan, hafalkan nama-namanya juga karena kelinci laut jenisnya bermacam-macam.

Berusaha mencari nudibranchia (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Begitu paham betul ciri-cirinya, Teman Traveler harus mengenali ekosistem atau habitat di mana nudbranchia sering melekat. Biasanya di pasir, lamun, dead coral algae atau karang mata yang ditumbuhi alga, maupun di bawah karang berukuran besar.

Chromodoris sp di Pulau Kodingareng c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Teman Traveler juga wajib sering-sering menengok ke bawah bebatuan. Agar lebih memudahkan, kalian bisa lebih dulu mencari titik yang kemungkinan besar disukai oleh nudibranchia. Baru setelah itu kalian bisa memulai usaha menyapa Si Kelinci Laut. Memang agak lama dan butuh usaha ekstra, namun jangan mudah menyerah ya.

Itulah sedikit pengalaman yang bisa saya bagikan soal serunya menyapa nudibranchia, kelinci laut mungil nan lucu. Bagi Teman Traveler yang hobi menyelam, tak ada salahnya mencoba asyiknya mencari nudibranchia di lain kesempatan.

Tags
kontributor tips dan inspirasi Travelingyuk
Share